Strategi Pendidikan Agama Kristen dalam Meningkatkan Nilai-nilai Kristiani dan Kesadaran Moral Pemuda
Abstract
This study examines the strategy of Christian religious education in increasing the consistency of applying Christian values and moral awareness among the youth of the BCM Relau Church. The background of the study is the inconsistency between the active involvement of youth in church activities and their behavior outside the church environment, which reflects the low internalization of Christian values. This study employs a qualitative approach, utilizing data collection methods that include interviews, participatory observation, and documentation. The informants in this study consisted of youth, pastors, and church administrators who have a direct role in the spiritual education process. The results of the study indicate that the educational strategy through the KOM 100 teaching program can increase the consistency of Christian values and form a stronger moral awareness in youth. Christian religious education, when applied systematically and contextually, has proven to be relevant and applicable in addressing the spiritual challenges faced by today's youth.
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji strategi pendidikan agama Kristen dalam meningkatkan konsistensi penerapan nilai-nilai kristiani dan kesadaran moral di kalangan pemuda Gereja BCM Relau. Latar belakang penelitian adalah adanya ketidaksesuaian antara keterlibatan aktif pemuda dalam kegiatan gereja dan perilaku mereka di luar lingkungan gerejawi, yang mencerminkan rendahnya internalisasi nilai-nilai kristiani. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode pengumpulan data berupa wawancara, observasi partisipatif, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini terdiri dari pemuda, pendeta, dan pengurus gereja yang memiliki peran langsung dalam proses pendidikan rohani. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pendidikan melalui program pengajaran KOM 100 (kehidupan orientasi melayani) mampu meningkatkan konsistensi nilai-nilai kristiani dan membentuk kesadaran moral yang lebih kuat pada diri pemuda. Pendidikan agama Kristen yang diterapkan secara sistematis dan kontekstual terbukti relevan dan aplikatif dalam menjawab tantangan kehidupan rohani pemuda masa kini.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Andrian, Tonny. “Peran Pendidikan Agama Kristen Dalam Pembentukan Nilai Moral Remaja Masa Kini.” Inculco Journal of Christian Education 4, no. 1 (2024): 107–122.
Basuki, Eko, Liantoro Liantoro, Dunant Frederick Saukotta, and Yusak Tanasyah. “Peran Pendidikan Agama Kristen Dalam Pembentukan Iman Kepada Anak Di Jemaat Gereja Bethel Injil Sepenuh Yerusalem Baru, Surabaya Berdasarkan Kitab Ulangan 6: 4-9.” Journal of Religious and Socio-Cultural 5, no. 1 (2024): 70–85.
Boehlke, Robert Richard. Sejarah Perkembangan Pikiran Dan Praktek Pendidikan Agama Kristen: Dari Yohanes Amos Comenius Hingga Berkembangan PAK Di Indonesia. Vol. 2. BPK Gunung Mulia, 1997.
Fazhiera, Shasha, Esti Andari, and Wulan Apriliani. “Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-Nilai Kristiani Di Sekolah Menengah.” Sabar: Jurnal Pendidikan Agama Kristen dan Katolik 1, no. 1 (2024): 1–6.
Harefa, Lenvi, and Novita Laia. “Edukasi Pendidikan Agama Kristen Bagi Remaja Di GKSI Sengkuang Dalam Mengatasi Krisis Identitas.” ARDHI: Jurnal Pengabdian Dalam Negri 3, no. 1 (2025): 15–29.
Kartika, Emilia, Rikardo P Sianipar, and Selviawati Selviawati. “Peran Konseling Grup Berdasarkan 2 Timotius 3: 16 Dalam Mengembangkan Potensi Kepemimpinan Generasi Z.” Veritas Lux Mea (Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen) 7, no. 1 (2025): 103–118.
Kasingku, Juwinner Dedy, and Mareike Seska Diana Lotulung. “Peran Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik.” Jurnal Educatio FKIP UNMA 10, no. 1 (2024): 331–339.
Lahagu, Ardianto, and Fransiskus Irwan Widjaja. “Strategi Efektif Internalisasi Nilai Kristen Dalam Pembentukan Karakter Dan Spiritualitas Remaja Kristen.” Manna Rafflesia 11, no. 1 (2024): 92–102.
Napitupulu, Friska, and Talizaro Tafonao. “Membangun Karakter Iman Pemuda: Peran Strategis Gereja Dalam Mengembangkan Karakter Pemuda.” Jurnal Sarita Bahalap 2, no. 2 (2024).
Putri, Ribka Nasita. “Pembentukan Pendidikan Karakter Mahasiswa Melalui Pendidikan Kewarganegaraan Berbasis Teologi Kristen.” Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan 10, no. 9 (2024): 943–951.
Rendi, Rendi, Gresia Monika Sinaga, and Sandra Rosiana Tapilaha. “Peran Pendidikan Agama Kristen Dalam Pembentukan Karakter Dan Etika Berbasis Nilai-Nilai Kristen.” Jurnal Budi Pekerti Agama Kristen dan Katolik 2, no. 1 (2024): 134–144.
Rungkat, Nova Jelly. “Pentingnya Kurikulum Pendidikan Agama Kristen Pemuda Dalam Meningkatkan Spiritualitas Pemuda Menurut Teori Wychoff.” Jurnal Luxnos 8, no. 1 (2022): 25–39.
Sari, Sioratna Puspita, and Jessica Elfani Bermuli. “Etika Kristen Dalam Pendidikan Karakter Dan Moral Siswa Di Era Digital.” Diligentia: Journal of Theology and Christian Education 3, no. 1 (2021): 46–63.
Septiani, Tiurma, Yeni Yesika Situmorang, Bella Priskilla Br Sitepu, Eigrace Yisrell Sormin, and Tabita Mutia Silaban. “Pendidikan Agama Kristen Dewasa Dalam Menghadapi Krisis Moral Dan Etika.” Jurnal Trust Pentakosta 1, no. 1 (2024).
Tandi la’bi, Agustinus, and Semuel Linggi Topayung. “Peran Kurikulum Pendidikan Agama Kristen Dalam Meningkatkan Spiritualitas Pemuda.” Jurnal Budi Pekerti Agama Kristen dan Katolik 3, no. 1 (2025): 24–34.
Tandilabi, Agustinus, Ester Novitadesy, and Sandra Rosiana Tapilaha. “Pentingnya Teologi Pendidikan Agama Kristen Dalam Pembentukan Karakter Anak.” Jurnal Teologi Injili dan Pendidikan Agama 2, no. 2 (2024): 22–32.
Titi, Sumiati, Analisa Analisa, and Sandra R Tapilaha. “Pentingnya Pendidikan Agama Kristen (PAK) Dalam Pembentukan Karakter Mahasiswa.” Jurnal Magistra 2, no. 2 (2024): 130–141.
Tobe, Yuni, Jindry Tafuli, and Semuel Linggi Topayung. “Pendidikan Agama Kristen Sebagai Sarana Pembentukan Karakter Dalam Konteks Multikulturalisme.” Berkat: Jurnal Pendidikan Agama dan Katolik 1, no. 4 (2024): 25–37.
Yulien, Friska, and Agripa Kaigur. “Gereja Dan Pendidikan: Kajian Nilai-Nilai Moral, Etika Dan Spiritualitas Dari Kolaborasi Gereja Dan Pendidikan.” Pragati: Jurnal Ilmiah Mahasiswa 1, no. 01 (2024): 113–129.
Zega, David Folind, Chenlin Doura Vivian Girsang, Fenny E Nababan, and Talizaro Tafonao. “Kinerja Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran.” Jurnal Ilmiah Multidisiplin 1, no. 2 (2024): 119–137.
Zega, David Folind, Febe Simatupang, and Agiana Her Visnhu Ditakristi. “Misi Dalam Tantangan Zaman: Sebuah Analisa Perjalanan Misi Kaum Pentakosta Di Indonesia.” Sabda: Jurnal Teologi Kristen 6, no. 1 (2025): 70–83.
DOI: https://doi.org/10.52220/sikip.v6i1.259
Refbacks
- There are currently no refbacks.
SIKIP telah terdaftar pada:
SIKIP: Jurnal Pendidikan Agama Kristen
Published: STT IKAT Jakarta
Website Institusi: https://sttikat.ac.id
Address: Jalan Rempoa Permai No. 2, Pesanggrahan, RT.4/RW.11, Bintaro, Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12330
e-ISSN:2721-1622
Copyright © SIKIP: Jurnal Pendidikan Agama Kristen. All Rights Reserved.

.png)




