Pendidikan Kristiani Intergenerasional sebagai Upaya Mewariskan Iman pada Generasi Selanjutnya

Giarti Nugraeni

Abstract


The life of faith is acquired through inheritance from previous generations to later generations. The inheritance of faith will be realized in the relationship between generations. Given that each generation has its characteristics, intergenerational relationships will be connected (inter) between generations. This research confirms that intergenerational Christian education is an important tool for the inheritance of faith in the next generation. In this research, the author uses habitus theory by using the literature study method. The result is understanding intergenerational Christian education as a vital means to pass on faith to the next generation. Based on this study, intergenerational faith education is recommended as a contextualized model of Christian education.

 

Abstrak

Kehidupan beriman didapat melalui pewarisan dari generasi terdahulu terhadap generasi kemudian. Pewarisan iman akan terwujud di dalam relasi antar generasi. Mengingat setiap generasi memiliki karakteristiknya masing-masing, relasi antar generasi akan terhubung di dengan saling (inter) antar generasi. Penelitian ini menegaskan bahwa pendidikan kristiani intergenerasional merupakan sebuah sarana yang penting bagi pewarisan iman pada generasi selanjutnya. Dalam penelitian ini penulis menggunakan teori habitus dengan menggunakan metode studi pustaka. Hasil yang dicapai adalah pemahaman tentang pendidikan kristiani intergenerasional merupakan sarana yang kuat untuk mewariskan iman pada generasi selanjutnya. Berangkat dari kajian itu, pendidikan iman intergenerasional direkomendasikan untuk menjadi model pendidikan kristiani yang kontekstual.

 


Keywords


Christian education; faith legacy; habitus theory; intergenerational education; pendidikan kristiani; pendidikan intergenerasional; teori habitus; warisan iman

Full Text:

PDF

References


Agata, Bulanda, Mariani Barus, and Yonatan Alex Arifianto. “pendidikan kristiani Membangun Nilai Spiritualitas Remaja Kristen.” SIKIP: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 3, no. 2 (2022): 115–28. https://doi.org/10.52220/sikip.v3i2.150.

Ammerman, Nancy Tatom. “Studying Lived Religion: Contexts and Practices.” In Studying Lived Religion. New York University Press, 2021.

Arifianto, Yonatan Alex. “Pentingnya Pendidikan Kristen Dalam Membangun Kerohanian Keluarga Di Masa Pandemi Covid-19.” REGULA FIDEI: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 5, no. 2 (2020): 94–106. http://christianeducation.id/e-journal/index.php/regulafidei/article/view/52.

Christiani, T. K. pendidikan kristiani Intergenerasional. Dalam W. S. Nugroho, Pembangunan Jemaat Intergenerasional. Yogyakarta: aman Pustaka Kristen Indonesia., 2022.

Goodman, G. R. Teori Sosiologi Modern. Yogyakarta: Kreasi Wacana., 2017.

Hale, Merensiana. “Moderasi Beragama Dalam pendidikan kristiani Bagi Generasi Alpha.” Jurnal Teruna Bhakti 5, no. 1 (2022): 1–13.

———. “pendidikan kristiani Intergenerasi Sebagai Upaya Memulihkan Kehidupan Bergereja.” EPIGRAPHE: Jurnal Teologi Dan Pelayanan Kristiani 5, no. 2 (2021): 284–94.

Haryatmoko. Membongkar Rezim Kepastian. Yogyakarta: Kanisius, 2016.

Holly Catterton Allen, Christine Lawton, and Cory L. Seibel. Intergenerational Christian Formation Bringing the Whole Church Together in Ministry, Community, and Worship. Downers Grove: InterVarsity Press, 2023.

Irawan, Handi, and Cemara A. Putra. “Gereja Sudah Tidak Menarik Bagi Kaum Muda,” 2020. https://www.bilanganresearch.com/artikel/gereja-sudah-tidak-menarik.

Johnson, Randal. “Pengantar Pierre Bourdieu Tentang Seni, Sastra Dan Budaya.” Arena Produksi Kultural: Sebuah Kajian Sosiologi Budaya, Trans. Yudi Santosa, Ed 3 (2010).

Keriapy, Frets. “pendidikan kristiani Transformatif Berbasis Multikultural Dalam Konteks Indonesia.” Regula Fidei: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 5, no. 2 (2020): 82–93.

Kinnaman, David, and Denny Pranolo. “You Lost Me: Mengapa Orang Kristen Muda Meninggalkan Gereja Dan Memikirkan Ulang Tentang Iman Mereka.” Edited by James Yanuar. Bandung: PT. Visi Anugerah Indonesia, 2012.

Lindawati, Chong. “Pengembangan Spiritualitas Melalui Berbagi Pengalaman Di Dalam Komunitas Intergenerasional.” SOLA GRATIA: Jurnal Teologi Biblika Dan Praktika 3, no. 2 (2023): 106–27. http://dx.doi.org/10.47596/sg.v3i2.194.

Miyarso, Estu. “Kultur Keluarga Dan Kemampuan Berbahasa Anak.” Dinamika Pendidikan 22, no. 2 (2017): 98–111.

Nugroho, W. S. “Pembangunan Jemaat Apresiatif.” In Dalam W. S. Nugroho, Pembangunan Jemaat Intergenerasional. Yogyakarta: Taman Pustaka Kristen Indonesia., 2022.

Pitay, Okris, and Yonatan Alex Arifianto. “Peran Gereja Terhadap Pendidikan Seksualitas Pada Remaja Kristen.” MANTHANO: Jurnal Pendidikan Kristen 1, no. 1 (2022): 1–11. https://doi.org/10.55967/manthano.v1i1.2.

Purnomo, A. Pejuang, Pemenang, Dan Pecundang Hitam Putih Manusia Dalam Alkitab. Kanisius. Yogyakarta: Kanisius, 2016.

Ritzer, George. Teori Sosiologi Modern. Yogyakarta: Kencana Prenada, 2004.

Santoso, Slamet. “Tinjauan Kritis Terhadap Pendidikan Agama Multikultural Barbara Wilkerson.” Jurnal Abdiel: Khazanah Pemikiran Teologi, Pendidikan Agama Kristen Dan Musik Gereja 2, no. 2 (2018): 56–71.

Sasmita, M. A. Gereja Intergenerasional: Mendekatkan Yang Jauh, Merekatkan Yang Dekat Dalam WS Saptonugroho,Pembangunan Jemaat Intergenerasional. Yogyakarta: Taman Pustaka Kristen Indonesia., 2022.

Siregar, Mangihut. “Teori ‘Gado-Gado’ Pierre-Felix Bourdieu.” Jurnal Studi Kultural 1, no. 2 (2016): 84–87.

Sueca, I Nyoman, and Ketut Nuasa. Habitus Religius: Sekolah Sebagai Dasar Pembentukan Karakter. Edited by Ahmad Jauhari. Yogjakarta: jivaloka-publishing, 2021.

Swartz, David L. Symbolic Power, Politics, and Intellectuals: The Political Sociology of Pierre Bourdieu. University of Chicago Press, 2013.

Wowor, Jeniffer Pelupessy. “Partisipasi pendidikan kristiani Di Ruang Publik Dalam Menunjang Deradikalisasi.” Kurios 7, no. 1 (2021): 108–18. https://doi.org/10.30995/kur.v7i1.221.

Zed, M. Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia., 2014.




DOI: https://doi.org/10.52220/sikip.v5i1.188

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



SIKIP telah terdaftar pada:


SIKIP: Jurnal Pendidikan Agama Kristen
Published: STT IKAT Jakarta
Website Institusi: https://sttikat.ac.id
Address: Jalan Rempoa Permai No. 2, Pesanggrahan, RT.4/RW.11, Bintaro, Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12330
e-ISSN:2721-1622

View My Stats

Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
Copyright © SIKIP: Jurnal Pendidikan Agama Kristen. All Rights Reserved.