Analisis Teologis tentang Keteladanan dalam Pelayanan Berdasarkan Pembacaan Yohanes 13:1-30

Pieter Anggiat Napitupulu, Krisnawaty Gulo

Abstract


Service is essential in actualizing God's salvation and how God's people obey Biblical teachings. John 13:1-30 contains a very valuable narrative in this context so that believers can be role models in service. This article aims to conduct a theological analysis of examples in ministry, as found in the passage John 13:1-30. Using a descriptive qualitative method with a literature study approach, it can be concluded that the example of service given by Jesus Christ to His disciples brings deep insight into how exemplary service in the Christian context can guide people to follow in Jesus' footsteps in serving others. The first example is the actualization of Christian life, where example plays a strong role in building ministry, and of course, that service also has an impact. From the results of the theological analysis of John 13: 1-30 regarding the meaning of example, we find the value of example in love (verse 1), example in readiness to serve (verse 4), and also example in humility (verse 5). God's servants can actualize all of this by example, which becomes the driving force for building a ministry that will be a blessing.

  

Abstrak

Pelayanan merupakan aspek penting dalam mengaktualisasi keselamatan yang diberikan Tuhan dan juga cara umat Tuhan mentaati pengajaran Alkitabiah, dan Yohanes 13:1-30 memuat narasi yang sangat berharga dalam konteks ini supaya orang percaya dapat menjadi telada dalam pelayanan. Tulisan ini bertujuan untuk melakukan analisis teologis terhadap teladan dalam pelayanan, sebagaimana yang ditemukan dalam perikop Yohanes 13:1-30.  Menggunkan metode kualitatif deskritif dengan pendekatan studi pustaka. Maka dapat disimpulkan bahwa teladan dalam pelayanan yang diberikan oleh Yesus Kristus kepada para murid-Nya membawa  wawasan yang mendalam tentang bagaimana teladan pelayanan dalam konteks kekristenan untuk dapat menjadi panduan bagi umat untuk mengikuti jejak Yesus dalam melayani sesama.  Yang pertama bahwa keteladan sebagai aktualisasi kehidupan Kristen dimana keteladanan menjadi peran yang kuat untuk membangun pelayanan dan tentunya   bahwa pelayanan juga memiliki dampaknya. Dari hasil analisis teologis Yohanes 13: 1-30 terhadap makna teladan didapatkan nilai teladan dalam kasih (ayat 1), teladan dalam kesiapan melayani (ayat 4), dan juga teladan dalam kerendahan hati (ayat 5). Semuanya itu dapat diaktualisasi pelayan Tuhan dalam keteladanan yang menjadi penggerak untuk membangun pelayanan yang menjadi berkat.


Full Text:

PDF

References


Arifianto, Yonatan Alex. “Makna Sosio-Teologis Melayani Menurut Roma 12 : 7.” JIREH, Jurnal Ilmiah Religiosity Entity Humanity 2, no. 2 (2020): 184–97. https://doi.org/10.37364/jireh.v2i2.43.

Arifianto, Yonatan Alex, and Priyantori Widodo. “Studi Biblikal Konsep Pelayan Kristen Berdasarkan 2 Timotius 1 : 3 -18.” Alucio Dei 5, no. 2 (2022): 89–106. https://doi.org/10.55962/aluciodei.v5i2.25.

Arthur W. Pink. Tafsiran Injil Yohanes. Yogyakarta: BPK Gunung Mulia, 2010.

Buulolo, Fauduzanolo, Gusmayeni Telaumbanua, Riska Fitriani, and David Eko Setiawan. “Spiritualitas Gembala Sidang Dan Implikasinya Bagi Keteladanan Pembinaan Warga Gereja.” CARAKA: Jurnal Teologi Biblika Dan Praktika 2, no. 2 (2021): 161–74. https://doi.org/10.46348/car.v2i2.59.

Elkana, Samuel. “Pengabdian Kepada Allah Dan Mamon Dalam Kekristenan Menurut Matius 6:19-24.” Redominate: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristiani 2, no. 1 (2021): 52–65.

Gea, Ibelala. “Kepemimpinan Yesus Teladan Pemimpin Masa Kini.” Voice of Wesley: Jurnal Ilmiah Musik Dan Agama 3, no. 2 (2020): 29–40. https://doi.org/10.36972/jvow.v3i2.52.

Hertanto, A S, C E Anjaya, and Y A Arifianto. “Kehambaan Kristus Sebagai Model Spirtulitas Kepemimpinan Gereja: Kajian Teologis Filipi 2: 5-8.” Jurnal Teologi Gracia Deo 3, no. 2 (2021): 131–40.

Hutahaean, Wendy Sepmady. “Kepemimpinan Transformasional Dalam Pembentukan Provinsi Kepulauan Mentawai.” KINAA: Jurnal Kepemimpinan Kristen Dan Pemberdayaan Jemaat 2, no. 1 (2021): 43–56. https://doi.org/10.34307/kinaa.v2i1.25.

Matthew, Hendri. Tafsiran Injil Yohanes. Surabaya: Momentum, 2010.

Nelly, and Lican Gultom. “Menerapkan Keteladanan Yesus Sebagai Guru Berdasarkan Injil Lukas Bagi Guru SMA Kristen Adhi Wiyata Jember.” PEADA’ : Jurnal Pendidikan Kristen 1, no. 1 (2020): 59–71. https://doi.org/10.34307/peada.v1i1.12.

Nicolas, Djone Georges. “Analisis Model Pelayanan Jemaat Mula-Mula Berdasarkan Kisah Para Rasul: Suatu Teladan Bagi Gereja Masa Kini.” Formosa Journal of Multidisciplinary Research 1, no. 3 (2022): 521–32. https://doi.org/10.55927/fjmr.v1i3.725.

Rita, and Vinus Zai. “Kajian Teologis Pelayanan Tuhan Yesus Berdasarkan Matius 4: 23-25 Dan Implementasinya Bagi Pelayanan Guru PAK Dalam Memberitakan Injil Kepada Siswa SD.” Filadelfia: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen 3, no. 1 (2022): 264–84.

Rumahorbo, Herlince. “Keteladanan Tanggung Jawab Yesus Sebagai Gembala Menjadi Dasar Pelayanan Hamba Tuhan Masa Kini.” Phronesis: Jurnal Teologi Dan Misi 3, no. 2 (2020): 130–46. https://doi.org/10.47457/phr.v3i2.68.

Rupa, Calvin Sholla. “Ciri Khas Seorang Gembala Berdasarkan Perspektif 1 Petrus 5: 1-4.” Jurnal Jaffray 14, no. 2 (2016): 165–88.

Saputra, Tjendanawangi, and Serdianus Serdianus. “Pelayanan Yesus Sebagai Teladan Kepemimpinan Transformatif Pendidikan Agama Kristen.” BONAFIDE: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen 3, no. 2 (2022): 252–73. https://doi.org/10.46558/bonafide.v3i2.125.

Simorangkir, Sri Lina Betty Lamsihar, and Yonatan Alex Arifianto. “Makna Hidup Adalah Kristus Berdasarkan Filipi 1: 21 Dan Implikasinya Bagi Orang Percaya.” CARAKA: Jurnal Teologi Biblika Dan Praktika 1, no. 2 (2020): 228–42.

Situmorang, Solida. “Integritas Mengajar Guru Pendidikan Agama Kristen.” Jurnal Kerusso 1, no. 1 (2018): 32–48. https://ejournal.sttoi.ac.id/index.php/kerusso1/article/view/16.

Suhadi, Suhadi, and Yonatan Alex Arifianto. “Pemimpin Kristen Sebagai Agen Perubahan Di Era Milenial.” EDULEAD: Journal of Christian Education and Leadership 1, no. 2 (2020): 129–47. https://doi.org/10.47530/edulead.v1i2.32.

Tanhidy, Jamin, Priska Natonis, and Sabda Budiman. “Implementasi Pelayanan Lintas Budaya Dalam Gereja Berdasarkan Kisah Para Rasul 10: 34-43.” LOGON ZOES: Jurnal Teologi, Sosial Dan Budaya 4, no. 2 (2021): 124–34.

Triposa, Reni, and Yonatan Alex Arifianto. “Strategi Guru PAK Dalam Membangun Pancasila Sebagai Paradigma Integrasi Bangsa Terhadap Peserta Didik Di Era Milenial.” Jurnal Teologi Berita Hidup 4, no. 1 (2021): 165–79. https://doi.org/10.38189/jtbh.v4i1.166.

Umrati, and Hengki Wijaya. Analisis Data Kualitatif Teori Konsep Dalam Penelitian Pendidikan. Sulawesi Selatan: Sekolah Tinggi Theologia Jaffray, 2020.

Usmanij, Petrus Antonius. “Keutamaan Hidup Gembala Yang Alkitabiah Di Era Digital: Belajar Dari Teladan Rasul Paulus.” Jurnal Gamaliel : Teologi Praktika 4, no. 2 (2022): 95–107. https://doi.org/10.38052/gamaliel.v4i2.103.

Wokas, Iva Trifena Mayrina. “Sikap Hidup Hamba Tuhan Berdasarkan 2 Timotius 2:1-13.” CARAKA: Jurnal Teologi Biblika Dan Praktika 2, no. 1 (2021): 16–30. https://doi.org/10.46348/car.v2i1.40.




DOI: https://doi.org/10.52220/magnum.v3i2.55

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Magnum Opus telah terindeks pada :

    


MAGNUM OPUS: Jurnal Teologi dan Kepemimpinan Kristen
Published: STT IKAT Jakarta
Website Institusi: https://sttikat.ac.id
Address: Jalan Rempoa Permai No. 2, Pesanggrahan, RT.4/RW.11, Bintaro, Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12330
e-ISSN:2716-0556 p-ISSN: 2502-2156

 

View MO Stats

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
Copyright © MAGNUM OPUS: Jurnal Teologi dan Kepemimpinan Kristen. All Rights Reserved.

pengeluaran macau