Pengetahuan dan Keterampilan Teknis sebagai Fondasi bagi Guru Kristen: Studi Kasus di Desa Parbotihan

Jannes Eduard Sirait, Purim Marbun, Johni Hardori

Abstract


This study aims to find practical and explorable approaches or steps to improve Christian teachers' knowledge and technical skills in Parbotihan village. The focus is on finding relevant solutions that are practical and cost-effective. In the process, this research examines Christian teachers' perceptions of efforts to improve their competence. This research involves collecting relevant literature and in-depth analysis using explanatory and phenomenological-qualitative methods. The implementation began by compiling a semi-structured interview instrument for Christian teachers as the primary informants. The data collected focuses on the most effective strategies and steps in improving their technical knowledge and skills. The research results highlight the need to optimize the strategic role of government, schools, churches, and society in supporting Christian teachers. In addition, research also confirms the importance of individual initiative for each teacher in developing technical knowledge and skills independently.

 

Abstrak

Misi dari studi ini adalah untuk menemukan pendekatan-pendekatan yang efektif dan dapat dieksplorasi, pendekatan ataupun langkah-langkah efektif untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan teknis guru Kristen di desa Parbotihan. Fokusnya adalah menemukan solusi yang relevan, praktis, dan biaya efektif. Dalam prosesnya, penelitian ini menelaah persepsi guru Kristen terhadap upaya meningkatkan kompetensi mereka. Menggunakan metode analisis penjelasan dan fenomenologi-kualitatif, penelitian ini melibatkan pengumpulan literatur yang relevan dan analisis mendalam. Pelaksanaannya dimulai dengan menyusun instrumen wawancara semi-terstruktur untuk para guru Kristen sebagai informan utama. Data yang dikumpulkan berfokus pada strategi dan langkah-langkah yang dianggap paling efektif dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilan teknis mereka. Hasil penelitian menyoroti perlunya optimalisasi peran strategis pemerintah, sekolah, gereja, dan masyarakat dalam mendukung guru-guru Kristen. Selain itu, penelitian juga menegaskan pentingnya inisiatif individu bagi setiap guru dalam mengembangkan pengetahuan dan keterampilan teknis secara mandiri.


Keywords


knowledge exploration; technical skills; foundations for Christian teachers; eksplorasi pengetahuan; keterampilan teknis; fondasi zuru Kristen

Full Text:

PDF

References


Ariyanti, Yulekhah. “Keterampilan Manajerial Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru.” AKSES: Jurnal Ekonomi dan Bisnis 14, no. 1 (2020): 26–35.

Asbari, Masduki, Choi Chi Hyun, Laksmi Mayesti Wijayanti, WINANTI WINANTI, Miyv Fayzhall, and Firdaus Putra. “Hard Skills Dan Soft Skills: Apa Membangun Inovasi Guru Sekolah Islam?” journal EVALUASI 4, no. 1 (2020): 143.

Asmani, Jamal Ma’mur. Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter Di Sekolah. Yogyakarta: DIVA Press, 2011.

Azizah Indriyani, Muhammad Saefulloh dan Slamet Bambang Riono. “Pengaruh Diklat Kependidikan Dan Kesejahteraan Guru Terhadap Kualitas Guru Di Sekolah Dasar Negeri Di Kecamatan Jamblang Kabupaten Cirebon.” Syntax Idea 2, no. 7 (2020): 176–193.

Creswell, John W. Reserch Design, Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif Dan Mixed. Ketiga. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2013.

Eduard, Jannes. “Persepsi Pendeta Jemaat Tentang Urgensi Manajemen Program Pelayanan Gereja Lokal.” Pneumatikos Jurnal Teologi Kependetaan 11, no. 2 (2021): 118–131.

Fatmawati, Nur, and Ahmad Sholikin. “Literasi Digital, Mendidik Anak Di Era Digital Bagi Orang Tua Milenial.” Madani: jurnal politik dan sosial kemasyarakatan 11, no. 2 (2019): 119–138.

Ilyas, Ilyas. “Strategi Peningkatan Kompetensi Profesional Guru.” Jurnal Inovasi, Evaluasi dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP) 2, no. 1 (2022): 34–40.

Iskandar, Uray. “Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Kinerja Guru.” Jurnal Visi Ilmu Pendidikan 10, no. 1 (2013): 1018–1027.

Jannes Eduard Sirait, Purim Marbun. Guru Profesional, Inspiratif, Dan Menyenangkan. Yogyakarta: Andi Offset, 2022.

Marbun, Japarlin. “Peranan Gereja Bagi Pendidikan Nasional.” Jurnal Pendidikan Agama Kristen I (2016): 141–162.

Maulana, A. “Pancasila Sebagai Budaya Bangsa Dalam Pendidikan Nasional” (2022): 1–6.

Mulyasa, E. Manajemen Berbasis Sekolah, Konsep, Strategi Dan Implementasi. Bandung: Remaja Rosda Karya, 2004.

Munawir, Munawir, Arum Nur Aisyah, and Inayatur Rofi’ah. “Peningkatan Kemampuan Guru Melalui Sertifikasi.” Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan 7, no. 2 (2022): 324–329.

Noer, Syaifudin, and Rangga Sa’adillah S.A.P. “Kebijakan Pemerintah Dalam Peningkatan Kualitas Mutu Guru Pendidikan Agama Islam; Analisis Sistematik Literatur Review.” Tarbawi Ngabar: Jurnal of Education 4, no. 2 (2023): 165–195.

Novianti, Selpin Lawa Padang, Oktaria Sambolangi, Kesaktian Panan, and Aldianto Borrong Allo. “Manajemen Pendidikan Dan Kepemimpinan Kristen Di Era Society 5.0.” Jurnal Pendidikan dan Keguruan 1, no. 6 (2016): 513–529.

Raco, Jozef. Metode Penelitian Kualitatif: Jenis, Karakteristik Dan Keunggulannya. Jakarta: Grasindo, 2010.

Rahima, Sudirman, Ubadah Ubadah, and Sitti Hasnah. “Prosiding Kajian Islam Dan Integrasi Ilmu Di Era Socienty(KIIIES 5.0 ).” Manajemen Pengendalian Mutu Disekolah Menengah Kejuruan (SMK), no. July (2023): 215–216.

Riska Oktafiana, Fathiyani, Musdalifah. “Analisis Kebijakan Kesejahteraan Guru Terhadap Peningkatan Kualitas Pendidikan.” Jurnal Mappesona 3, no. 1 (2020): 26–31.

Sholeh, Muhamad. “Keefektifan Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru.” Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan 1, no. 1 (2017): 41.

Sirait, Jannes Eduard. “Pendidik Kristen Profesional, Inspiratif Dan Menarik.” REGULA FIDEI: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 1, no. 1 (2016): 33–62.

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2012.

Wibowo, Agus. Pendidikan Karakter Di Perguruan Tinggi Membangun Karakter Ideal Mahasiswa Di Perguruan Tinggi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2013.




DOI: https://doi.org/10.52220/sikip.v5i1.222

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



SIKIP telah terdaftar pada:


SIKIP: Jurnal Pendidikan Agama Kristen
Published: STT IKAT Jakarta
Website Institusi: https://sttikat.ac.id
Address: Jalan Rempoa Permai No. 2, Pesanggrahan, RT.4/RW.11, Bintaro, Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12330
e-ISSN:2721-1622

View My Stats

Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
Copyright © SIKIP: Jurnal Pendidikan Agama Kristen. All Rights Reserved.