Kajian Filosofis Pendidikan Agama Kristen dalam Kehidupan Orang Percaya di Era Posmodern

Lidia Marbun, Jan Romi Perdana Saragih

Abstract


Abstract

Christian religious education cannot be separated from philosophy, because after all the Bible, especially the New Testament, is influenced by philosophy. One of the great foundations of Christian religious education is the philosophical foundation. But there are significant differences between secular philosophy and Christian philosophy, namely regarding the philosophical basis to the practical. So, in understanding the principles and practice of Christian religious education, it is necessary to have a solid foundation in eroding secular philosophies that greatly affect the church and students so that it does not achieve the goals of Christian religious education being held because the philosophy that enters Christian religious education emphasizes the autonomy of the ratio compared to authority. Allah is the causality of everything. Philosophy is very systematic and critical in drawing conclusions, not infrequently eventually this rationality makes the Bible lose its place as the main source in explaining metaphysics, epistemology, and axiology which is replaced with logical thinking which often even contradicts the Scriptures. By using qualitative methods, the author examines the philosophical meaning of Christian Religious Education.

 

 

Abstrak

Pendidikan Agama Kristen tidak dapat dipisahkan dari filsafat, karena bagaimanapun Alkitab khususnya Perjanjian Baru dipengaruhi oleh filsafat. Salah satu landasan besar mengenai pendidikan agama Kristen adalah landasan filosofis. Tetapi ada perbedaan yang signifikan antara filsosofi sekuler dan filosofi Kristen, yaitu mengenai dasar filosofis hingga praktisnya. Maka dalam memahami prinsip dan praktis pendidikan agama Kristen, perlu fondasi yang kokoh dalam mengikis filosofi sekuler yang sangat mempengaruhi gereja dan peserta didik sehingga tidak mencapai tujuan dari pendidikan agama Kristen tersebut diselenggarakan, dikarenakan filsafat yang masuk kedalam pendidikan agama Kristen begitu menekanankan otonomi rasio dibandingkan otoritas Allah sebagai kausalitas segala sesuatunya. Filsafat sangat sistematis dan kritis dalam mengambil kesimpulan, tidak jarang akhirnya rasionalitas tersebut membuat Alkitab kehilangan tempat sebagai sumber utama dalam menjelaskan metafisika, epistemologi, maupun aksiologi yang digantikan dengan pemikiran logika yang bahkan kerapkali menentang Kitab Suci Alkitab. Dengan menggunakan metode kualitatif, penulis mengkaji pemaknaan filosofis Pendidikan Agama Kristen.

 

Keywords


believers; Christian education; philosophical meaning; makna filosofis; orang percaya; pendidikan kristiani

Full Text:

PDF

References


Arifianto, Yonatan Alex. “Pentingnya Pendidikan Kristen Dalam Membangun Kerohanian Keluarga Di Masa Pandemi Covid-19.” REGULA FIDEI: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 5, no. 2 (2020): 94–106.

Arifianto, Yonatan Alex, and Asih sumiwi Rachmani. “Peran Roh Kudus Dalam Menuntun Orang Percaya Kepada Seluruh Kebenaran Berdasarkan Yohanes 16 : 13.” Jurnal Diegesis 3, no. 1 (2020): 1–12.

Arthur, J Mac. Kitab Kepemimpinan 26 Karakter Pemimpin Sejati. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2009.

Bilo, Dyulius Thomas. “Korelasi Landasan Teologis Dan Filosofis Dalam Pengembangan Prinsip Dan Praksis Pendidikan Agama Kristen.” Phronesis Jurnal Teologi dan Misi 3, no. 1 (2020): 1–22.

Boiliu, Noh Ibrahim. “Filsafat Pendidikan Kristen” (2021): 16.

Braley, James; Layman, Jack; White, Ray. Foundation of Chritian School Education. Colorado: Purposeful Design, 2003.

Dister, Nico Syukur. Pengantar Filsafat. 1st ed. Jakarta: Kanisius, 1991.

Johnson, Rex. E. Fondasi Filosofis Pelayanan. Edited by Michael J Anthony. Malang: Gandum Mas, 2012.

Knienel, Paul A.l, Gibbs Ollie E. and Berry Sharom E. Philosophy of Christian School Education. Colorado: ACSI Publisher, 1982.

Kristanto, David, Daniel Runtuwene, Mozes Lawalata, and Herman Poroe. “Natural Theology and Its Relevance to Religious Pluralism in Indonesia.” Evangelikal: Jurnal Teologi Injili dan Pembinaan Warga Jemaat 6, no. 1 (2022): 1.

Manson, Charlotte. Home School Education,Home Education Series. Oxford: Scrivener, 1953.

Muslih, Mohammad, and . Haryanto. “Konsep Tuhan Nietzsche Dan Pengaruhnya Terhadap Pemikiran Liberal.” Kalimah 16, no. 2 (2018).

Nurgiansah, T. Heru. Filsafat Pendidikan. Jawa Tengah: CV. Pena Persada, 2020.

Pazmino, Robert W. Fondasi Pendidikan Kristen. Jakarta: BPK. Gunung Mulia, 2012.

Sarah, Siti. “Pandangan Filsafat Pragmatis John Dewey Dan Implikasinya Dalam Pendidikan Fisika.” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Fisika FITK UNSIQ 1, no. 1 (2018): 67–77.

Siahaan, Sardianto Markos. “Filsafat Pendidikan” (2019): 32.

Sianipar, Helen Melenia, and Wahyu Irawati. “Peran Guru Sebagai Teladan Dalam Upaya Pembentukan Karakter Siswa Berdasarkan Kajian Filsafat Aksiologi Kristen” 3, no. 1 (2022): 58–72.

Sidabutar, Hasudungan. “Filsafat Ilmu Pendidikan Agama Kristen Dan Praksisnya Bagi Agama Kristen Masa Kini.” PEADA’ : Jurnal Pendidikan Kristen 1, no. 2 (2020): 85–101.

Simanjuntak, Junihot. Filsafat Pendidikan Dan Pendidikan Kristen. Yogyakarta: ANDI, 2013.

Tety, Tety, and Soeparwata Wiraatmadja. “Prinsip-Prinsip Filsafat Pendidikan Kristen.” Evangelikal: Jurnal Teologi Injili dan Pembinaan Warga Jemaat (2017).

Til, Louis Berkhof dan Chornelius Van. Foundation of Christian Education. Terjemahan. Surabaya: Momentum, 2010.

Tong, Stephen. Iman, Rasio Dan Kebenaran. Jakarta: Isntitut Reform, 1996.

Tung, Khoe Yao. Filsafat Pendidikan Kristen. Yogyakarta: ANDI, 2013.

Zaluchu, Sonny Eli. “Strategi Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif Di Dalam Penelitian Agama.” Evangelikal: Jurnal Teologi Injili dan Pembinaan Warga Jemaat 4, no. 1 (2020): 28–38.

ALKITAB. 2012th ed. Jakarta: LEMBAGA ALKITAB INDONESIA, 1974.




DOI: https://doi.org/10.52220/sikip.v3i2.149

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



SIKIP telah terdaftar pada:


SIKIP: Jurnal Pendidikan Agama Kristen
Published: STT IKAT Jakarta
Website Institusi: https://sttikat.ac.id
Address: Jalan Rempoa Permai No. 2, Pesanggrahan, RT.4/RW.11, Bintaro, Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12330
e-ISSN:2721-1622

View My Stats

Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
Copyright © SIKIP: Jurnal Pendidikan Agama Kristen. All Rights Reserved.