Implikasi Ilmu Filsafat Dalam Pendidikan Agama Kristen
Abstract
Artikel ini membahas pentingnya filsafat dalam Pendidikan Agama Kristen, terutama dalam menghadapi tantangan moral dan etika pada zaman modern. Filsafat menyediakan dasar untuk pengembangan pendidikan yang mendalam, memperkaya siswa dengan kemampuan berpikir kritis, reflektif, dan analitis. Dengan pendekatan ini, PAK berperan tidak hanya sebagai sumber pengetahuan agama, tetapi juga sebagai alat untuk membangun karakter sesuai dengan nilai-nilai etis dan spiritual Kristen, seperti kasih, keadilan, dan pengampunan. Penelitian ini menerapkan pendekatan kualitatif dengan metode literatur studi pustaka untuk menjelajahi pengaruh filsafat dalam pendidikan agama Kristen. Data dikumpulkan dari berbagai sumber seperti jurnal ilmiah, buku, dan artikel yang relevan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menggabungkan filsafat dan pendidikan agama Kristen agar meningkatkan pemahaman iman siswa, serta membentuk karakter dan moral yang kuat di tengah kemajuan teknologi dan ilmu pengetahuan modern. Kesimpulan artikel ini menyatakan bahwa penerapan filsafat dalam PAK mendorong siswa untuk berpikir kritis, membangun moralitas yang berlandaskan ajaran Alkitab, dan berkontribusi sebagai agen perubahan moral dalam masyarakat.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Bilo, Dyulius Thomas. “Korelasi Landasan Teologis Dan Filosofis Dalam Pengembangan Prinsip Dan Praksis Pendidikan Agama Kristen.” Phronesis Jurnal Teologi Dan Misi 3, no. 1 (2020): 1–22. https://doi.org/10.47457/phr.v3i1.46.
Dr. Khoe You Tung. FILSAFAT PENDIDIKAN KRISTEN MELETAKKAN FONDASI DAN FILOSOFI PENDIDIKAN KRISTEN DI TENGAH TANTANGAN FILSAFAT DUNIA. Edited by Andi. 5th ed. Yogjakarta: Penerbit buku dan majalah rohani, 2013. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=LoI5EAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=Implikasi+filsafatDalam+Pendidikan+Agama+Kristen&ots=ZXSIvLRwn6&sig=TaqjK4qvE6gNQcWboGNKFGstP6c&redir_esc=y#v=onepage&q=Implikasi filsafatDalam Pendidikan Agama Kristen&f=false.
Go Heeng, Remegises Danial Yohanis Pandie, and Yunardi Kristian Zega. “Implikasi Aliran Filsafat Idealisme Terhadap Praksis Pendidikan Agama Kristen.” Jurnal Salvation 4, no. 1 (2023): 30–46. https://doi.org/10.56175/salvation.v4i1.85.
Gultom, Mangarimbun. “REAL DIDACHE : Journal of Christian Education.” REAL DIDACHE: Journal of Christian Education 4, no. 1 (2024): 17–30.
Halawa, Jonius, Ayunike Waoma, and Mozes Lawalata. “Peran Filsafat Pendidikan Kristen Dalam Meningkatkan Pemahaman Iman Peserta Didik.” Jurnal Pendidikan Agama Katekese Dan Pastoral (Lumen) 3, no. 1 (2024): 99. https://doi.org/10.55606/lumen.v3i1.323.
Marbun, Lidia, and Jan Romi Perdana Saragih. “Kajian Filosofis Pendidikan Agama Kristen Dalam Kehidupan Orang Percaya Di Era Posmodern.” SIKIP: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 3, no. 2 (2022): 106–14. https://doi.org/10.52220/sikip.v3i2.149.
Mesah, Walde, Yundri Mesah, and Sandra Rosiana Tapilaha. “Memahami Landasan Teologis Dalam Pendidikan Agama Kristen.” Jurnal Pendidikan Agama Dan Teologi 2, no. 2 (2024): 125–34.
Ndruru, Yurlina. “Teologi Pendidikan Agama Kristen: Fondasi Dan Implikasi Untuk Pendidikan Modern Yurlina Ndruru Sekolah Tinggi Teologi Injili Arastamar (SETIA) Jakarta Andreas Teko Sekolah Tinggi Teologi Injili Arastamar (SETIA) Jakarta Sandra Rosiana Tapilaha Sekolah Tin.” Tri Tunggal: Jurnal Pendidikan Kristen Dan Katolik 2, no. 2 (2024): 167–76. https://doi.org/10.61132/tritunggal.v2i2.270.
Ndruru, Yurniman, Yurlina Ndruru, Indri Purnama, Putri Harefa, and Semuel Linggit. “Pak Sebagai Agen Perubahan Dalam Masyarakat Majemuk : Perspektif Kultural Dan Sosial” 1, no. 4 (2024).
Reyna Nurani Siregar Lete, and Mozes Lawalata. “Pentingnya Filsafat Bagi Ilmu Pendidikan Agama Kristen.” Jurnal Budi Pekerti Agama Kristen Dan Katolik 2, no. 2 (2024): 83–98. https://doi.org/10.61132/jbpakk.v2i2.317.
Ruru, Aprianto, and Dyulius Thomas Bilo. “Filsafat Pendidikan Agama Kristen Sebagai Landasan Dalam Proses Pembentukan Iman Siswa.” TELEIOS: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen 3, no. 2 (2023): 172–89.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pragati: Jurnal Ilmiah Mahasiswa
Diterbitkan: STT IKAT Jakarta
Website Institusi: https://sttikat.ac.id
Alamat: Jalan Rempoa Permai No. 2, Pesanggrahan, RT.4/RW.11, Bintaro, Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12330
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional .
Hak Cipta © Jurnal Pragati: Jurnal Ilmiah Mahasiswa. Semua Hak Dilindungi Undang-undang.