Kolaborasi Sistem Among dengan Kompetensi Guru Pendidikan Agama Kristen

Nelci Oktavianti, Sutrisno Sutrisno, Bobby Kurnia Putrawan

Abstract


Education in Indonesia now requires competent teachers with the competencies they have. The competencies referred to here are paedagogic, personality, social, professional, and spiritual competencies. The five competencies must be carried out in an integrated manner by the PAK teacher. While the among system can encourage educators to be role models, motivators, and encouragement for students. In the among system, in which there is a philosophy, Ing Ngarsa Sun example, the Madya Mangun Karsa, and Tut Wuri Handayani. Collaborate the competence of PAK teachers with the system. This study was conducted using qualitative methods, through this study we can find out the collaboration between the system with the competence of teacher PAK. So by collaborating the competence of PAK teachers with the among System, teachers are expected to be role models, motivators, facilitators, and responsible for creating generations of believers, free-born, independent, disciplined, intelligent, skilled, and responsible for themselves, their families, and communities.

 

Abstrak

Pendidikan di Indonesia sekarang sangat memerlukan guru-guru yang kompeten dengan kompetensi yang dimilikinya. Kompetensi yang dimaksud disini adalah kompetensi paedagogik, kepribadian, social, professional dan spiritual. Kelima kompetensi harus dilakukan secara integrasi oleh guru PAK. Sedangkan sistem among dapat mendorong pendidik menjadi teladan, motivator dan pendorong bagi peserta didik. Dalam sistem among, yang di dalam terdapat falsafah, Ing Ngarsa Sun Tuladha, Ing Madya Mangun Karsa dan Tut Wuri Handayani. Mengkolaborasikan kompetensi guru PAK dengan sistem among. Penelitian ini di lakukan dengan menggunakan metode kualitatif, melalui penelitian ini kita dapat mengetahui kolaborasi sistem Among dengan kompetensi guru PAK. Sehingga dengan mengkolaborasikan kompetensi guru PAK dengan sistem among, guru diharapkan mampu menjadi panutan, motivator, fasilitator, dan bertanggung jawab dalam menciptakan generasi-generasi yang beriman, merdeka lahir batin, mandiri, displin, cerdas, terampil, dan bertanggung jawab atas dirinya, keluarga, dan masyarakat.


Keywords


among system; Christian religion education; teachers’ competence; kompetensi guru; pendidikan agama Kristen; sistem among

Full Text:

PDF

References


Andar, Gunawan Pasaribu. Kompetensi Guru Agama Kristen yang alkitabiah, Medan: CV. Mitra, 2015.

Astikas, Made dan Selvianty Sari Bunga. “Hubungan Kompetensi Sosial Guru Kristen Terhadap Perkembangan Karakter Siswa: Tantangan Pendidikan Kristen Dalam Mencerdaskan Youth Generation.” Jurnal Jaffray Vol.14, No.1 (April 2016): 64-76. http://dx.doi.org/10.25278/jj71.v14i1.189.

Daryanto. Standar Kompetensi Dan Penilaian Kinerja Guru Profesional, Yogyakarta: Gava Media, 2013.

Dewantara, Ki Hajar. Pendidikan. Jogjakarta. Madjlis Luhur Persatuan Taman Siswa, 1962.

Dewantara, Ki Hajar. Pendidikan. Jakarta: Majelis Luhur Taman Siswa, 1961.

Ester, L. Situmorang. Kompetensi Pedagogik Guru Pak Terhadap Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar, Jurnal Real Didache, Vol.3 No.2, tahun 2018.

Fattah Amal Iko Rusmana, Memerdekakan Siswa Melalui Pendidikan:

Konsepsi Pemikiran Pendidikan Ki Hadjar Dewantara (1889-1959), Jurnal Universitas Negeri Jakarta: 2016), hal.1-23

Haryati, M.SI, 2019. Pemikiran Pendidikan Ki Hadjar Dewantara: Studi Tentang Sistem Among dalam Proses Pendidikan. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.

Hamzah B. Uno, 2007. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar Yang Kreatif Dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara, 2007.

Homrighausen, E. G. dan Enklaar, I. H. Pendidikan Agama Kristen, Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2008.

Imelda, Indah Kusumastita, Implementasi Trilogi Pendidikan Ki Hajar Dewantara Untuk Tenaga Kependidikan Indonesia, Jurnal Reforma (Pendidikan & Pembelajaran), Vol.9 No.2 (2020): 103-111, https://doi.org/ 10.30736/rf.v9i2.318.

Masitoh, Siti, “Penerapan sistem Among Dalam Proses Pendidikan Suatu Upaya Mengembangkan Kompetensi Guru,” Jurnal Teknologi Pendidikan Vol.08 (2020): 122-141. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v8n1.

Nainggolan, John M. Guru Agama Kristen Sebagai Panggilan Dan Profesi, Bandung: Bina Media Informasi, 2010.

Nainggolan, John M. Pendidikan Berbasis Nilai-Nilai Kristiani, Bandung: Bina Media Indonesia, 2011.

Nelly, Indriyani. “Sistem Among Ki Hajar Dewantara Dalam Era Revolus Industri 4.0.” Prosiding Seminar Nasional Sejarah ke 4 Jurusan Pendidikan Sejarah Universitas Negeri Padang. 384-400. https://doi.org./10.31227/osf.io/ah7xf.

Samho, Bartolomeus dan Oscar Yasunari, “Konsep Pendidikan Ki Hadjar Dewantara Dan Tantangan- Tantangan Implementasinya Di Indonesia Dewasa Ini,” Research Report - Humanities and Social Science 1 (2009): 1-69. https://journal.unpar.ac.id/index.php/Sosial/article/view/19

Setiyowati, Ester Putri. Yonatan Alex Arifianto, Hubungan Kompetensi Pedagogik Guru dan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen, Jurnal Jurnal SIKIP, Vol.1 No.2 (2020): 78-95), DOI: https://doi.org/10.52220/sikip.v1i2.57.

Siadari, Coki. "Pengertian Spiritualitas Menurut Para Ahli." Kumpulan Pengertian, 1 Februari 2016. https://www.kumpulanpengertian.com/2016/02/pengertian-spiritualitas-menurut-para.html.

Simatupang, Evi Nuriyani. Pengaruh Kompetensi Spiritual Guru Pendidikan Agama Kristen Terhadap Pertumbuhan Iman Siswa, Jurnal Areopagus Vol.18, No.2, (2020), (hal. 170-182). https://doi.org/10.46965/ja.v18i2.344.

Suparlan, Henricus, “Filsafat Pendidikan Ki Hadjar Dewantara Dan Sumbangannya Bagi Pendidikan Indonesia,” Jurnal Filsafat 25 (2015): 57-74. https://doi.org/10.22146/jf.12614.

Sutrisno dan Christiani Hutabarat. “Orangtua Dan Teman Bermain Terhadap Perkembangan Sosial Anak” QUAERENS: Journal of Theology and Christianity Studies, Vol.1, No.1 (Juni 2019): 46-47. https://doi.org/10.46362/quaerens.v1i1.15.

Sutrisno, Dkk. “Penerapan Nilai Karakter Bagi Kaum Proletar Usia Remaja di Yayasan Kemah Kasih.” Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat Vol.3, No.2, (Desember 2021). https://doi.org/10.24036/abdi.v3i2.123.

Tong, Stephen. Arsitek Jiwa Momentum: Malang, 2006.

Wicaksono, Nurhadi. "Guru-Kasek Sulut Tangan 10 Siswa Hingga Melepuh Gegara Uang Rp 12 Ribu." detiknews 5 April 2021. https://news.detik.com/berita-jawa-timur/d-5521017/guru-kasek-sulut-tangan-10-siswa-hingga-melepuh-gegara-uang-rp-12-ribu, diakses, Jumat 07 Mei 2021.




DOI: https://doi.org/10.52220/sikip.v3i2.147

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



SIKIP telah terdaftar pada:


SIKIP: Jurnal Pendidikan Agama Kristen
Published: STT IKAT Jakarta
Website Institusi: https://sttikat.ac.id
Address: Jalan Rempoa Permai No. 2, Pesanggrahan, RT.4/RW.11, Bintaro, Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12330
e-ISSN:2721-1622

View My Stats

Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
Copyright © SIKIP: Jurnal Pendidikan Agama Kristen. All Rights Reserved.