Meningkatkan Kecerdasan Digital dalam Dinamika Pendidikan Kristiani di era Pascakebenaran: Sebuah Perspektif Kolose 4:5

Tabita Leiwakabessy, Daniel Pesah Purwonugroho

Abstract


This article explores the dynamics of Christian religious education in the post-truth era and its relationship with the enhancement of digital intelligence from the perspective of Colossians 4:5. Christian religious education embodies the truth of God's Word. Such education is essential for students in this post-truth era. The post-truth era introduces a distortion of reality in society, degrading the value of truth by reducing it to personal taste without verifiable and accountable affirmation. Students are expected to possess digital intelligence in this post-truth era. Digital intelligence is cultivated through Christian religious education within the framework of Colossians 4:5. Utilizing a descriptive qualitative approach; this study investigates the enhancement of digital intelligence from the perspective of Colossians 4:5 through Christian education in the post-truth era. Colossians 4:5 provides an appropriate perspective to develop students' digital intelligence through Christian education to face the challenges of the post-truth era.

 

 

Abstrak

Artikel ini dibuat untuk menelusuri dinamika pendidikan agama Kristen di era pascakebenaran dan hubungannya dengan peningkatan kecerdasan digital dalam perspektif Kolose 4:5. Pendidikan agama Kristen merupakan pendidikan dengan nilai kebenaran Firman Tuhan. Pendidikan kristiani diperlukan oleh peserta didik di era pascakebenaran ini. Era pascakebenaran memberikan sebuah distorsi kebenaran dalam kehidupan masyarakat. Era pascakebenaran mendegradasi nilai kebenaran karena kebenaran hanyalah perkara selera perspektif personal tanpa adanya verifikasi dan affirmasi yang dapat dipertanggung jawabkan. Peserta didik diharapkan memiliki kecerdasan digital dalam era pascakebenaran ini. Kecerdasan digital dibangun melalui pendidikan agama Kristen dalam perspektif Kolose 4:5. Melalui pendekatan kualitatif deskriptif, penelitian ini akan menelusuri peningkatan kecerdasan digital dalam perspektif Kolose 4:5 melalui pendidikan kristiani di era pascakebenaran ini. Kolose 4:5 merupakan perspektif yang tepat untuk membangun kecerdasan digital peserta didik melalui pendidikan kristiani untuk menghadapi era pascakebenaran ini.

 

 


Keywords


Christian religious education; Colossians 4:5; digital intelligence; post-truth; kecerdasan digital; Kolose 4:5; pendidikan agama Kristen; pascakebenaran

Full Text:

PDF

References


Adlini, Miza Nina, Anisya Hanifa Dinda, Sarah Yulinda, Octavia Chotimah, and Sauda Julia Merliyana. “Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka.” Edumaspul: Jurnal Pendidikan 6, no. 1 (2022): 974–80. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394.

Akmal, Fauziah. “45 Persen Remaja Di Indonesia Jadi Korban Cyberbullying, Ini Contoh Kasus Yang Terjadi.” Jawa Pos Radar Solo, 2024.

Amsal, Bahrul. “Pasca Kebenaran, Pasca Spiritualis, Dan Keagamaan Skizofrenik.” MIMIKRI: Jurnal Agama Dan Kebudayaan 7, no. 1 (2021): 79–99.

Anjaya, Carolina Etnasari, Yonatan Alex Arifianto, and Andreas Fernando. “Kecerdasan Spiritual Sebagai Dasar Terbentuknya Profesionalitas Guru Pendidikan Agama Kristen.” REDOMINATE: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristiani 3, no. 1 (2021): 58. https://doi.org/10.59947/redominate.v3i1.20.

Arifianto, Yonatan Alex. “Peran Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Pendidikan Etis-Teologis Mengatasi Dekadensi Moral Di Tengah Era Disrupsi.” Jurnal Pendidikan Agama Kristen REGULA FIDEI 6, no. 2 (2021): 362–87.

Arifianto, Yonatan Alex, Richardo Nainggolan, and Adi Sujaka. “Tantangan Teologis Dalam Memahami Dan Mengatasi Ajaran Sesat Kontemporer: Tinjauan Terhadap Realitas Spiritual Dan Peran Gereja.” Philoxenia: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristiani 2, no. 2 (2024): 57–67.

Batten, Alicia. “Colossians. Encouragement to Walk in All Wisdom as Holy Ones in Christ - By John Paul Heil.” Religious Studies Review. Wiley Online Library, 2011. https://doi.org/10.1111/j.1748-0922.2011.01536_26.x.

Danardono, Donny. “Pasca Kebenaran Dan Matinya Nalar,” no. 2017 (2019): 1–6.

Eliasaputra, Mark Phillips, Martina Novalina, and Ruth Judica Siahaan. “Tantangan Pendidikan Agama Kristen Di Era Revolusi Industri 4.0 Dan Pasca Kebenaran.” BONAFIDE: Jurnal Teologi Dan Pendidikan kristiani 1, no. 1 (2020): 1–22. https://doi.org/10.46558/bonafide.v1i1.7.

Khoiriyah, Indri Muflikhatul. “Eksistensi Pop Culture Dalam Ritual Pra-Pernikahan Di Era Post-Truth.” AT-THARIQ: Jurnal Studi Islam Dan Budaya 4, no. 01 (2024). https://doi.org/10.57210/trq.v4i01.288.

Kholillah, Mustika Khoirunnisa, Yayang Furi Furnamasari, and Dinie Anggraeni Dewi. “Peran Pendidikan Dalam Menghadapi Arus Globalisasi.” Edumaspul: Jurnal Pendidikan 6, no. 1 (2022): 515–18. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.2508.

Kusnadi, Eddy, Rio Septian, Teguh Tri Susanto, Yudha Febri, and Al Paksi. “Antisipasi Post-Truth Di Era Media Digital.” Jurnal Public Relations 2, no. 1 (2021): 35–39.

Lahagu, Ardianto. “Peran PAK Dalam Membangun Karakter Remaja Sekolah Menengah Pertama.” Osfpreprint 1 (2020): 124–26.

Leiwakabessy, Tabita, and Daniel Pesah Purwonugroho. “Menggabungkan Nilai IQ, SQ, EQ, Dan DQ Dalam Pengajaran Kristen Dengan Metode Story-Telling.” Veritas Lux Mea (Jurnal Teologi Dan Pendidikan kristiani)Jurnal Teologi Dan Pendidikan kristiani 1, no. 2 (2024): 53–64.

Melfianora, M, and M Si. “Kamian Karya Tulis Ilmiah Dengan Studi Literatur.” Open Science Framework 12, no. 1 (2019): 14–26.

Miftah, Miftahul Jannah Putri Husma. “Peran Pendidikan Dalam Pengembangan Karakter 5.0.” Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 8, no. 1 (2023): 877–86.

Moo, Douglas J. The Letters to the Colossians and to Philemon. Michigan: Wm. B. Eerdmans Publishing, 2008.

Mustofa, Mustofa, and B. Heni Budiwati. “Proses Literasi Digital Terhadap Aanak: Tantangan Pendidikan Di Zaman Now.” Pustakaloka 11, no. 1 (2019): 114. https://doi.org/10.21154/pustakaloka.v11i1.1619.

Purwonugroho, Daniel Pesah. “Peran Gereja Dalam Membangun Keimanan Gen Y & Z Pada Era Revolusi Industri 4.0 & Society 5.0.” Ritornera-Jurnal Teologi Pentakosta Indonesia 3, no. 3 (2023): 182–92.

Purwonugroho, Daniel Pesah, and Hardi Budiyana. “Mengkombinasikan Model Pembelajaran Joyce – Weil & Model Pembelajaran Alkitabiah Yesus Dalam Kehidupan Rohani Jemaat.” Lentera Nusantara Vol. 3, No (2023): 1–13. https://doi.org/https://doi.org/10.59177/jls.v3i1.250.

Rianto, Puji. “Literasi Digital Dan Etika Media Sosial Di Era Post-Truth.” Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi 8, no. 2 (2019): 24–35.

Rozas, Indri Sudanawati, Khalid Khalid, Widya Veronica, Andhy Permadi, and Muhammad Andik Izzuddin. “Digital Quotient Tool: Alat Ukur Kecerdasan Digital.” Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Dan Robotika 3, no. 1 (2021): 1–10. https://doi.org/10.33005/jifti.v3i1.51.

Sagala, Kartika, Lamhot Naibaho, and Djoys Anneke Rantung. “Tantangan Pendidikan Karakter Di Era Digital.” Jurnal Kridatama Sains Dan Teknologi 6, no. 01 (2024): 1–8. https://doi.org/10.53863/kst.v6i01.1006.

Santosa, Monica. “Implementasi Kecerdasan Digital (Digital Quotient) Dalam Pelayanan Pendidikan Agama Kristen.” Jurnal Teologi Berita Hidup 5, no. 1 (2022): 72–95. https://doi.org/10.38189/jtbh.v5i1.196.

Sigmon, Casey Thornburgh. “Homiletical Possibilities and Challenges in Colossians.” Review & Expositor 116, no. 4 (2019): 458–65. https://doi.org/10.1177/0034637319879034.

Sine, Hendrick, and Alon Mandimpu Nainggolan. “Menelaah Kehendak Allah Bagi Orang Percaya Berdasarkan Roma 12 : 2.” Tumou Tou: Jurnal Ilmiah 8, no. 2 (2021): 104–17.

Sugiono. “Metode Penelitian Metode Penelitian.” Metode Penelitian Kualitatif, no. 17 (2015): 43.

Supardi, R, and Muh Khaedar. “Pengaruh Pembelajaran Berbasis Adaptasiteknologi Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di Sd Inpres Borong Jambu Ii.” JKPD (Jurnal Kajian Pendidikan Dasar) 8, no. 1 (2023): 91–100. https://doi.org/10.26618/jkpd.v8i1.9868.

Tarumingi, Denny A. “Pendidikan Agama Kristen Sebagai Panggilan Kerasulan.” Educatio Christi. 2020, 2020.

Telaumbanua, Arozatulo, and Rikardo Dayanto Butarbutar. “Misi Pendidikan Agama Kristen Berbasis Digital Di Tengah Masyarakat Plural.” CHARISTHEO: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen 2, no. 1 (2022): 86–99.

Terttiaavini, Terttiaavini, and Tedy Setiawan Saputra. “Literasi Digital Untuk Meningkatkan Etika Berdigital Bagi Pelajar Di Kota Palembang.” JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) 6, no. 3 (2022): 2155. https://doi.org/10.31764/jmm.v6i3.8203.

Timo, Ebenhaizer Nuban. “Pengantar Pendidikan Agama Kristen.” Theologia in Loco 4, no. 1 (2022): 94–101. https://doi.org/10.55935/thilo.v4i1.243.

Triposa, Reni, Yonatan Alex Arifianto, and Yudi Hendrilia. “Peran Guru PAK Sebagai Teladan Dalam Meningkatkan Kerohanian Dan Karakter Peserta Didik.” Jurnal Pendidikan Agama Kristen (JUPAK) 1, no. 2 (2021): 124–43.

Triyanto, Triyanto. “Peluang Dan Tantangan Pendidikan Karakter Di Era Digital.” Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan 17, no. 2 (2020): 175–84.

Wright, Nicholas Thomas. Colossians & Philemon. Nottingham: InterVarsity Press, 2011.

Yanti, Yulia Eka, Tety Nur Cholifah, Hendra Rustantono, Hamidi Rasyid, Tashilul Nailul Ammany, Laila Nur Fidayanti, Ana Andila Ningsih, et al. “Pendampingan Literasi Numerasi Dan Adaptasi Teknologi Sebagai Upaya Dalam Mendukung Penerapan Kurikulum Merdeka Di Sdn 03 Gondanglegi.” Jurnal Edukasi Pengabdian Masyarakat 2, no. 4 (2023): 238–45. https://doi.org/10.36636/eduabdimas.v2i4.3294.




DOI: https://doi.org/10.52220/sikip.v5i2.265

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



SIKIP telah terdaftar pada:


SIKIP: Jurnal Pendidikan Agama Kristen
Published: STT IKAT Jakarta
Website Institusi: https://sttikat.ac.id
Address: Jalan Rempoa Permai No. 2, Pesanggrahan, RT.4/RW.11, Bintaro, Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12330
e-ISSN:2721-1622

View My Stats

Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
Copyright © SIKIP: Jurnal Pendidikan Agama Kristen. All Rights Reserved.