Konstruksi Pendidikan Kristiani dalam Mempersiapkan Calon Guru PAK yang Mandiri dan Berpikir Kritis

Ida Lestari, Eka Setyaadi, Andreas Jonathan

Abstract


 Pendidikan Agama Kristen (PAK) memiliki peran penting dalam membentuk calon guru yang tidak hanya memiliki pemahaman teologis yang mendalam, tetapi juga memiliki kemandirian belajar dan kecakapan berpikir kritis. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis konstruksi pendidikan Kristiani sebagai landasan dalam membangun kompetensi esensial calon guru PAK agar siap menghadapi tantangan mengajar. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuanitatif dengan analisis data dan analisis reflektif terhadap konsep pendidikan Kristiani, kemandirian belajar, dan berpikir kritis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan Kristiani, yang berakar pada nilai-nilai Alkitab dan refleksi teologis, mendorong calon guru untuk memiliki sikap belajar yang mandiri, tidak bergantung pada arahan eksternal semata, serta mampu mengembangkan pola pikir analitis dan evaluatif terhadap berbagai fenomena pendidikan. Pendidikan Kristiani juga membentuk karakter guru yang berintegritas, adaptif, dan mampu menghadapi tantangan pendidikan secara kontekstual. Dengan demikian, konstruksi pendidikan Kristiani berperan sebagai fondasi yang tidak hanya membentuk kompetensi akademik calon 


Keywords


Pendidikan Kristiani, Kemandirian Belajar, Berpikir Kritis, Calon Guru PAK

References


Bagaskara. “Program Kampus Mengajar Dalam Mewujudkan Kemandirian Belajar (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Dan Hukum Dan Fakultas Ilmu Ekonomi Dan Bisnis UNM)” 4, no. 1 (2024): 95–111.

Eti Nurhayati. Psikologi Pendidikan Inovatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2015.

Filsaime. Menguak Rahasia Berpikir Kritis Dan Kreatif. Jakarta: Prestasi Pustaka, 2018.

Gibran Andika Pratama, and Henry Aditia Rigianti. “Peran Etika Dan Profesi Kependidikan Dalam Membangun Karakter Peserta Didik Dan Mahasiwa Calon Guru SD.” Jurnal Lensa Pendas (2023).

Gozali, Imelda, Anita Lie, Siti Mina Tamah, and Fransiskus Jemadi. “HOTS Questioning Ability and HOTS Perception of Language Teachers in Indonesia.” Indonesian Journal of Applied Linguistics (2021).

Hadiwitanto, Handi. “Metode Kuantitatif Dalam Teologi Praktis.” Gema Teologika (2017).

Hana, Hana, Yonatan Alex Arifianto, and Reni Triposa. “Kode Etik Dan Profesionalitas Guru Pendidikan Agama Kristen: Upaya Meningkatkan Karakter Anak.” IMMANUEL: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen (2022).

Haqqi, Ulyani Lizamil, Gustimal Witri, Suroyo Suroyo, Bedriati Ibrahim, and Neni Hermita. “HUBUNGAN ANTARA MINAT MENJADI GURU SEKOLAH DASAR DENGAN KESIAPAN MENGAJAR MAHASISWA CALON GURU SEKOLAH DASAR.” Tunjuk Ajar: Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan (2021).

Lase, Delipiter. “Keterampilan Dan Kompetensi Guru Pendidikan Agama Kristen Di Era Revolusi Industri 4.0.” SUNDERMANN: Jurnal Ilmiah Teologi, Pendidikan, Sains, Humaniora dan Kebudayaan (2022).

Majdi, Muhamad. “Inovasi Pembelajaran Abad 21: Peluang Dan Tantangan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Di Kampus Merdeka Belajar Pada STIT Buntet Pesantren Cirebon.” JIECO: Journal of Islamic Education Counseling (2023).

Makur, Alberta Parinters, Emilianus Jehadus, Sebastianus Fedi, Silfanus Jelatu, Viviana Murni, and Polikarpus Raga. “Kemandirian Belajar Mahasiswa Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Selama Masa Pandemi Mosharafa : Jurnal Pendidikan Matematika Mosharafa : Jurnal Pendidikan Matematika.” Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika (2021).

Meke, Konstantinus Denny Pareira, Richardo Barry Astro, and Maimunah H. Daud. “Dampak Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Pada Perguruan Tinggi Swasta Di Indonesia.” EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN (2021).

Musarwan, Musarwan, and Idi Warsah. “Evaluasi Pembelajaran (Konsep. Fungsi Dan Tujuan) Sebuah Tinjauan Teoritis.” Jurnal Kajian Pendidikan Islam (2022).

Prajnamitra, Thomas. “PENERAPAN PAIKEM GEMBROT BERDASI SEBAGAI ALTERNATIF MODEL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN PADA MASA PANDEMI COVID -19 DI SEKOLAH DASAR.” DIDASKO: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen 1 (2021). https://doi.org/10.52879/didasko.v1i2.19.

Purba, Sudiarjo, Lamhot Naibaho, and Djoys Anneke Rantung. “Pemberdayaan KKG PAK Dalam Peningkatan Kompetensi Profesional Guru PAK Dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka.” Jurnal Christian Humaniora (2022).

Putri, Agustin Soewitomo. “Menstimulasi Kualitas Kehidupan Rohani Dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar Mahasiswa: Studi Refleksi Daniel 6:1-4.” DUNAMIS: Jurnal Penelitian Teologi dan Pendidikan Kristiani (2017).

Setiawan, Zanu, and Mohammad Fauzan. “PENGARUHMOTIVASI, KOMPETENSI, SELF-EFFICACY TERHADAP KOMITMEN ORGANISASIONAL (STUDI KASUS DI PT. JASA MARGA (PERSERO),Tbk CABANG SEMARANG).” Students’ Journal of Economic and Management (2017).

Sugiono. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif R Dan D. Bandung: ALFABETA, 2012.

Supriani, Supriani, Reni Triposa, and Wardi Wardi. “Komitmen Mengajar Guru Sebagai Aktualisasi Profesionalisme.” Veritas Lux Mea (Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen) (2022).

Tarihoran, Emmeria. “PROFESI GURU DALAM TANTANGAN, HARAPAN DAN KENYATAAN.” SAPA - Jurnal Kateketik dan Pastoral (2019).

Utomo, Bimo Setyo. “(R)Evolusi Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Mentransformasi Kehidupan Siswa.” DUNAMIS: Jurnal Penelitian Teologi dan Pendidikan Kristiani (2017).

Yuliati, Yuyu, and Dudu Suhandi Saputra. “MEMBANGUN KEMANDIRIAN BELAJAR MAHASISWA MELALUI BLENDED LEARNING DI MASA PANDEMI COVID-19.” Jurnal Elementaria Edukasia (2020).




DOI: https://doi.org/10.52220/sikip.v6i1.404

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



SIKIP telah terdaftar pada:


SIKIP: Jurnal Pendidikan Agama Kristen
Published: STT IKAT Jakarta
Website Institusi: https://sttikat.ac.id
Address: Jalan Rempoa Permai No. 2, Pesanggrahan, RT.4/RW.11, Bintaro, Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12330
e-ISSN:2721-1622

View My Stats

Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
Copyright © SIKIP: Jurnal Pendidikan Agama Kristen. All Rights Reserved.