Membangun Karakter Kristen sebagai Fungsi Esensial Pendidikan Kristiani dalam Pembentukan Moralitas Antargenerasi

Maya Dewi Hasugian

Abstract


Christian religious education today must play an important role in building Christian character. In this article, the next generation must be taught well in line with morality based on Biblical values. Because of the era full of various moral and cultural challenges of globalization, both the exchange of culture and values through the free world, namely the internet. So, it is important for Christian religious education to play an essential role in regenerating the formation of morality. The method in this research uses a qualitative method where this method is used to collect literature study data related to Christian religious education, as the main study in which the Bible is the primary source in describing character and morals as a good guide for Christianity. The research results show that Christian religious education has various effective strategies for building Christian character, such as learning based on religious values, spiritual formation in acceptable studies, and developing social skills in various communities. Apart from that, Christian religious education also plays an essential role in strengthening the foundations of morality by emphasizing the principles of Christian ethics, such as love for others, having an honest and just life, and having an attitude of humility. So it has great potential to be a force that drives positive change in individual morality and society as a whole.

 

Abstrak

Pendidikan Agama Kristen dewasa ini harus berperan penting dalam membangun karakter Kristen dalam artikel ini generasi penerus haruslah diajarkan dengan baik selaras dengan  moralitas yang berlandaskan pada nilai-nilai Alkitabiah. Sebab era yang penuh  berbagai tantangan moral dan budaya globalisasi baik pertukaran budaya dan nilai melalui dunia bebas yaitu internet. Maka penting bagi pendidikan agama Kristen untuk memainkan peran esensialnya dalam meregenerasi pembentukan moralitas. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dimana metode ini digunakan untuk mengumpulkan data studi pustaka yang terkait dengan pendidikan agama Kristen, sebagai kajian utama yang mana Alkitab sebagai sumber primer dalam mendeskripsikan karakter dan moral sebagai panduan yang baik bagi kekristenan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan agama Kristen memiliki berbagai strategi yang efektif dalam membangun karakter Kristen, seperti pembelajaran berbasis nilai-nilai keagamaan, pembinaan spiritual dalam kajian yang dapat diterima, dan pengembangan keterampilan social di berbagai masyarakat. Selain itu, pendidikan agama Kristen juga memainkan peran penting dalam memperkuat fondasi moralitas melalui penekanan pada prinsip-prinsip etika Kristiani, seperti kasih kepada sesama, memiliki kehidupan yang jujur dan berkeadilan, serta harus memiliki sikap kerendahan hati. Sehingga memiliki potensi besar untuk menjadi kekuatan yang mendorong perubahan positif dalam moralitas individu dan masyarakat secara keseluruhan.

 

 


Keywords


Character, Morality, Christian Religious Education, Regeneration; Karakter, Moralitas, Pendidikan Agama Kristen, Regenerasi

Full Text:

PDF

References


Agustin, Daniel, Talizaro Tafonao, Manahan Uji Simanjuntak, Agiana Her Visnhu, Elvina Sinukaban, Wilson Zalogo, and others, ‘Pembinaan Nilai-Nilai Karakter Dan Etika Melalui Pendidikan Agama Kristen Untuk Membina Akhlak Siswa Smp Negeri 28 Batam’, Jurnal Abdimas Ilmiah Citra Bakti, 4.1 (2023), 31–42

Anggairah, Marini Stannie, ‘Peran Utama Pendidikan Karakter Kristen Di Sekolah’, Kerusso1, 1.1 (2017), 1–22

Anggu, Peter, ‘Pertumbuhan Karakter Kristen “Kepribadian Seorang Pelayan”’, Jurnal Jaffray, 3.1 (2005), 26–30

Angin, Yakub Hendrawan Perangin, and Tri Astuti Yeniretnowati, ‘Deskripsi Serupa Seperti Kristus Sebagai Tujuan Pendidikan Karakter Kristen’, ELEOS: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen, 1.1 (2021), 13–27

Anugrah, Meisakh, Indri Astuti, and Afandi Afandi, ‘Analisis Karakter Pelajar Abad 21 Dalam Studi Kasus Di SMA Kristen Makedonia’, Jurnal Evaluasi Pendidikan, 2022

Cahyaningati, Lacta Wida Rayu, and Yuli Christiana Yoedo, ‘Pendidikan Karakter Kristen Dan Model Pembelajaran Stad Di Kelas Matematika Di Sd Kristen “X” Surabaya’, Aletheia Christian Educators Journal, 2.1 (2021), 36–56

Darmalaksana, Wahyudin, ‘Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka Dan Studi Lapangan’, Pre-Print Digital Library UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 2020, 1–6

Elieser R Marampa, ‘Peran Orang Tua Dan Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Membentuk Karakter Kerohanian Peserta Didik’, SESAWI: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen, 2.2 (2021), 100

Hana, Hana, Yonatan Alex Arifianto, and Reni Triposa, ‘Kode Etik Dan Profesionalitas Guru Pendidikan Agama Kristen: Upaya Meningkatkan Karakter Anak’, IMMANUEL: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen, 3.2 (2022), 134–49

Hartono, Handreas, ‘Membentuk Karakter Kristen Pada Anak Keluarga Kristen’, KURIOS (Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen, 2.1 (2018), 62–69

Hendra Agung Saputra Samaloisa, ‘Signifikansi Etika Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik’, Sinar Kasih: Jurnal Pendidikan Agama Dan Filsafat, 1.2 (2023), 31–39

Hutabarat, Oditha R., ‘Mendidik Anak Berkarakter Kristen Mengatasi Kekerasan’, Voice of Wesley: Jurnal Ilmiah Musik Dan Agama, 1.2 (2019), 34–46

Ilela, Jean Evelyn, ‘Pembelajaran Daring: Harmonisasi Teknologi Dan Pendidikan Karakter Kristen Anak’, Jurnal Teologi Berita Hidup, 4.1 (2021), 192–205

Ipiana, Kezia Dwi Novitasari, and Yonathan Yakub Mononimbar, ‘Internalisasi Pendidikan Karakter Melalui Pendidikan Agama Kristen’, Jurnal Pendidikan Kristen, 3.2 (2021), 102–3

Lahingide, Yenni Olivia, and Sumiyati Sumiyati, ‘Deskripsi Pelayanan Konseling Dalam Etis Kristiani Bagi Pendidikan Karakter Kristen’, Jurnal Lentera Nusantara, 2021

Nainggolan, Anton, ‘Pendidikan Karakter Kristen Sebagai Upaya Mengembangkan Sikap Batin Peserta Didik’, Excelsis Deo: Jurnal Teologi, Misiologi, Dan Pendidikan, 4.2 (2021), 71–86

Nguru, Desi Arisandi Laga, Indrilily Rambu Oru, and Munatar Kause, ‘Implementasi Pendidikan Karakter Kristen Di Era Digital’, Prosiding Pelita Bangsa, 1.2 (2022), 91

Nikolaos, Nikolaos, and Yonatan Alex Arifianto, ‘Peran Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Pendidikan Sebagai Upaya Peningkatan Karakter Naradidik’, MANTHANO: Jurnal Pendidikan Kristen, 2.1 (2023), 42–52

Pamenta, Yunita, Viktorina Samderubun, Renol, and Mortan Sibarani, ‘Kajian Teologis-Etis Surat 1 Petrus Dan Implikasinya Bagi Penguatan Karakter Remaja Kristen’, Diegesis : Jurnal Teologi, 8.1 (2023), 55–71

Panjaitan, Ester Octavia, Budiono Simbolon, and Kogilambal Kogilambal, ‘Pengaruh Konseling Terhadap Pembentukan Karakter Remaja Kristen Di Kos Jaya Hang Tuah, Medan’, HAGGADAH: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen, 2022

Penta Astari, and Lourine S. Joseph, ‘Kekuatan Karakter Pada Remaja Kristen Dalam Pergaulan Di Era Milenial: Kajian Pendidikan Agama Kristen Yang Menghidupkan’, Jurnal Shanan, 7.1 (2023), 45–56

Purba, Paskah Parlaungan, ‘Pendidikan Kristen Dalam Keluarga Sebagai Upaya Pembentukan Karakter Remaja’, Fidei: Jurnal Teologi Sistematika Dan Praktika, 2021

Rantesalu, Syani Bombongan, ‘Pemberlakuan Kurikulum Berbasis Nilai Dan Karakter Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Terhadap Kecerdasan Spiritual Siswa SMA Negeri Di Tana Toraja.’, BIA’: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen Kontekstual, 3.2 (2020), 214–29

Ratnasari, Desi, Reni Triposa, and Yonatan Alex Arifianto, ‘Deskripsi Kode Etik Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Perspektif Alkitabiah: Sebagai Keteladan Akademik Dan Karakter Nara Didik’, REAL DIDACHE: Journal of Christian Education, 2.2 (2022), 101–12

Rondo, Pricylia, and Valentino Reykliv Mokalu, ‘Implementasi Psikologi Pendidikan Agama Kristen Dalam Pendidikan Karakter’, DIDASKALIA : Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 3.1 (2022), 26–43

Santosa, Monica, ‘Orang Tua Dalam Pembentukan Karakter Kristiani Anak Generasi Alfa’, EPIGRAPHE: Jurnal Teologi Dan Pelayanan Kristiani, 6.2 (2022), 277–82

Siby, Leonardus Rudolf, ‘Pembentukan Integritas Pelayan Tuhan Melalui Pendidikan Karakter Kristen’, HUPERETES: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen, 2022

Sinaga, Janes, ‘Fungsi Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Pembentukan Karakter Anak Di Sekolah Kristen’, SESAWI: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen, 3.1 (2021), 58–73

Taniady, Vicky, ‘Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Kristen Dalam Khotbah Di Bukit Pada Matius 5-7’, Jurnal Abdiel: Khazanah Pemikiran Teologi, Pendidikan Agama Kristen Dan Musik Gereja, 6.1 (2022), 39–54

Triposa, Reni, Yonatan Alex Arifianto, and Yudi Hendrilia, ‘Peran Guru PAK Sebagai Teladan Dalam Meningkatkan Kerohanian Dan Karakter Peserta Didik’, Jurnal Pendidikan Agama Kristen (JUPAK), 2.1 (2021), 109–26

Umrati, and Hengki Wijaya, Analisis Data Kualitatif Teori Konsep Dalam Penelitian Pendidikan (Sulawesi Selatan: Sekolah Tinggi Theologia Jaffray, 2020)

Watimena, Dea Shyllia, ‘Peran Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Pendidikan Karakter Siswa Di SMP Kristen GPIB Balikpapan’, Perpustakaan Universitas Kristen Satya Wacana, 2020




DOI: https://doi.org/10.52220/sikip.v4i1.81

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



SIKIP telah terdaftar pada:


SIKIP: Jurnal Pendidikan Agama Kristen
Published: STT IKAT Jakarta
Website Institusi: https://sttikat.ac.id
Address: Jalan Rempoa Permai No. 2, Pesanggrahan, RT.4/RW.11, Bintaro, Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12330
e-ISSN:2721-1622

View My Stats

Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
Copyright © SIKIP: Jurnal Pendidikan Agama Kristen. All Rights Reserved.