Desain Model Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen bagi Anak

Yanwar Prawono

Abstract


This study aims to identify the context in which PAK for children can be taught exactly where the child lives, grows, and mingles in their environment. The context referred to is the Christian Church in Luwuk Banggai (GKLB), specifically in the Imanuel Laonggo congregation. Knowing the context well will be very helpful in the hope of appropriate learning. The teaching of PAK for children refers to the teaching model of Jesus, and this has become the basis for the form of PAK Children's learning throughout the ages and places. If Jesus' teaching model was a text, it needed context. A text that touches the context will give birth to a living faith. Therefore, it is very important to design a children's PAK learning model in their respective contexts. What has been done through this research has actually stimulated the church institutionally to think and implement the contextual PAK learning mechanism for children through its ministry programs. This really helps children as the future church and the church in the future to grow and bear fruit for Christ in their context.

Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengenal konteks di mana PAK bagi anak dapat diajarkan dengan tepat di mana anak hidup, tumbuh dan bergaul dalam lingkungannya. Konteks yang dimaksud adalah Gereja Kristen di Luwuk Banggai (GKLB), secara khusus di jemaat Imanuel Laonggo. Mengenal konteks dengan baik akan sangat menolong dalam penarapan pembelajaran yang tepat. Pengajaran PAK bagi anak mengacu pada model pengajaran Yesus, dan hal Ini menjadi dasar bentuk pembelajaran PAK Anak di sepanjang zaman dan tempat. Bila model pengajaran Yesus adalah sebuah teks, maka ia membutuhkan konteks. Sebuah teks yang menyentuh konteks akan melahirkan sebuah iman yang hidup. Sebab itu sangat penting untuk mendesain suatu model pembelajaran PAK anak dalam konteksnya masing-masing. Apa yang dilakukan melalui penelitian ini sesungguhnya merangsang gereja secara institusional dapat memikirkan dan mengerjakan secara tepat mekanisme pembelajaran PAK anak yang kontekstual melalui program-program pelayanannya. Hal ini sangat menolong anak sebagai masa depan gereja dan gereja dimasa depan untuk bertumbuh dan berbuah bagi Kristus dalam konteksnya.

Full Text:

PDF

References


Abi, Antonius Remigius. “Kecerdasan Emosional Dalam Kepemimpinan Pendidikan.” SOTIRIA (Jurnal Theologia dan Pendidikan Agama Kristen) 2, no. 1 (2019): 60–68.

Alkitab, Jakarta: Lembaga Alkitab Indonesia, 1998.

Boehlk. R. Robert, Ph.D, Sejarah Perkembangan Pikiran dan Praktek Pendidikan Agama Kristen, Jakarta: BPK Gunung Mulia, 1994.

Cully V Iris, Dinamika Pendidikan Kristen, Jakarta: BPK Gunung Mulia, 1999.

End Van den Th & Weitjens. J, Ragi Carita 2, Jakarta: BPK Gunung Mulia, 1999.

Gunarsah Yulia Singgih D. Dra, Asas-asas Psikologi Keluarga Idaman, Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2000.

Harrison Paul, Memahami Dunia Anak-anak, Jakarta: BPK Gunung Mulia, 1977.

Hasugian, Johanes Waldes. “Kurikulum Dan Pembelajaran Warga Jemaat Dewasa Di Gereja.” KURIOS (Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen) 5, no. 1 (2019): 36–53.

Homrighausen E.G. Dr & Enklaar I.H. Dr, Pendidikan Agama Kristen, Jakarta: BPK Gunung Mulia, 1999.

Ismail Andar. Dr, Selamat Ribut Rukun, Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2013.

Ismail Andar. Dr, Selamat Mengikut Dia, Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2008.

Ismail Andar (Peny), Ajarlah Mereka Melakukan: Kumpulan karangan seputar Pendidikan Agama Kristen, Jakarta: BPK Gunung Mulia, 1999.

Lee Nigel Francis. Dr. Prof, The Biblical Theory of Christian Education, Updated 2001.

Mardalis. Drs, Metode Penelitian: Suatu Pendekatan Proposal (Jakarta: PT Bumi Aksara, 2004.

Marxsen Willi, Pengantar Perjanjian Baru, Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2000.

Messakh, Jacob. “Korelasi Kompetensi Guru PAK SMA Negeri Se-Jakarta Dengan Identitas Sebagai Hamba Tuhan.” Sikip 1, no. 1 (2020): 47–59.

Mojau Julianus. Dr, Suara Guitar Keadilan Hati Allah Dalam Konteks Indonesia: Perbedaan Konteks Perbedaan Nada Dasar, Yogyakarta: Alinea Baru, 2015.

Moleong Lexi, Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Karya, 1989.

Nazir Muhammad, Metode Penelitian, Jakarta: Ghalia Indonesia, 1988.

Pisu Theopilus, Kajian Teologis Terhadap Misi GKLB, Skripsi Sarjana Teologi, Makasar: STT INTIM, 1999.

Rauli Simamora, May, Johanes Waldes Hasugian, and Agama Kristen Sekolah Tinggi Teologi Sumatera Utara. “Penanaman Nilai-Nilai Kristiani Bagi Ketahanan Keluarga Di Era Disrupsi.” Regula Fidei: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 5, no. 1 (2020): 13–24. www.ruangguru.com.

Samuel, Donald, Slamet Santosa, Donna Sampaleng, and Abdon Amtiran. “Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran.” SIKIP: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 1, no. 1 (2020): 11–24.

Sasmoko. E. Dr. Prof, Metode Penelitian, Sorong: UKI Papua, 2007.

Siahaan, Harls Evan Rianto. “Hikmat Sebagai Implikasi Pendidikan Kristiani Dalam Keluarga: Refleksi 1 Raja-Raja 3:1-15.” DUNAMIS (Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristiani) 1, no. 1 (2016): 15–30. www.sttintheos.ac.id/e-journal/index.php/dunamis.

Sinode GKLB, Tata Gereja, Luwuk: MPH Sinode, 2013.

Soleiman Yusak (Ed), Sejarah Gereja Protestan Indonesia jilid 2, Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2015.

Sukmadinata Syaodih Nana. Dr. Prof, Pengembangan Kurikulum: Teori dan Praktek, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2015.

Suprijono Agus, Model-model Pembelajaran Emansipatoris, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2016.

Susanta, Yohanes Krismantyo. “Tradisi Pendidikan Iman Anak Dalam Perjanjian Lama.” BIA’: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen Kontekstual 2, no. 2 (2019): 139–150.

Susanti, Lidia, and Carla Imbiri. “Implementasi Motivasi Model ARCS (Attention, Relevance, Confidence, and Satisfaction) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen.” DUNAMIS: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristiani 4, no. 2 (2020): 254–263.

Tjandra, Daniel S. “Impelementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Di Abad 21.” SIKIP: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 1, no. 1 (2020): 1–10. http://sttikat.ac.id/e-journal/index.php/sikip.

Tung Yao Khoe. Dr, Menuju Sekolah Kristen Impian Masa Kini, Yogyakarta: Andi, 2015.

Wellem. F. D. Drs. M.Th, Riwayat Hidup Singkat Tokoh-tokoh Dalam Sejarah Gereja, Jakarta: BPK Gunung Mulia, 1998.

Winarno Surahmat, Dasar dan Teknik Research, Bandung: CV Narsiti, 1972.




DOI: https://doi.org/10.52220/sikip.v1i2.61

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



SIKIP telah terdaftar pada:


SIKIP: Jurnal Pendidikan Agama Kristen
Published: STT IKAT Jakarta
Website Institusi: https://sttikat.ac.id
Address: Jalan Rempoa Permai No. 2, Pesanggrahan, RT.4/RW.11, Bintaro, Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12330
e-ISSN:2721-1622

View My Stats

Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
Copyright © SIKIP: Jurnal Pendidikan Agama Kristen. All Rights Reserved.