Strategi Pendidikan Agama Kristen Menghadapi Fenomena Bonus Demografi

Ade Epatry Nenomataus

Abstract


The demographic bonus is an opportunity or chance lived by every country that occurs only once. This study aims to determine how the strategy of Christian religious education faces the demographic bonus phenomenon. The problems found here are the rapidly increasing unemployment rate, the absence of a balance of human resource qualifications, and the low quality of human resources. The research method used in this research is a descriptive qualitative approach with library study research methods such as books, national journals indexed by Sinta, international journals, and websites. This research results in how Christian religious education prepares quality Christian young generation resources through Christian religious education in the family as a foundation for character, emotional intelligence, creativity, and basic skills for children. Christian religious education can strengthen children's early education both formally and informally to create superior human beings so they can compete in the labor market in the demographic era.

 

 

Abstrak

Bonus demografi merupakan suatu peluang atau kesempatan yang dijalani oleh setiap negara yang terjadi hanya satu kali. Tujuan penelitian ini adalah bagaimana stretegi pendidikan agama Kristen dalam menghadapi fenomena bonus demografi. Masalah yang ditemukan disini adalah meningkatnya angka pengangguran yang semakin pesat, tidak adanya keseimbangan kualifikasi sumber daya manusia, serta rendahnya kualitas sumber daya manusia. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode penelitian studi kepustakaaan seperti, buku-buku, jurnal nasional terindeks sinta, jurnal internasional dan website. Hasil penelitian ini adalah bagaimana pendidikan agama Kristen mempersiapkan sumber daya generasi muda Kristen yang berkualitas, melalui pendidikan agama Kristen dalam keluarga sebagai suatu landasan karakter, kecerdasan emosional, kreativitas serta keterampilan dasar bagi anak. Melalui pendidikan agama Kristen dapat memperkokoh pendidikan anak sejak dini baik secra formal dan informal agar dapat menciptakan manusia yang unggul, sehingga mampu bersaing dalam pasar kerja di era demografi.

 


Keywords


Christian religious education; demographic bonus; excellent people; bonus demografi; manusia yang unggul; pendidikan agama Kristen

Full Text:

PDF

References


Anggito Albi, johan Setiawan. Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi: CV Jejak, 2018.

Bonde, Imbran Batelemba. “Kembali Ke Akar: Pendidikan Kristen Dalam Menghadapi Isu Perubahan Iklim, Perang, Dan Keterbatasan Akses Pendidikan.” EDULEAD: Journal of Christian Education and Leadership 1, no. 2 (2020): 196–213.

Brek Yohan. Pendidikan Agama Kristen Sebagai Misi Gereja. Palu: Feniks Muda Sejahtera, 2022.

Esther Rela Intarti. “Peran Guru Pendidikan Agama Kristen Sebagai Motivator.” Jurnal Pendidikan Agama Kristen. REGULA FIDEI 4, no. 1 (2021): 36–46.

Fair Egsa 2014. Gagasan Mahasiswa Untuk Menjawab Jendella Kesempatan Bonus Demografi. Yogyakarta: Deepublish, 2015.

Frans Paillin Rumbi. “Veritas Lux Mea.” Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen 1, no. 2 (2019): 53–64.

Goleman, Daniel. Emotional Intelligence Kecerdasan Emosional. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 1997.

Harmadi B. Harry Sonnny/Riant Nugroho. Population Policy. Jakarta: PT Elex Media KomputindoKelompok Gramedia, 2020.

Industri, Revolusi, D A N Pasca, Mark Phillips Eliasaputra, Martina Novalina, and Ruth Judica Siahaan. “Tantangan Pendidikan Agama Kristen Di Era.” BONAFIDE: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen 1, no. 1 (2020): 1–22.

Japar Muhammad, Zulela MS, Sofyan Mustoip. Implementasi Pendidikan Karakter. Surabaya: CV. Jakad Publishing, 2018.

Louis, B., & Cornelius, V. T. Foundations of Christian Education. Jakarta: Momentum, 2018.

Mardiharto, Mardiharto. “Pembangunan Sumber Daya Manusia Melalui Bidang Pendidikan Agama Kristen.” PASCA : Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen 15, no. 2 (2019): 28–32.

Mawikere, Marde Christian Stenly. “Book Review: Desain Pendidikan Karakter: Konsepsi Dan Aplikasinya Dalam Lembaga Pendidikan.” EDULEAD: Journal of Christian Education and Leadership 1, no. 2 (2020): 232–236.

Nicholas, W. P. Mendidik Untuk Kehidupan Educating For Life. Jakarta: Momentum, 2014.

Nuhamara, D. “Pembimbing PAK Pendidikan Agama Kristen.” Jurnal Info Media. (2007).

Nuñez, Anne Marie, and Elizabeth Murakami-Ramalho. The Demographic Dividend. Academe. Vol. 98, 2012.

Prabowo, Wisnu. “Peran Elkana Dan Hana Terhadap Masa Kecil Samuel : Tahap Awal.” EDULEAD: journal of Christian Education and Leadership 1, no. Ed 2 Desember (2020): 162–179.

Richard, E. J. Hakikat Pendidikan Kristen. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2015.

Santoso, Sugeng, Yohana Natassha, Yehuda Indra Gunawan, and Esther Natasaputera. “Peran Gereja Sebagai Penjaga Umat Dalam Menghadapi Bonus Demografi Di Indonesia: Refleksi Teologis Yehezkiel 3:16.” THRONOS: Jurnal Teologi Kristen 3, no. 1 (2021): 1–2.

Savitri Astrid. BONUS DEMOGRAFI 2030 Menjawab Tantangan Serta Peluang Edukasi 4.0 Dan Refolusi Bisnis 5.0. Semarang: Genesis, 2019.

Tek Kolonel, Hikmat Zakky Almubaroq. Reformasi Pendidikan Di Perguruan Tinggi Menyongsong Indonesia Emas 2045. Bandung: Indonesia Emas Grup, 2022.

Thomas, G. H. Christian Religious Education Pendidikan Agama Kristen. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2011.

Wiryadinata, Halim. “A Shifting Capital of Religious Education in the Digitalization Era.” Jurnal Ilmiah Religiosity Entity Humanity (JIREH) 5, no. 2 (2023): 140–154.

———. “Philosophy of Nemui Nyimah as an Indonesian Pedagogic Value of Theology for Disability.” KURIOS (Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen) 9, no. 3 (2023): 597–611.

———. “Religious Education and Vaccination: The Concept of Halal, From the Slippery Road to Herd Immunity.” PASCA : Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen 19, no. 2 (2024): 141–150.

———. “Religious Human Resources Management: Perichoresis to Manage or to Be Managed?” Khazanah Theologia 2, no. 2 (August 29, 2020): 103–110.

Wiryadinata, Halim, Suwarto Adi, Christar Arstilo Rumbay, and Joseph Winston Napoleon Pathmanathan. “Religion and Management: Redefining God’s Kingdom Management for Human Resources Post COVID-19.” Religious: Jurnal Studi Agama-Agama dan Lintas Budaya 6, no. 3 (2022): 283–292.




DOI: https://doi.org/10.52220/sikip.v5i1.225

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



SIKIP telah terdaftar pada:


SIKIP: Jurnal Pendidikan Agama Kristen
Published: STT IKAT Jakarta
Website Institusi: https://sttikat.ac.id
Address: Jalan Rempoa Permai No. 2, Pesanggrahan, RT.4/RW.11, Bintaro, Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12330
e-ISSN:2721-1622

View My Stats

Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
Copyright © SIKIP: Jurnal Pendidikan Agama Kristen. All Rights Reserved.