Peran Pendidik Kristen terhadap Dampak New Morality dari Era Digital

Wandri Lumbantoruan

Abstract


One of the important indicators that Christian educators must do is to build the character of students well. The negative impact that has emerged in this digital era demands that Christian educators have a more real and significant role, not just teaching in the classroom. This article aims to show the role of Christian educators in building the character of students in the digital era that has an impact on this New Morality. This article uses a qualitative research method by examining the role of Christian religious teachers in building student character in a digital era that is threatened with moral decline. The results of the study confirmed that Christian educators played a role in building students' self-concepts in accordance with Bible truth values so that students could distinguish between good and bad.

Abstrak

Salah satu indikator penting yang harus dilakukan oleh pendidik Kristen adalah membangun karakter siswa dengan baik. Dampak negatif yang muncul di era digital ini menuntut pendidik Kristen memiliki peran yang lebih nyata dan signifikan, bukan sekadar mengajar dalam kelas saja. Artikel ini bertujuan untuk menunjukkan peran pendidik Kristen dalam membangun karakter Siswa di era digital yang memiliki dampak pada New Morality ini. Artikel ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan melakukan kajian terhadap peran guru Agama Kristen dalam membangun karakter siswa di era digital yang terancam kemerostan moral. Hasil kajian menegaskan bahwa pendidik Krisren berperan untuk membangun konsep diri siswa sesuai dengan nilai-nilai kebenaran Alkitab, agar siswa dapat membedakan mana yang baik dan buruk.


Full Text:

PDF

References


Amin, Muhammad. “Peran Guru Dalam Menanamkan Nilai Kejujuran Pada Lembaga Pendidikan.” TADBIR: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan 1, no. 1 (2017): 105–124.

Hasugian, Johanes Waldes. Menjadi Guru PAK Profesional Melalui Supervisi Pendidikan Agama Kristen. 2nd ed. Medan: CV. Mitra, 2016.

Ismail, Andar. Selamat Menabur: 33 Renungan Tentang Didik-Mendidik. Vol. 8. BPK Gunung Mulia, 1997.

Lebar, Lois E. Educational That Is Christian: Proses Belajar Mengajar Kristiani & Kurikulum Yang Alkitabiah. Malang: Gandum Mas, 2006.

Maharsi, Sri. “Pengaruh Perkembangan Teknologi Informasi Terhadap Bidang Akuntansi Manajemen.” Jurnal Akuntansi dan keuangan 2, no. 2 (2000): 127–137.

Manizar, Elly. “Peran Guru Sebagai Motivator Dalam Belajar.” Tadrib 1, no. 2 (2015): 204–222.

Ngafifi, Muhamad. “Kemajuan Teknologi Dan Pola Hidup Manusia Dalam Perspektif Sosial Budaya.” Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi 2, no. 1 (2014).

Pratiningsih, Dwi. “Efektivitas Kerjasama Guru Dan Orang Tua Dalam Mendukung Pembelajaran Baca Al-Quran Anak Di SD IT Nurul Ishlah Banda Aceh.” JURNAL ILMIAH DIDAKTIKA: Media Ilmiah Pendidikan dan Pengajaran 17, no. 2 (2017): 194–209.

Prijosaksono, Ariwibowo, and Roy Sembel. Control Your Life: Aplikasi Manajemen Diri Dalam Kehidupan Sehari-Hari. Jakarta: PT Elex Media Komputindo, 2002.

Rochmah, Elfi Yuliani. “Mengembangkan Karakter Tanggung Jawab Pada Pembelajar (Perspektif Psikologi Barat Dan Psikologi Islam)” (2016).

Samarenna, Desti, and Harls Evan R Siahaan. “Memahami Dan Menerapkan Prinsip Kepemimpinan Orang Muda Menurut 1 Timotius 4: 12 Bagi Mahasiswa Teologi.” BIA’: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen Kontekstual 2, no. 1 (2019): 1–13.

Setiawan, Wawan. “Era Digital Dan Tantangannya.” In Seminar Nasional Pendidikan. Universitas Pendidikan Indonesia, 2017.

Siahaan, Harls Evan R. “Aktualisasi Pelayanan Karunia Di Era Digital.” EPIGRAPHE: Jurnal Teologi dan Pelayanan Kristiani 1, no. 1 (2017): 23–38. www.stttorsina.ac.id/jurnal/index.php/epigraphe.

Sidjabat, B. S. Membangun Pribadi Unggul-Suatu Pendekatan Teologis Terhadap Pendidikan Karakter,. Yogyakarta: ANDI Offset, 2015.

Sudarsono. Kenakalan Remaja. Jakarta: Rineka Cipta, 2004.

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2014.

Susanti, Lidia, and Carla Imbiri. “Implementasi Motivasi Model ARCS (Attention, Relevance, Confidence, and Satisfaction) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen.” DUNAMIS: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristiani 4, no. 2 (2020): 254–263.

———. “Implementasi Motivasi Model ARCS (Attention, Relevance, Confidence, and Satisfaction) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen.” DUNAMIS: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristiani 4, no. 2 (2020): 254–263.

Usman, Moh. “Uzer, Menjadi Guru Profesional, Bandung, Remaja Rosdakarya, 1995.” Upaya Optimalisasi Kegiatan Belajar Mengajar (1999).

Wijanarko, Jarot. Mendidik Anak Nilai Hidup Integritas Karakter. Jakarta: Suara Pemulihan, 2008.

Wursanto. Manajemen Kepegawaian. Yogyakarta: Kanisius, 1987.




DOI: https://doi.org/10.52220/sikip.v2i1.78

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



SIKIP telah terdaftar pada:


SIKIP: Jurnal Pendidikan Agama Kristen
Published: STT IKAT Jakarta
Website Institusi: https://sttikat.ac.id
Address: Jalan Rempoa Permai No. 2, Pesanggrahan, RT.4/RW.11, Bintaro, Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12330
e-ISSN:2721-1622

View My Stats

Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
Copyright © SIKIP: Jurnal Pendidikan Agama Kristen. All Rights Reserved.