Pendidikan Kristiani bagi Penyandang Disabilitas: Konstruksi Teologis Pendidikan Kristiani Humanis dan Inklusif dalam Pemenuhan Hak Pendidikan

Yonatan Alex Arifianto, Darius Darius

Abstract


It cannot be denied that the existence of people with disabilities often experiences discrimination in all areas, including in the world of education. People with disabilities should be part of human life and must be appreciated and respected. However, at the reality level, people with disabilities still often receive inhumane treatment and negative stigma. Using descriptive qualitative methods with a literature study approach, it can be concluded that Christian education can provide protection and freedom of rights, to receive equal rights in education for people with disabilities, as well as help the development of spirituality and Christian character for people with disabilities. So, Christian education must provide an understanding of the fulfillment of educational rights for everyone; this is a message about the nature of disability to be fought for. Furthermore, Christian education and educational equality are synergistic and cannot be separated. The construction of disability theology in Biblical dogmatics must optimize the church and Christian education in fulfilling the educational rights of disabilities.

 

Abstrak

Eksistensi penyandang disabilitas tidak dapat pungkiri sering mengalami diskriminasi di degala lini, termasuk dalam dunia pendidikan. Penyandang disabilitas seharusnya bagian dari kehidupan manusia yang harus dihargai dan dihormati. Namun pada tataran realita, para penyandang disabiltas masih sering mendapatkan perlakuan yang tidak manusiawi dan stigma negatif. Menggunakan metode kualitatif deskritif dengan pendekatan studi literature maka dapat disimpulkan bahwa di mana Pendidikan Kristen dapat memberikan perlindungan dan kebebasan hak, untuk menerima hak yang sama dalam pendidikan kepada para penyandang disabilitas, serta membantu perkembangan kerohanian dan karakter Kristen bagi penyandang disabilitas. Maka pendidikan Kristen harus memberikan pemahaman terhadap pemenuhan hak pendidikan kepada semua orang, hal itu menjadi pesan dari hakikat disabilitas untuk diperjuangkan. Selanjutnya pendidikan kristen dan kesetaraan pendidikan adalah sinergisitas dan integral yang tidak dapat dipisahkan. Karena kontruksi teologi disabilitas dalam dogmatika Alkitabiah haruslah dapat mengoptimalisasi gereja dan pendidikan Kristen dalam pemenuhan hak pendidikan disabilitas.

 

 

 

Keywords


Christian education; humanistic Christian education; educational rights; people with disabilities; hak pendidikan; pendidikan kristiani; pendidikan kristiani yang humanis; penyandang disabilitas

Full Text:

PDF

References


Afifah, Wiwik, and Syofyan Hadi. “Hak Pendidikan Penyandang Disabilitas Di Jawa Timur.” DiH: Jurnal Ilmu Hukum 14, no. 28 (2018): 85–101. https://doi.org/10.30996/dih.v0i0.1793.

Alboneh, Nasrun Karami. “Pendidikan Agama Kristen Pada Sekolah Luar Biasa Negeri Dikotaraja Provinsi Papua.” Al-Qalam 20, no. 3 (2014): 93–105.

Aquan, Hendra Michael, Ignatius Yulius Kristio Budiasmoro, Cecilia Paulina Sianipar, Bernardinus Agus Arswimba, Sang Condro Nugroho, Elizabeth Fenny Handayani, Thomas Aquino Hermawan Martanto, Hongki Julie, and others. Prosiding Seminar Nasional Sosial Dan Humaniora" Mengembangkan Kehidupan Berbangsa Yang Lebih Beradab". Sanata Dharma University Press, 2023.

Astutik, Juli, Tutik Sulistyowati, and Eka Meidianti. “Strategi Survival Perempuan Penyandang Disabilitas Sebagai Kepala Keluarga (Studi Pada Perempuan Penyandang Disabilitas Di Desa Kabuh, Kecamatan Kabuh, Kabupatan Jombang).” Jurnal Perempuan Dan Anak 2, no. 2 (2019): 35–46.

Chisale, Sinenhlanhla S. “Politics of the Body, Fear and Ubuntu: Proposing an African Women’s Theology of Disability.” HTS Teologiese Studies / Theological Studies 76, no. 3 (2020): 1–10. https://doi.org/10.4102/hts.v76i3.5871.

Frontina, Teza, Rosana Rida Budiarti, and Daniel Paskah Adi Adrian. “Masalah Perundungan Di Dalam Lingkup Pendidikan: Studi Kasus Terhadap Siswa Disabilitas.” PASCA : Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen, 2023. https://doi.org/10.46494/psc.v19i1.248.

Gosbell, Louise A. “Space, Place, and the Ordering of Materiality in Disability Theology: Locating Disability in the Resurrection and the Body of Christ.” Journal of Disability and Religion 26, no. 2 (2022): 149–61. https://doi.org/10.1080/23312521.2021.1976697.

GP, Harianto. Pendidikan Agama Kristen Dalam Alkitab Dan Dunia Pendidikan Masa Kini. Yokyakarta: Penerbit Andi, 2012.

Hakim, Lukman, Nurul Lailatul Khusniyah, and Pinton Setya Mustafa. “Sosialisasi Pendidikan Inklusif Dan Disabilitas Di Desa Bayan Kecamatan Bayan Kabupaten Lombok Utara.” Abdinesia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 3, no. 1 (2023): 44–49. https://unu-ntb.e-journal.id/abdinesia/article/view/332.

Hidayat, Udin Firman, and Imelda Butarbutar. “Pendidikan Agama Kristen Menurut Martin Luther Bagi Anak Yang Memiliki Orang Tua Penyandang Disabilitas Intelektual.” Jurnal Shanan 6, no. 2 (2022): 259–78.

Hidayatullah, A Nururrochman, and Pranowo Pranowo. “Membuka Ruang Asa Dan Kesejahteraan Bagi Penyandang Disabilitas.” Jurnal Penelitian Kesejahteraan Sosial 17, no. 2 (2018): 195–206.

International, Labour, and Organization. “Inklusi Penyandang Disabilitas Di Indonesia.” International Labour Organization (ILO), 2013. https://www.ilo.org/jakarta/whatwedo/publications/WCMS_233426/lang--en/index.htm.

Kim, Kirsteen. “Theology and Down Syndrome: Reimagining Disability in Late Modernity.” International Journal of Public Theology 5, no. 2 (2011): 252–53. https://doi.org/10.1163/156973211x562877.

Kristianto, Paulus Eko. “Pengintegrasian Gereja Semua Dan Bagi Semua Dalam Teologi Disabilitas Di Pelayanan Bagi Dan Bersama Penyandang Disabilitas.” DUNAMIS: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristiani 8, no. 1 (2023): 252–70.

Lawalata, Rosalina S. Disabilitas Sebagai Ruang Berteologi: Sebuah Sketsa Membangun Teologi Disabilitas Dalam Konteks GPIB. Yogyakarta: PT Kanisius, 2021.

Maisun, Dara, and Roma Ulinnuha. “Eksistensi Forum Bangun Aceh Dalam Mendampingi Livelihood Disabilitas.” TAJDID: Jurnal Ilmu Ushuluddin 21, no. 1 (2022): 81–107. https://doi.org/10.30631/tjd.v21i1.242.

Mallisa’, Ricky. “Pendidikan Agama Kristen Yang Terintegrasi Terhadap Pembentukan Karakter Dan Mental Penyandang Disabilitas.” PEADA’ : Jurnal Pendidikan Kristen, 2021. https://doi.org/10.34307/peada.v2i1.26.

Masinambow, Yornan. “Transformasi Pendidikan Kristen Dalam Konteks Kebangsaan Indonesia.” EDULEAD: Journal of Christian Education and Leadership, 2021. https://doi.org/10.47530/edulead.v2i1.59.

Masykur, Fuad & Ghofur, Abdul. “Pendidikan Penyandang Disabilitas Dalam Al-Qur’an.” Tarbawi 2, no. 2 (2019): 98–111.

Mauleky, Amus. “Manajemen Kurikulum Pendidikan Agama Kristen Dalam Gereja Bagi Disabilitas.” Jurnal Ilmiah Religiosity Entity Humanity (JIREH) 4, no. 1 (2022): 95–103. https://doi.org/10.37364/jireh.v4i1.90.

Miraji, Theodorus. “Pandangan Teologis Terhadap Kaum Disabilitas Dan Implementasinya Bagi Gereja Masa Kini.” SAGACITY: Journal of Theology and Christian Education 1, no. 2 (2021): 65–86.

Mozes, Natalia Zhaciko. “Hak Pendidikan Anak Penyandang Disabilitas Dalam Presfektif Hak Asasi Manusia.” Lex Et Societatis 8, no. 3 (2020): 72–81. https://doi.org/10.35796/les.v8i3.29504.

Nastiti, Aulia Dwi. “Identitas Kelompok Disabilitas Dalam Media Komunitas Online: Studi Mengenai Pembentukan Pesan Identitas Disabilitas Dalam Kartunet.Com.” Jurnal Komunikasi Indonesia 2, no. 1 (2017): 31–42. https://doi.org/10.7454/jki.v2i1.7828.

Nisa, Latifa Suhada. “Pemenuhan Kebutuhan Pendidikan Bagi Penyandang Disabilitas Di Kalimantan Selatan.” Jurnal Kebijakan Pembangunan 14, no. 1 (2019): 47–55.

Simon, John C. Dari Pengenalan Diri Menuju Majelis Sinode 80: Sebuah Eklesiologi Konstruktif GPIB. Yogyakarta: PT Kanisius, 2021.

Sutisna, Nia. “Peran Pendidikan Sepanjang Hayat Bagi Penyandang Disabilitas.” Jassi Anakku 10, no. 2 (2011): 206–11.

Talizaro Tafonao. “Peran Pendidikan Agama Kristen Dalam Keluarga Terhadap Perilaku Anak.” Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran 3, no. 2 (2018): 121–33.

Umrati, and Hengki Wijaya. Analisis Data Kualitatif Teori Konsep Dalam Penelitian Pendidikan. Sulawesi Selatan: Sekolah Tinggi Theologia Jaffray, 2020.

Wajdu, Fajar. “Pemenuhan Hak-Hak Kaum Difabel Dalam Kerangka Hak Azasi Manusia.” Palita: Journal of Social Religion Research 4, no. 2 (2019): 137–60. https://doi.org/10.24256/pal.v4i2.766.

Wenno, Vincent Kalvin, Molisca Ivana Patty, and Johanna Silvanna Talupun. “Memahami Karya Allah Melalui Penyandang Disabilitas Dengan Menggunakan Kritik Tanggapan Pembaca Terhadap Yohanes 9: 2-3.” EPIGRAPHE: Jurnal Teologi Dan Pelayanan Kristiani 4, no. 2 (2021): 141–53.

Widinarsih, Dini. “Penyandang Disabilitas Di Indonesia: Perkembangan Istilah Dan Definisi.” Jurnal Ilmu Kesejahteraan Sosial 20, no. 2 (2019): 127–42.




DOI: https://doi.org/10.52220/sikip.v5i2.279

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



SIKIP telah terdaftar pada:


SIKIP: Jurnal Pendidikan Agama Kristen
Published: STT IKAT Jakarta
Website Institusi: https://sttikat.ac.id
Address: Jalan Rempoa Permai No. 2, Pesanggrahan, RT.4/RW.11, Bintaro, Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12330
e-ISSN:2721-1622

View My Stats

Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
Copyright © SIKIP: Jurnal Pendidikan Agama Kristen. All Rights Reserved.