Gereja dan Pendidikan: Kajian Nilai-nilai Moral, Etika dan Spiritualitas dari Kolaborasi Gereja dan pendidikan

Friska Yulien, Agripa Kaigur

Abstract


Gereja mempunyai peranan yang sangat penting dalam pendidikan. Melalui lembaga pendidikannya, Gereja telah memberikan kontribusi yang signifikan dalam membentuk karakter, moral dan pengetahuan masyarakat. Kolaborasi antara gereja dan pendidikan memiliki nilai-nilai moral, etika dan spiritual yang penting. Pendidikan agama Kristen memegang peranan penting dalam membentuk nilai-nilai moral generasi muda saat ini. Studi pustaka, observasi, analisis data, validasi data, interpretasi hasil. Nilai-nilai moral, etika dan spiritual yang timbul dari kerjasama Gereja dengan pendidikan. Kontribusi Gereja dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Kolaborasi Gereja dengan dunia pendidikan dapat membantu menghasilkan generasi masa depan yang berkualitas dan berkarakter kuat. Melalui kolaborasi antara gereja dan pendidikan, generasi mendatang dapat menjaga karakter, kualitas, dan kepribadiannya. Program pendidikan agama Kristen di Indonesia dapat membantu meningkatkan  kualitas pendidikan rohani di gereja. Guru agama Kristen memegang peranan penting  dalam mengajar dan mendukung siswa. Selain itu, gereja juga hadir sebagai guru untuk mendukung dan membimbing perkembangan rohani setiap guru. Untuk menjamin kesehatan rohani para guru, mereka dapat bekerja sama dengan gereja untuk melatih anggota gereja (siswa Kristen) yang bersekolah. Kerja sama yang baik ini akan mengantarkan setiap anak mempunyai akhlak yang baik, etika yang baik, dan spiritualitas yang baik di kemudian hari, meskipun akhlak khususnya di Indonesia sedang terpuruk karena pengaruh era globalisasi. Gereja dan setiap anggotanya dapat berperan. Tantangan bagi kita semua adalah memberikan setiap anak pendidikan yang baik, moral yang baik, etika yang baik, dan spiritualitas yang baik.

Keywords


Kolaborasi Gereja; nilai-nilai moral; Pendidikan; Pendidikan agama Kristen; Spiritual

Full Text:

PDF

References


Andrian, T. (2024). Peran Pendidikan Agama Kristen Dalam Pembentukan Nilai Moral Remaja Masa Kini. Inculco Journal Of Christian Education, 4(1), 107-122.

Astuti, F. R. F., Aropah, N. N., & Susilo, S. V. (2022). Pendidikan Moral Sebagai Landasan Nilai Karakter Berprilaku. Journal Of Innovation In Primary Education, 1(1), 10-21.

Azmi, C., Murni, I., & Desyandri, D. (2023). Kurikulum Merdeka Dan Pengaruhnya Pada Perkembangan Moral Anak Sd: Sebuah Kajian Literatur. Journal On Education, 6(1), 2540-2548.

Ermindyawati, L. (2019). Peranan Guru Pendidikan Agama Kristen Terhadap Perilaku Siswa-Siswi. Fidei: Jurnal Teologi Sistematika Dan Praktika, Issn, 2621-8151.

Febrianti, N., & Dewi, D. A. (2021). Pengembangan Nilai Moral Peserta Didik Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Kewarganegaraan, 5(2), 476-482.

Gaspersz, V. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Pt Gramedia Pustaka Utama.

Gulo, R. P., & Harefa, A. M. (2023). Urgensi Kolaborasi Orang Tua Dan Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Mewujudkan Pendidikan Spiritual Efektif Bagi Anak. Sinar Kasih: Jurnal Pendidikan Agama Dan Filsafat, 1(3), 23-34.

Harmadi, M., & Jatmiko, A. (2020). Pembelajaran Efektif Pendidikan Agama Kristen Generasi Milenial. Pasca: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen, 16(1), 62-74.

Heru, F. S. S. (2014). Sistem Pendidikan Kolonial Belanda Di Indonesia Tahun 1900-1942.

Lickona, T. (2021). Mengajarkan Nilai-Nilai Moral Melalui Kurikulum: Seripendidikan Karakter. Nusa Media.

Mamarodi, R. S. (2015). Kurikulum Pendidikan Agama Kristen (Pak) Di Sekolah Menengah Atas (Sma) Dalam Kajian Pendidikan Karakter (Doctoral Dissertation, Program Studi Teologi Fteo-Uksw).

Manik, A. M., & Saragi, F. (2023). Etika Kristen Dalam Pendidikan Karakter Dan Moral. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora, 2(3).

Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Pt Remaja Rosdakarya.

Nurudin, A. (2020). Metode Penelitian Kualitatif: Teori Dan Praktik. Deepublish.

Rungkat, N. J. (2022). Pentingnya Kurikulum Pendidikan Agama Kristen Pemuda Dalam Meningkatkan Spiritualitas Pemuda Menurut Teori Wychoff. Jurnal Luxnos, 8(1), 25-39.

Safaria, T. (2020). Panduan Lengkap Penulisan Karya Ilmiah. Prenadamedia Group.

Santosa, D. S. S., Sampaleng, D., & Amtiran, A. (2020). Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran. Sikip: Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 1(1), 11-24.

Sari, E. C. (2022). Kurikulum Di Indonesia: Tinjauan Perkembangan Kurikulum Pendidikan. Inculco Journal Of Christian Education, 2(2), 93-109.

Sholeha, S. (2021). Pendidikan Indonesia Pada Masa Pendudukan Jepang (1942-1945) (Doctoral Dissertation, Universitas Muhammadiyah Metro).

Sihombing, I. N. I. (2022). Terapan Pendidikan Etika Kristen Dalam Moral Peserta Didik. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(6), 8052-8061.

Simanjuntak, R. (2017). Mengenal Sejarah Kurikulum Nasional Indonesia Dan Hubungannya Terhadap Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Kristen Masa Kini. Sanctum Domine: Jurnal Teologi, 5(1), 35-50.

Siska, Y. (2018). Implementasi Nilai Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar Negeri 4 Kotakarang Bandarlampung. In Prosiding Seminar Dan Diskusi Pendidikan Dasar.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Alfabeta.

Suraji, R., & Sastrodiharjo, I. (2021). Peran Spiritualitas Dalam Pendidikan Karakter Peserta Didik. Jppi (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 7(4), 570-575.

Tarisih, T., & Sutrisno, S. (2022). Teknologi, Kerjasama Pemerintah, Dan Kurikulum Holistik. Journal Of Religious And Socio-Cultural, 3(2), 113-129.

Telaumbanua, I. S., Rahajeng, L., & Hutahaean, H. (2022). Penerapan Kurikulum Pendidikan Agama Kristen Sekolah Minggu Dengan Menggunakan Teori Maria Harris. Jurnal Shanan, 6(2), 241-258.

Tobing, N. F. (2020). Kurikulum Pendidikan Agama Kristen Di Indonesia. Mitra Sriwijaya: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen, 1.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Pragati: Jurnal Ilmiah Mahasiswa
Diterbitkan: STT IKAT Jakarta
Website Institusi:  https://sttikat.ac.id
Alamat: Jalan Rempoa Permai No. 2, Pesanggrahan, RT.4/RW.11, Bintaro, Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12330

Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah  Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional .
Hak Cipta © Jurnal Pragati: Jurnal Ilmiah Mahasiswa. Semua Hak Dilindungi Undang-undang.