Peranan Supervisi Akademik dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Kristen
Abstract
This study examines the role of academic supervision in enhancing the professionalism of Christian Religious Education (CRE) teachers. Educational supervision is vital for helping teachers develop their pedagogical, social, and spiritual competencies. This research employs the Systematic Literature Review (SLR) method, analyzing 10 relevant articles published between 2019 and 2024. The results showed that academic supervision has a significant influence on PAK teachers' professionalism, encompassing aspects of knowledge, skills, and character. The positive results of supervision not only improve teachers' ability to manage learning but also contribute to improving the overall quality of education. Although there are challenges in implementing supervision, such as a lack of coordination and differences in the educational backgrounds of PAK teachers, a collaborative approach can create a supportive atmosphere for teacher development. Therefore, academic supervision should be viewed as a coaching effort that aims to foster a mutually supportive partnership among principals, supervisors, and teachers to enhance the quality of education.
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peranan supervisi akademik dalam meningkatkan profesionalisme guru Pendidikan Agama Kristen (PAK). Supervisi akademik dianggap sebagai sarana yang penting untuk membantu guru dalam mengembangkan kompetensi pedagogis, sosial, dan spiritual. Penelitian ini menggunakan metode Systematic Literature Review (SLR) dengan menganalisis 10 artikel relevan yang diterbitkan dalam kurun waktu 2019 hingga 2024. Hasil penelitian menunjukkan bahwa supervisi akademik memiliki pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan profesionalisme guru PAK, yang mencakup aspek pengetahuan, keterampilan, dan karakter. Hasil positif dari supervisi ini tidak hanya meningkatkan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, tetapi dampaknya juga berkontribusi pada peningkatan mutu pendidikan secara keseluruhan. Meskipun terdapat tantangan dalam pelaksanaan supervisi, seperti kurangnya koordinasi dan perbedaan latar belakang pendidikan guru PAK, pendekatan supervisi yang bersifat kolaboratif dapat menciptakan suasana yang mendukung pengembangan guru. Oleh karena itu, supervisi akademik seharusnya dipandang sebagai upaya pembinaan yang bertujuan untuk membangun kemitraan yang saling mendukung antara kepala sekolah, pengawas, dan guru, guna meningkatkan kualitas pendidikan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adiyanto, Wahyudi, and Sukmawati. “Supervisi Akademik Oleh Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru Pendidikan Agama Kristen SDN 02 Bengkayang.” Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa 4 (2017): 1–14.
Anthony, Joyner Christina Webyanestefien, Teguh Parluhutan Saragih, and Sudirman Sudirman. “Kompetensi Profesional Guru Dalam Teologi Paulus.” MANTHANO: Jurnal Pendidikan Kristen 1, no. 1 (2022): 39–49.
Aprillia, Ade Rani, Dwi Cahyono, and Ari Sita Nastiti. “Systematic Literature Review (SLR): Keberhasilan Dan Kegagalan Kinerja Badan Usaha Milik Desa (BUMDES).” Jurnal Akuntansi Terapan dan Bisnis 1, no. 1 (2021): 35–44.
Arikunto, Suharsimi. Dasar-Dasar Supervisi: Buku Pegangan Kuliah. Jakarta: Rineka Cipta, 2004.
Dwikurnaningsih, Yari, Endang Shobariyah, and Denanda Isti Novalia Djami. “Systematic Literature Review (SLR) Berbantuan Artificial Intelligence: Implementasi Supervisi Akademik Berbasis Coaching.” In Seminar Nasional Prodi Manajemen Pendidikan. Vol. 2, 2024.
Fernando, Andreas, and Carolina Etnasari Anjaya. “Pelayanan Dan Kehidupan Tuhan Yesus Sebagai Pola Dasar Bagi Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Kristen.” MANTHANO: Jurnal Pendidikan Kristen 1, no. 1 (2022): 50–60.
Glickman, C. D. Development Supervision: Alternative for Helping Teachers Improve Instructions. Virginia, Alexandria: ASCD, 1981.
Gule, Yosefo. “Pentingnya Kompetensi Sosial Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Meningkatkan Motivasi Siswa Belajar Pendidikan Agama Kristen.” Jurnal Abdiel: Khazanah Pemikiran Teologi, Pendidikan Agama Kristen dan Musik Gereja 5, no. 1 (2021): 89–104.
Habibi, Roni, and Artha Glory Romey Manurung. “SLR Systematic Literature Review: Metode Penilaian Kinerja Karyawan Menggunakan Human Performance Technology.” Journal of Applied Computer Science and Technology 4, no. 2 (2023): 100–107.
Habsyi, Irsan, and Hasrul. “Supervisi Akademik Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Kinerja Guru Pada Sma Negeri Di Kabupaten Halmahera Barat. Provinsi ….” Jurnal Pendidikan dan Ekonomi (JUPEK) 4, no. 2 (2023): 1–12. http://jurnal.stkipkieraha.ac.id/index.php/jupek/article/view/529.
Homrighausen, E.G. dan I.H. Enklaar. “Pendidikan Agama Kristen.” In Pendidikan Agama Kristen, hal. 180-181. (Jakarta: BPK gunung Mulia, ), 1985.
Hoy, Wayne K., and Patrick B. Forsyth. Effective Supervision: Theory into Practice. Book, 2017.
Idrus, S T. “Upaya Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Penyusunan Perencanaan Pembelajaran Melalui Supervisi Akademik.” JARDIKNAS-Jurnal Pendidikan 1, no. 1 (2020): 47–57. http://ejournal.yudhaenglishgallery.com/index.php/Jardiknas/article/view/10%0Ahttp://ejournal.yudhaenglishgallery.com/index.php/Jardiknas/article/download/10/10.
Indonesia, Undang-Undang Republik. UU No. 14 Tahun 2005 Tentang Guru Dan Dosen, Bab. IV, Pasal 10 Ayat 1. Indonesia, 2005.
Intarti, Esther Rela. “Peran Guru Pendidikan Agama Kristen Sebagai Motivator.” REGULA FIDEI: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 1, no. 2 (2016): 28–40.
Isu, Amran Maher Dionizius. “Hubungan Supervisi Akademik Pengawas Pendidikan Agama Kristen Dengan Kinerja Guru.” SIKIP: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 2, no. 2 (2021): 72–82.
Lahope, Teofilus, Nelson Hasibuan, Angel Gabriela Jenesa, Tasya Oktavianti Pandjaitan, and Septiniar Laoli. “Strategi Peningkatan Kualitas Kompetensi Profesional Guru PAK Di Era Society 5.0.” SANCTUM DOMINE: JURNAL TEOLOGI 14, no. 1 (2024): 149–174.
Laia, Fermina. “Pentingnya Keteladanan Guru Pendidikan Agama Kristen Terhadap Pembentukan Karakter Siswa.” Inculco Journal of Christian Education 3, no. 3 (2023): 301–313.
Lestari, Sigit Sugiarto, and Kurniati Ratnah MA. “Systematic Literature Review (SLR) : Pemanfaatan Software Geogebra Dalam Pembelajaran Matematika.” Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran 6, no. 4 (2023): 3275–3287.
Lolowang, Yetty, Wolter Weol, and Meyke M Mamahit. “Penerapan Supervisi Akademik Berbasis Coaching Pada Guru Pak Di SMP Negei 1 Lolak Kabupaten Bolaang Mongondow.” Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan 10, no. 19 (2024): 46–58.
Lumbantoruan, R. “Penerapan Supervisi Akademik Kepala Pengawas Melalui Model Cooperatif Learning Untuk Meningkatkan Kompetensi Kegiatan Belajar Mengajar Guru Pendidikan Agama Kristen Di Sekolah Wilayah Binaan Kec. Galang Kabupaten Deli Serdang.” Journal of Education and Social Analysis 3, no. 4 (2022): 54–61. https://www.pusdikra-publishing.com/index.php/jesa/article/view/934%0Ahttps://www.pusdikra-publishing.com/index.php/jesa/article/download/934/811.
Manawan, Michael Joshua, Bartholomeus Diaz Nainggolan, and Stimson Hutagalung. “Kurikulum Pendidikan Agama Kristen Berbasis Multikulturalisme Yang Reseptif Dengan Kepercayaan Roh Nenek Moyang Di Minahasa.” Regula Fidei: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 7, no. 2 (2022): 208–221.
Masaong, Abd. Kadim. Supervisi Pembelajaran Dan Pengembangan Kapasitas Guru: Memberdayakan Pengawas Sebagai Gurunya Guru. Bandung: Alfabeta. Bandung: Alfabeta, 2013.
Merlith, Betty Dewina. “Implikasi Andragogi Pengawas Sekolah Dalam Peningkatan Profesi Guru Pendidikan Agama Kristen.” Jurnal Lentera Nusantara 2, no. 1 (2022): 55–67.
Nurwati, N. “Implementasi Supervisi Akademik Pengawas Sekolah Sebagai Upaya Peningkatan Kinerja Guru Di Smp Negeri 3 Palopo.” Institut agama islam Negeri (IAIN Palopo), 2021. http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/3703/1/NURWATI.pdf.
Pa, Hemi Bara, Kristian E. Y. M. Afi, and Maglon Ferdinand Banamtuan. “Supervisi Akademik Untuk Peningkatkan Kinerja Guru Pendidikan Agama Kristen.” Regula Fidei : Jurnal Pendidikan Agama Kristen 9, no. 1 (2024): 135–148.
Pedjaga, Yummy Pilipus Markus, and Daud Saleh Luji. “Supervisi Akademik Berpendekatan Keagamaan: Studi Pelaksanaan Supervisi Oleh Kepala Sekolah Di Smp Negeri 3 Takari Kabupaten Kupang.” Daskalos: Penelitian Tindakan Kelas 1, no. 1 (2023): 45–53.
Petrus, Wadison, Talizaro Tafonao, and Agiana Her Visnhu Ditakristi. “Upaya-Upaya Supervisi Dalam Memonitoring Kinerja Guru Pendidikan Agama Kristen Di Sekolah.” Vox Dei: Jurnal Teologi dan Pastoral 3, no. 1 (2022): 1–14.
Priansa, Donni Juni, and Sonny Suntani Setiana. Manajemen Dan Supervisi Pendidikan. 1st ed. Bandung: Penerbit CV. Pustaka Setia, 2018.
Pujianto, Pujianto, Yasir Arafat, and Andi Arif Setiawan. “Pengaruh Supervisi Akademik Kepala Sekolah Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Negeri Air Salek.” Journal of Education Research 1, no. 2 (2020): 106–113.
Rangga, Oktavianus. “Pembelajaran Agama Kristen Berbasis Pengalaman: Membangun Iman Melalui Narasi Hidup.” PEADA’: Jurnal Pendidikan Kristen 5, no. 2 (2024): 81–99.
Samoling, Irna Eltri, Bambang Ismanto, Lelahester Rina, Program Studi, Pendidikan Ekonomi, Fkip Universitas, Kristen Satya, and Wacana Salatiga. Efektivitas Pembelajaran Daring Pada Masa Covid Di SMAN 2 Salatiga The Effectiveness Of Online Learning In Covid Pandemic At SMAN 2 Salatiga, 2021.
Saragih, Rolianna. “Penerapan Model Audio Visual Untuk Meningkatkan Kemampuan Guru-Guru Pendidikan Agama Kristen Melalui Supervisi Akademik Pengawas Di Sekolah Wilyah Binaan Kec. Percut Sei Tuan.” Journal Educational Research 3, no. 4 (2022): 1–10. https://pusdikra-publishing.com/index.php/jrss/article/view/937%0Ahttps://pusdikra-publishing.com/index.php/jrss/article/download/937/814.
Saragih, Sontur, and Roimanson Panjaitan. “Supervisi Akademik Individual Sebagai Upaya Peningkatan Kinerja Guru Mata Pelajaran PAK Di SMK Immanuel Kota Medan” (2016): 82–109. http://repositori.uin-alauddin.ac.id/45/.
Siallagan, Thomson, Andi Sadarita, Jamli Barus, and Metra Kartini Simanungkalit. “Pola Pendidikan Agama Kristen Di Gereja.” ILLUMINATE: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristiani 6, no. 2 (2023): 124–140.
Simanjuntak, Junihot M, and others. DESAIN DAN PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN: Implementasi Desain Dan Pengembangan Kurikulum 2013 Dan Kurikulum Merdeka Dalam Pelayanan Pendewasaan Umat Di Sekolah Dan Gereja. Penerbit Andi, 2023.
Sitanggang, Rosdina. “Supervisi Akademik Pengawas Sekolah Terhadap Kinerja Guru Agama Kristen Pada Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Pada Masa Pandemi Covid-19.” Journal on Teacher Education 4, no. 1 (2022): 263–271. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/7506.
Supit, S. “Implementasi Supervisi Akademik Pengawas Pendidikan Agama Kristen: Studi Pada Guru PAK Di SMK Negeri 3 Manado.” Regula Fidei: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 6, no. 2 (2021): 207–218. http://christianeducation.id/e-journal/index.php/regulafidei/article/view/113.
Tarigan, Dirgahayu. “Implementasi Supervisi Akademik Untuk Meningkatkan Kemampuan Guru Agama Kristen SD Se-Sagulung Dalam Melaksanakan Pembelajaran Mastery Learning Pada Semester II 2018/2019.” Jurnal Lingkar Pendidikan 2, no. 1 (2023): 31–40. http://journal.unilak.ac.id/index.php/jlp/article/view/13309.
Titu, Maria Teodora. “Upaya Meningkatkan Kedisiplinan Kinerja Mengajar Guru Melalui Supervisi Akademik Dengan Teknik Individual Di SDN Zeu Christian College Kecamatan Golewa Barat Kabupaten Ngada Tahun 2022 / 2023.” Jurnal Pendidikan Tambusai 8, no. 1 (2024): 7597–7614.
Utomo, Setyo Budi, Yari Dwikurnaningsih, and Sophia Tri Satyawati. “Implementasi Supervisi Akademik Di SMP Negeri 1 Bancak Kabupaten Semarang.” Jurnal Prakarsa Paedagogia 4, no. 2 (2021): 288–296.
Wahyuni, Sri. Peran Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik. Penerbit NEM, 2021.
Wiyono, Bambang Budi, Ach Rasyad, and Maisyaroh. “The Effect of Collaborative Supervision Approaches and Collegial Supervision Techniques on Teacher Intensity Using Performance-Based Learning.” SAGE Open 11, no. 2 (2021): 1–9.
Yanuar, Yanuar, and John Gershom Mujiono. “Pengaruh Kehidupan Rohani Guru Pendidikan Agama Kristen Dan Implikasinya Terhadap Pertumbuhan Iman Peserta Didik Di SDN Semplak 2 Kota Bogor.” JURNAL KADESI 6, no. 2 (2024): 22–39.
DOI: https://doi.org/10.52220/sikip.v6i1.343
Refbacks
- There are currently no refbacks.
SIKIP telah terdaftar pada:
SIKIP: Jurnal Pendidikan Agama Kristen
Published: STT IKAT Jakarta
Website Institusi: https://sttikat.ac.id
Address: Jalan Rempoa Permai No. 2, Pesanggrahan, RT.4/RW.11, Bintaro, Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12330
e-ISSN:2721-1622
Copyright © SIKIP: Jurnal Pendidikan Agama Kristen. All Rights Reserved.