Modernisasi Profesionalisme Guru Agama Kristen di Era Revolusi Sistem Informasi dan Teknologi Komunikasi
Abstract
This study aims to find a strategy for modernizing the expertise of Christian faith teachers in the era of the information and communication technology system revolution and applying a qualitative approach based on literature analysis from relevant journals, books, magazines, and the internet. The study focuses on integrating technology in Christian religious education, which includes modernizing or improving teachers' technical skills, adapting the curriculum, and implementing innovative teaching methods. The study's results indicate that modernizing professionalism can be achieved through continuous training, self-study, and working together or collaborating with colleagues and other communities. However, this development process faces various challenges, both from within and outside. Therefore, support is needed from educational institutions, the government, and related communities. Thus, several things need to be done, including improving technological skills, updating the curriculum and teaching materials, innovative pedagogical approaches, continuing education and professional development, implementing ethical guidelines, needing synergy or collaboration and community support, and conducting periodic monitoring and evaluation. The researcher recommends conducting further studies, namely exploring modernization strategies from different perspectives.
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menemukan strategi modernisasi keahlian pengajar iman Kristen di masa revolusi sisten informasi dan teknologi komunikasi. Mengaplikasikan pendekatan kualitatif dengan dasar analisis pustaka dari jurnal, buku, majalah dan internet yang relevan. Fokus penelitian adalah pada integrasi teknologi dalam pendidikan agama Kristen, yang mencakup modernisasi atau peningkatan keterampilan teknis guru, adaptasi kurikulum dan penerapan metode pengajaran yang inovatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modernisasi profesionalisme dapat ditempuh melalui pelatihan berkelanjutan, belajar sendiri dan bekerjasama atau berkolaborasi dengan sejawat dan komunitas lainnya. Namun, proses pengembangan ini dihadapkan pada beragam tantangan, baik dari dalam maupun dari luar. Maka, diperlukan dukungan dari lembaga pendidikan, pemerintah dan komunitas terkait. Maka, terdapat sejumlah hal yang perlu dilakukan, antara lain: peningkatan keterampilan teknologi, pembaharuan kurikulum dan materi ajar, pendekatan pedagogis yang inovatif, pendidikan berkelanjutan dan pengembangan profesional, penerapan pedoman etis, perlu sinergi atau kolaborasi dan dukungan komunitas, melakukan pemantauan dan evaluasi berkala. Peneliti merekomendasikan untuk melakukan studi lanjutan, yaitu mengeksplorasi strategi modernisasi dari perspektif yang berbeda.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Butarbutar, A B. “Urgensi Etika Pelayanan Dan Komitmen Hamba Tuhan Di Era Digital Menurut 2 Timotius 4: 1-8.” Jurnal Katharos: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Teologi 2, no. 2 (2024): 181–195.
Cecep Kustandi & Daddy, Darmawan. Pengembangan Media Pebelajaran. Jakarta: Kencana, 2020.
Damiati, dkk. Perilaku Konsumen. Depok: RajaGrafindo Persada, 2017.
Danim, H. Sudarwan. Profesionalisasi Dan Etika Profesi Guru. Bandung: Alfabeta, 2020.
Darmaningtyas, Ki. Pendidikan Rusak-Rusakan. Yogyakarta: Buku Bijak, 2022.
Darmawan, Ishak Abdulhak dan Deni. Teknologi Pendidikan. Bandung: Rosdakarya, 2017.
Ekawarna, H. Manajemen Konflik Dan Stres. Jakarta: Bumi Aksara, 2018.
Faisal, Muhammad. “Manajemen Pendidikan Moderasi Beragama Di Era Digital.” Journal of International Conference On Religion, Humanity and Development (2020): 195–202.
Fitriyani, Mega dan Prahastuti, Nurul Fajriyah. Personal Branding Format Baru. Yogyakarta: Laksana, 2020.
Groome, Thomas H. Pendidikan Agama Kristen. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2022.
Hardani, Dkk. Metode Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Ilmu, 2020.
Haryatmoko. Etika Politik Dan Kekuasaan. Jakarta: Kompas, 2023.
Hasan, M. Hadri. “Modernisasi Pendidikan Agama Islam Di Era Society 5.0.” At-Ta’lim: Jurnal Pendidikan Agama Islam 6, no. April (2024): 45–56.
Hope S. Antoni. Pendidikan Kristiani Kontekstual. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2010.
Idi, H. Abdullah. Sosiologi Pendidikan Individu, Masyarakat, Dan Pendidikan. Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2020.
Jannes Eduard Sirait, Purim Marbun, Johni Hardori. “Pengetahuan Dan Keterampilan Teknis Sebagai Fondasi Bagi Guru Kristen: Studi Kasus Di Desa Parbotihan.” Jurnal Pendidikan Agama Kristen 5, no. 1 (2024): 12–25.
Jannes Eduard Sirait. “Optimalisasi Kualitas Pengelolaan Sekolah Kristen Berbasis Manajemen Mutu.” Jurnal Katharos : Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Teologi Vol 2 No. 1 Januari 2024 2, no. 1 (2024): 121–136.
Jannes Eduard Sirait dan Purim Marbun. Guru Profesional, Inspiratif, Dan Menyenangkan. Yogyakarta: Andi Offset, 2022.
Johnson, LouAnne. Pengajaran Yang Kreatif Dan Menarik. Jakarta: Indeks, 2008.
Karlau, Sensius Amon. “Revolusi Dan Inovasi Model Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Yang Efektif Dalam Perspektif Paulo Freire.” Luxnos 8, no. 1 (2022).
Latif, Yudi. Pendidikan Yang Berkebudayaan Histori, Konsepsi, Dan Aktualisasi Pendidikan Transformatif. Jakarta: Gramedia, 2021.
Nababan, Andrianus, and Warseto Freddy Sihombing. “Hubungan Integritas Guru PAK Dalam Melaksanakan Tugas Dan Tanggungjawab Terhadap Motivasi Belajar Siswa.” Jurnal Christian Humaniora 5, no. 1 (2021): 116–124.
Novi, Yona Sidratul Munti, and Asril Syaifuddin dan Dwi. “Analisa Dampak Perkembangan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Bidang Pendidikan.” Jurnal Pendidikan Tambusai 4, no. 2 (2020): 1799–1805.
Pujiono, Andrias. “Profesionalitas Guru Pendidikan Agama Kristen Di Era Society 5.0.” Skenoo : Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen 1, no. 2 (2021): 78–89.
Raharjo, Farco Siswiyanto. Personal Branding. Yogyakarta: Quadrant, 2020.
Rangkuti, Freddy. Teknik Membedah Kasus Bisnis Analisis SWOT Cara Perhitungan Bobot, Rating, Dan OCAI. Jakarta: Kompas, 2020.
Rusydie, Salman. Kembangkan Dirimu Jadi Guru Multitalenta. Yogyakarta: Diva Press, 2022.
Sanjaya, Wina. Kurikulum Dan Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media, 2020.
Sinamo, Jansen. 8 Etos Kerja Profesional. Jakarta: Malta Printindo, 2008.
Sirait, Jannes Eduard. “Meningkatkan Kreativitas Pembelajaran Bagi Guru Agama Kristen Di Indonesia.” DIDAKTIKOS: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 4, no. 2 (2021).
———. “Meningkatkan Produktivitas Kerja Guru Agama Kristen Di Indonesia.” SIKIP: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 3, no. 1 (2022): 43–58.
———. “Pendidik Kristen Profesional, Inspiratif Dan Menarik.” REGULA FIDEI: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 1, no. 1 (2016): 33–62.
Sunarsihanto, Pambudi. Berubah Atau Punah Betransformasi Di Tengah Disrupsi. Jakarta: Kompas, 2022.
Tung, Yao Khoe. Filsafat Pendidikan Kristen. Yogyakarta: Andi Offset, 2013.
Usman, Moh Uzer. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Rosdakarya., 2020.
Wahyaningsih, Sri. Oase Pendidikan Di Indonesia Kisah Inspiratif Para Pendidik. Jakarta: Tanoto Foundation, 2018.
Wijadno, Serian. Pengelolaan Perguruan Tinggi Secara Efisien, Efektif, Dan Ekomonis Untuk Meningkatkan Mutu Penyelenggaraan Pendidikan Dan Mutu Lulusan. Jakarta: Salemba Empat, 2018.
Yamin, Martinis. Paradigma Pendidikan Konstruktivistik. Jakarta: Gaung Persada Press, 2022.
Yaumi, Muhammad. Media & Teknologi Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media, 2019.
Zakarias Manambe. “Tantangan Pendidikan Agama Kristen Bagi Anak Di Era Digital.” Omicron (Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen 2, no. 1 (2024).
DOI: https://doi.org/10.52220/sikip.v5i2.278
Refbacks
- There are currently no refbacks.
SIKIP telah terdaftar pada:
SIKIP: Jurnal Pendidikan Agama Kristen
Published: STT IKAT Jakarta
Website Institusi: https://sttikat.ac.id
Address: Jalan Rempoa Permai No. 2, Pesanggrahan, RT.4/RW.11, Bintaro, Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12330
e-ISSN:2721-1622
Copyright © SIKIP: Jurnal Pendidikan Agama Kristen. All Rights Reserved.