Integrasi Literasi Pendidikan Kristiani di Era Disrupsi Digital
Abstract
In the era of digital disruption, education is experiencing a significant transformation. Information and communication technology not only changes how we learn and teach but also influences how we understand and practice religious values, including in the context of Christian education. The integration of Christian educational literacy in this era is essential to equip the younger generation with the skills needed to face the challenges of the times. This qualitative article aims to examine the importance of integrating Christian educational literacy in facing the challenges and opportunities offered by digital technology. With increasing access to information and changes in learning, Christian education needs to adapt to remain relevant and influential in shaping the character and faith of the younger generation. Through the right approach, Christian education can utilize technology to instill strong faith values and the skills necessary to live in an increasingly complex society.
Abstrak
Di era disrupsi digital, pendidikan mengalami transformasi yang signifikan. Teknologi informasi dan komunikasi tidak hanya mengubah cara kita belajar dan mengajar, tetapi juga mempengaruhi cara kita memahami dan mempraktikkan nilai-nilai keagamaan, termasuk dalam konteks pendidikan kristiani. Integrasi literasi pendidikan kristiani dalam era ini menjadi penting untuk membekali generasi muda dengan keterampilan yang diperlukan untuk menghadapi tantangan zaman. Artikel ini adalah merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mengkaji pentingnya integrasi literasi pendidikan kristiani dalam menghadapi tantangan dan peluang yang ditawarkan oleh teknologi digital. Dengan meningkatnya akses informasi dan perubahan cara belajar, pendidikan kristiani perlu menyesuaikan diri agar tetap relevan dan efektif dalam membentuk karakter dan iman generasi muda. Melalui pendekatan yang tepat, pendidikan kristiani dapat memanfaatkan teknologi untuk menanamkan nilai-nilai iman yang kuat dan keterampilan yang diperlukan untuk hidup dalam masyarakat yang semakin kompleks.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Benyamin, Priskila Issak, Ucok P Sinaga, and Febie Yolla Gracia. “Penggunaan Platform Digital Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Di Era Disrupsi.” REGULA FIDEI: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 6, no. 1 (2021): 60–68.
Darwanto, D, Anggi Monica Putri, and others. “Penguatan Literasi, Numerasi, Dan Adaptasi Teknologi Pada Pembelajaran Di Sekolah:(Sebuah Upaya Menghadapi Era Digital Dan Disrupsi).” Eksponen 11, no. 2 (2021): 25–35.
Doni, A. “Pendidikan Agama Kristen Di Era Digital Ada Tantangan Dan Peluang Baru.” Jurnal Pendidikan Agama Dan Teologi 2, no. 2 (2024): 196–210.
Harmadi, Mariani, and Agung Jatmiko. “Pembelajaran Efektif Pendidikan Agama Kristen Generasi Milenial.” PASCA: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen 16, no. 1 (2020): 62–74.
Karlau, Sensius Amon, and Ivo Sastri Rukua. “Kompetensi Guru Pendidikan Agama Kristen Menyikapi Post-Truth Pada Era Disrupsi Teknologi Informasi.” Didache: Journal of Christian Education 4, no. 1 (2023): 47–69.
Kuntarto, Hario Bismo, and Amit Prakash. “Digital Literacy among Children in Elementary Schools.” Diakom 3, no. 2 (2020): 157–70.
Lase, Delipiter. “Keterampilan Dan Kompetensi Guru Pendidikan Agama Kristen Di Era Revolusi Industri 4.0.” SUNDERMANN: Jurnal Ilmiah Teologi, Pendidikan, Sains, Humaniora Dan Kebudayaan 15, no. 2 (2022): 53–66.
Mu’ammar, M Arfan. “Literasi Di Era Disrupsi,” 2019.
Naufal, Haickal Attallah. “Literasi Digital.” Perspektif 1, no. 2 (2021): 195–202.
Nisa, Muria Khusnun, Ahmad Yani, Andika Andika, Eka Mulyo Yunus, and Yusuf Rahman. “Moderasi Beragama: Landasan Moderasi Dalam Tradisi Berbagai Agama Dan Implementasi Di Era Disrupsi Digital.” Jurnal Riset Agama 1, no. 3 (2021): 731–48.
Novitasari, Yesi, and Mohammad Fauziddin. “Analisis Literasi Digital Tenaga Pendidik Pada Pendidikan Anak Usia Dini.” Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 6, no. 4 (2022): 3570–77.
Pandie, Remegises Danial Yohanis. “Literasi Digital Berbasis Pendidikan Kristiani Sebagai Sarana Pembentukan Karakter Era Disrupsi Teknologi.” Jurnal Edukatif 4, no. 2022 (2022): 5995–6002.
Patora, Marianus. “Agama Dan Dehumanisasi: Mengembangkan Spiritualitas Humanis Melalui Hidup Menggereja Di Era Disrupsi Digital.” KURIOS (Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen) 10, no. 1 (2023).
Rantung, Djoys Anneke, Lamhot Naibaho, and others. “Integrasi Teknologi Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen (PAK) Sebagai Peluang Dan Tantangan Di Era Digital.” Journal on Education 6, no. 1 (2023): 7607–13.
Setiawan, Ho Lucky, and Devi Maria Bungaa. “Internalisasi Nilai-Nilai Pancasila Melalui Pendidikan Agama Kristen: Studi Pada SMKN 1 Kendari.” Immanuel: Jurnal Teologi Dan Pendidikan kristiani 5, no. 1 (2024): 93–103.
Siahaan, Harls Evan R, and Munatar Kause. “Hospitalitas Sebagai Laku Hidup Menggereja Dalam Bingkai Moderasi Beragama Di Indonesia.” Danum Pambelum: Jurnal Teologi Dan Musik Gereja 2, no. 2 (2022): 232–42.
Suragangga, I Made Ngurah. “Mendidik Lewat Literasi Untuk Pendidikan Berkualitas.” Jurnal Penjaminan Mutu 3, no. 02 (2017): 154–63.
Ulfah, Triana. “Penguatan Pendidikan Karakter Siswa Melalui Gerakan Literasi Digital Di Sekolah Menengah Pertama.” In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 2:727–36, 2020.
Waruwu, Kristin. “Pengaruh Literasi Digital Terhadap Pendidikan Di Indonesia,” 2022.
Yuliani, Sari. “Adaptif Di Era Disruptif: Strategi Sekolah Tinggi Teologi Menghadapi Tantangan Di Era Disrupsi.” Jurnal Luxnos 8, no. 2 (2022): 205–18.
DOI: https://doi.org/10.52220/sikip.v5i2.275
Refbacks
- There are currently no refbacks.
SIKIP telah terdaftar pada:
SIKIP: Jurnal Pendidikan Agama Kristen
Published: STT IKAT Jakarta
Website Institusi: https://sttikat.ac.id
Address: Jalan Rempoa Permai No. 2, Pesanggrahan, RT.4/RW.11, Bintaro, Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12330
e-ISSN:2721-1622
Copyright © SIKIP: Jurnal Pendidikan Agama Kristen. All Rights Reserved.