Pengetahuan dan Keterampilan Teknis sebagai Fondasi bagi Guru Kristen: Studi Kasus di Desa Parbotihan

Jannes Eduard Sirait, Purim Marbun, Johni Hardori

Abstract


The mission of this study is to find effective and explorable approaches or effective steps to improve the knowledge and technical skills of Christian teachers in Parbotihan village. The focus is on finding solutions that are relevant, practical and cost effective. In the process, this research examines Christian teachers' perceptions of efforts to improve their competence. Using explanatory and phenomenological-qualitative analysis methods, this research involves collecting relevant literature and in-depth analysis. The implementation began by compiling a semi-structured interview instrument for Christian teachers as the main informants. The data collected focuses on the strategies and steps deemed most effective in improving their technical knowledge and skills. The research results highlight the need to optimize the strategic role of government, schools, churches and society in supporting Christian teachers. In addition, research also confirms the importance of individual initiative for each teacher in developing technical knowledge and skills independently.


Abstrak

Misi dari studi ini adalah untuk menemukan pendekatan-pendekatan yang efektif dan dapat dieksplorasi, pendekatan ataupun langkah-langkah efektif untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan teknis guru Kristen di desa Parbotihan. Fokusnya adalah menemukan solusi yang relevan, praktis, dan biaya efektif. Dalam prosesnya, penelitian ini menelaah persepsi guru Kristen terhadap upaya meningkatkan kompetensi mereka. Menggunakan metode analisis penjelasan dan fenomenologi-kualitatif, penelitian ini melibatkan pengumpulan literatur yang relevan dan analisis mendalam. Pelaksanaannya dimulai dengan menyusun instrumen wawancara semi-terstruktur untuk para guru Kristen sebagai informan utama. Data yang dikumpulkan berfokus pada strategi dan langkah-langkah yang dianggap paling efektif dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilan teknis mereka. Hasil penelitian menyoroti perlunya optimalisasi peran strategis pemerintah, sekolah, gereja, dan masyarakat dalam mendukung guru-guru Kristen. Selain itu, penelitian juga menegaskan pentingnya inisiatif individu bagi setiap guru dalam mengembangkan pengetahuan dan keterampilan teknis secara mandiri.

 


Keywords


Christian Religious Education; Technical Knowledge and Skills; Foundations for Christian Teachers; Pengetahuan dan Keterampilan Teknis; Fondasi bagi Guru

References


Ariyanti, Y. (2020). Keterampilan Manajerial Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru. AKSES: Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 14(1), 26–35. https://doi.org/10.31942/akses.v14i1.3265

Asbari, M., Hyun, C. C., Wijayanti, L. M., WINANTI, W., Fayzhall, M., & Putra, F. (2020). Hard Skills Dan Soft Skills: Apa Membangun Inovasi Guru Sekolah Islam? journal EVALUASI, 4(1), 143. https://doi.org/10.32478/evaluasi.v4i1.362

Asmani, J. M. (2011). Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: DIVA Press.

Azizah Indriyani, M. S. dan S. B. R. (2020). Pengaruh Diklat Kependidikan Dan Kesejahteraan Guru Terhadap Kualitas Guru Di Sekolah Dasar Negeri Di Kecamatan Jamblang Kabupaten Cirebon. Syntax Idea, 2(7), 176–193. https://doi.org/10.1016/j.fcr.2017.06.020

Creswell, J. W. (2013). Reserch Design, Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed (Ketiga). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Eduard, J. (2021). Persepsi Pendeta Jemaat tentang Urgensi Manajemen Program Pelayanan Gereja Lokal. Pneumatikos Jurnal Teologi Kependetaan, 11(2), 118–131.

Fatmawati, N., & Sholikin, A. (2019). Literasi digital, Mendidik Anak di Era Digital Bagi Orang Tua Milenial. Madani: jurnal politik dan sosial kemasyarakatan, 11(2), 119–138.

Ilyas, I. (2022). Strategi Peningkatan Kompetensi Profesional Guru. Jurnal Inovasi, Evaluasi dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 2(1), 34–40. https://doi.org/10.54371/jiepp.v2i1.158

Iskandar, U. (2013). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Kinerja Guru. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 10(1), 1018–1027. https://doi.org/10.26418/jvip.v10i1.2061

Jannes Eduard Sirait, P. M. (2022). Guru Profesional, Inspiratif, dan Menyenangkan. Yogyakarta: Andi Offset.

Marbun, J. (2016). Peranan Gereja Bagi Pendidikan Nasional. Jurnal Pendidikan Agama Kristen, I, 141–162.

Maulana, A. (2022). Pancasila Sebagai Budaya Bangsa Dalam Pendidikan Nasional, 1–6. Diambil dari https://thesiscommons.org/hcfvb/%0Ahttps://thesiscommons.org/hcfvb/download?format=pdf

Mulyasa, E. (2004). Manajemen Berbasis Sekolah, Konsep, Strategi dan Implementasi. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Munawir, M., Aisyah, A. N., & Rofi’ah, I. (2022). Peningkatan Kemampuan Guru Melalui Sertifikasi. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2), 324–329. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i2.360

Noer, S., & S.A.P, R. S. (2023). Kebijakan Pemerintah dalam Peningkatan Kualitas Mutu Guru Pendidikan Agama Islam; Analisis Sistematik Literatur Review. Tarbawi Ngabar: Jurnal of Education, 4(2), 165–195. https://doi.org/10.55380/tarbawi.v4i2.520

Novianti, Padang, S. L., Sambolangi, O., Panan, K., & Allo, A. B. (2016). Manajemen Pendidikan Dan Kepemimpinan Kristen Di Era Society 5.0. Jurnal Pendidikan dan Keguruan, 1(6), 513–529.

Raco, J. (2010). Metode penelitian kualitatif: jenis, karakteristik dan keunggulannya. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia. https://doi.org/10.31219/osf.io/mfzuj

Rahima, S., Ubadah, U., & Hasnah, S. (2023). Prosiding Kajian Islam dan integrasi ilmu di Era Socienty(KIIIES 5.0 ). Manajemen Pengendalian Mutu Disekolah Menengah Kejuruan (SMK), (July), 215–216. Diambil dari https://jurnal.uindatokarama.ac.id/index.php/kiiies50/issue/archive

Riska Oktafiana, Fathiyani, M. (2020). Analisis Kebijakan Kesejahteraan Guru Terhadap Peningkatan Kualitas Pendidikan. Jurnal Mappesona, 3(1), 26–31. https://doi.org/10.33474/basa.v3i1.19706

Sholeh, M. (2017). Keefektifan Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan, 1(1), 41. https://doi.org/10.26740/jdmp.v1n1.p41-54

Sirait, J. E. (2016). Pendidik Kristen Profesional, Inspiratif dan Menarik. REGULA FIDEI: Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 1(1), 33–62. Diambil dari http://christianeducation.id/e-journal/index.php/regulafidei/article/view/2

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D (19 ed.). Bandung: Alfabeta.

Wibowo, A. (2013). Pendidikan Karakter di Perguruan Tinggi Membangun Karakter Ideal mahasiswa di Perguruan Tinggi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.




DOI: https://doi.org/10.52220/sikip.v5i1.222

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



SIKIP telah terdaftar pada:


SIKIP: Jurnal Pendidikan Agama Kristen
Published: STT IKAT Jakarta
Website Institusi: https://sttikat.ac.id
Address: Jalan Rempoa Permai No. 2, Pesanggrahan, RT.4/RW.11, Bintaro, Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12330
e-ISSN:2721-1622

View My Stats

Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
Copyright © SIKIP: Jurnal Pendidikan Agama Kristen. All Rights Reserved.