Pendidikan Kristiani dalam Membentuk Kesadaran Politik: Upaya Mendorong Partisipasi Politik dalam Prinsip Etis Teologis

Saur Meilianti

Abstract


The research in this article explores the critical role of Christian education in shaping political awareness that rests on theological ethical principles. The main focus is on the church's efforts to encourage responsible political participation based on moral and Biblical values. The principle of Christianity becomes the foundation that encourages individuals and communities in Christianity to be actively involved in supporting the running of elections. Using a descriptive qualitative method with a literature study approach, it can be concluded that the importance of Christianity understanding Political Theoretical Studies in a Theological Context because Christian education influences individual and communal political perceptions and attitudes and plays a vital role in providing a deep understanding and understanding of civic responsibility based on Christian values where Christian education and citizenship as political participants must be sustainable. Furthermore, the contribution of the Church and the Ethical Implications of Christian Education in Politics will, in turn, bring about positive changes in the broader society by Christian moral principles.


Abstrak
Penelitian dalam artikel ini mengeksplorasi peran penting pendidikan Kristen dalam membentuk kesadaran politik yang bertumpu pada prinsip etis teologis. Fokus utamanya adalah pada upaya gereja dalam mendorong partisipasi politik yang bertanggung jawab dan berdasarkan nilai-nilai moral dan nilai Alkitabiah. Prinsip Kekristenan menjadi landasan yang mendorong individu maupun komunal dalam kekristenan untuk terlibat secara aktif mendukung berjalannya pemilihan umum. Menggunakan metode kualitatif deskritif dengan pendekatan studi literature maka dapat disimpulkan bahwa pentingnya kekristenan mengerti Kajian Teoritik Politik dalam Konteks Teologis, sebab pendidikan Kristen memengaruhi persepsi dan sikap politik individu, maupun komunal serta memainkan peran penting dalam memberikan pemahaman dan pengertian yang mendalam tentang tanggung jawab kewarganegaraan yang berbasis pada nilai-nilai kekristenan. Di mana pendidikan Kristen dan kewarganegaraan sebagai partisipan politik harus berkelanjutan. Selanjutnya kontribusi Gereja dan Implikasi Etis Pendidikan Kristen dalam Politik yang sampai pada gilirannya akan membawa perubahan positif dalam masyarakat yang lebih luas sesuai dengan prinsip-prinsip moral Kristen.

 


Keywords


Christian education; political awareness; political participation; kesadaran politik; partisipasi politik; pendidikan kristiani

Full Text:

PDF

References


Arifianto, Yonatan Alex. “Peran Gembala Menanamkan Nilai Kerukunan Dalam Masyarakat Majemuk.” Voice of HAMI: Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen 3, no. 1 (2020): 1–13.

———. “Peran Gembala Sidang Dalam Mewujudkan Pendidikan Politik Bagi Warga Gereja.” Ritornera-Jurnal Teologi Pentakosta Indonesia 3, no. 2 (2023): 76–89.

Bakar, Abu, and Muh. Wahyu. “Gereja Dan Partisipasi Politik.” Vox Populi 5, no. 1 (2022): 61–69.

Borrong, Robert P. “Kepemimpinan Dalam Gereja Sebagai Pelayanan.” Voice of Wesley: Jurnal Ilmiah Musik dan Agama 2, no. 2 (2019).

Dawa, Markus Dominggus Lere. “Menyoal Sikap Gereja Terhadap Politik.” SOLA GRATIA: Jurnal Teologi Biblika dan Praktika 3, no. 2 (2020): 54–78.

Denney, Andrew S., and Richard Tewksbury. “How to Write a Literature Review.” Journal of Criminal Justice Education 24, no. 2 (2013): 218–234.

Erman S. Saragih. “Penatalayanan Gereja Dalam Politik Praktis.” Didaskein 6, no. 2 (2016): 1–11.

James, James. “Partisipasi Orang Kristen Dalam Perpolitikan Di Indonesia.” Anthropos: Jurnal Antropologi Sosial dan Budaya (Journal of Social and Cultural Anthropology) 2, no. 2 (2016): 187–198.

Joswanto, Andreas, Carolina Etnasari Anjaya, and Yonatan Alex Arifianto. “Dosa Anak Lembu Emas Dan Citra Diri Harun: Refleksi Kajian Biblis Keluaran 32: 1-35 Tentang Kepemimpinan Kristiani.” EPIGRAPHE: Jurnal Teologi dan Pelayanan Kristiani 6, no. 1 (2022): 89–100.

Kandiri, Kandiri, and Arfandi Arfandi. “Guru Sebagai Model Dan Teladan Dalam Meningkatkan Moralitas Siswa.” Edupedia : Jurnal Studi Pendidikan dan Pedagogi Islam 6, no. 1 (2021): 1–8.

Kristianto, Paulus Eko. “Merumuskan Etika Politik Kristen Dalam Era Gangguan Terorisme Di Indonesia.” DUNAMIS: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristiani 3, no. 2 (April 2019): 223–235.

Manafe, Ferdinan Samuel. “Sikap Kristen Dalam Arena Politik.” Missio Ecclesiae 6, no. 1 (2017): 1–16.

Namang, Raimundus Bulet. “Negara Dan Warga Negara Perspektif Aristoteles.” Jurnal Ilmiah Dinamika Sosial 4, no. 2 (2020): 247.

Pasaribu, Payerli. “Peranan Partai Politik Dalam Melaksanakan Pendidikan Politik.” JPPUMA: Jurnal Ilmu Pemerintahan dan Sosial Politik Universitas Medan Area 5, no. 1 (2017): 51–62.

Rantung, Djoys Anake. “Pendidikan Agama Kristen Dan Politik Dalam Kehidupan Masyarakat Majemuk Di Indonesia.” Jurnal Shanan 1, no. 2 (2017): 58–73.

Rerung, Alvary Exan, and Juliati Attu. “Sikap Gereja Terhadap Partisipasi Politik Dan Relevansinya Bagi Gereja Toraja Mamasa Jemaat Sapankale.” KINAA: Jurnal Kepemimpinan Kristen dan Pemberdayaan Jemaat 4, no. 1 (2023): 1–17.

Sahardjo, Hadi P. “Orang Kristen Dan Kehidupan Politik.” TE DEUM (Jurnal Teologi dan Pengembangan Pelayanan) 3, no. 2 (2021): 217–227.

Samosir, Osbin, and Indah Novitasari. “Hak Politik Warga Negara Dalam Cengkeraman Politik Identitas: Refleksi Menuju Pemilu Serentak Nasional Tahun 2024.” Jurnal Ilmu Hukum, Humaniora dan Politik 2, no. 3 (2022): 332–346.

Saputro, Roman Hadi. “Pendidikan Politik Sebagai Amanat Undang-Undang.” Journal Civics & Social Studies 5, no. 1 (2021): 147–157.

Siahaan, Harls Evan. “Mengajarkan Nasionalisme Lewat Momentum Perayaan Paskah: Refleksi Kritis Keluaran 12:1-51.” DUNAMIS (Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristiani) Vol 1, no. 2 (2017): 39–54. www.sttintheos.ac.id/e-journal/index.php/dunamis.

Sidjabat, Binsen S. “Pendidikan Politik: Telaah Materi Ajar Pak Di Perguruan Tinggi Umum.” Voice of Wesley: Jurnal Ilmiah Musik dan Agama 2, no. 1 (2019).

Sugara, Harry. “Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Wawasan Demokrasi Warga Negara.” Jurnal Koulutus 5, no. 1 (2022): 103–116.

Susanto, Hery. “Gereja Yang Berfokus Pada Gerakan Misioner.” FIDEI: Jurnal Teologi Sistematika dan Praktika (2019).

Umrati, and Hengki Wijaya. Analisis Data Kualitatif Teori Konsep Dalam Penelitian Pendidikan. Sulawesi Selatan: Sekolah Tinggi Theologia Jaffray, 2020.

Usmi, Rianda. “Analisis Kewarganegaraan Global Dalam Konteks Pendidikan Kewarganegaraan.” Journal of Civics and Moral Studies (2023).

Wasari, Desi, Reni Triposa, and Yonatan Alex Arifianto. “Etika Guru PAK Bagi Sikap Etis Politik Identitas Dalam Mereduksi Superioritas.” Philoxenia: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristiani 1, no. 1 (2022): 1–13.




DOI: https://doi.org/10.52220/sikip.v3i2.92

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



SIKIP telah terdaftar pada:


SIKIP: Jurnal Pendidikan Agama Kristen
Published: STT IKAT Jakarta
Website Institusi: https://sttikat.ac.id
Address: Jalan Rempoa Permai No. 2, Pesanggrahan, RT.4/RW.11, Bintaro, Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12330
e-ISSN:2721-1622

View My Stats

Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
Copyright © SIKIP: Jurnal Pendidikan Agama Kristen. All Rights Reserved.