Pengaruh Metode Pembelajaran Kooperatif Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa

Yunida Bawamenewi, Desi Arisandi Laga Nguru

Abstract


Abstratc 

This study aims to determine how strong the influence of the cooperative learning method is on the learning motivation of students of the 2019 Christian Religious Education Study Program at the Ecumenical Theology College. To achieve this goal, the researchers used quantitative methods through surveys using questionnaires guided by the results of interviews and distributing questionnaires with a population of 40 people and a sample of 30 people. The data was processed using IBM SPSS For Windows 16.0. To determine the effect of the cooperative learning method on the learning motivation of students of the 2019 Christian Religious Education Study Program at the Ecumenical Theology College. The results showed that the effect of cooperative learning methods on student learning motivation was categorized as very strong or correlated. The results of the analysis and hypothesis testing indicate that there is a significant effect between cooperative learning methods on the learning motivation of students of the 2019 Christian Religious Education Study Program at the Ecumenical Theology College with a very strong level of influence or there is a relationship between the two variables.

 

 

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa kuat pengaruh metode pembelajaran kooperatif terhadap motivasi belajar mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Kristen angkatan 2019 di Sekolah Tinggi Teologi Ekumene. Untuk mencapai tujuan tersebut maka peneliti menggunakan metode kuantitatif melalui survei dengan menggunakan kuesioner yang berpedoman pada hasil wawancara, dan penyebaran angket dengan jumlah populasi 40 orang dan sampel 30 orang. Data diolah dengan menggunakan IBM SPSS For Windows 16.0. Untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran kooperatif terhadap motivasi belajar mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Kristen angkatan 2019 di Sekolah Tinggi Teologi Ekumene. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh antara metode pembelajaran kooperatif dengan motivasi belajar mahasiswa tergolong dalam kategori sangat kuat atau berkorelasi. Hasil analisis dan pengujian hipotesis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara metode pembelajaran kooperatif terhadap motivasi belajar mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Kristen angkatan 2019 di Sekolah Tinggi Teologi Ekumene dengan tingkat pengaruh sangat kuat atau ada hubungan antara ke dua variabel tersebut.

 


Full Text:

PDF

References


Al-Tabany, Trianto Ibnu Badar. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, Dan Kontekstual: Konsep, Landasan, Dan Implementasinya Pada Kurikulum 2013. Jakarta: Prenada Media, 2017.

Andayani. Problema Dan Aksioma Dalam Metodologi Pembelajaran Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Deepublish Cv Budi Utama, 2015.

Bahruddin, Asep Saepul Hamdi dan E. Metode Penelitian Kuantitatif Aplikasi Dalam Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish, 2015.

Berliner, L. N. Gage dan David C. Educational Psychology. Boston: Houghton Mifflin Company, 1998.

Darmadi, H. Pengembangan Model Dan Metode Pembelajaran Dalam Dinamika Belajar Siswa. Yogyakarta: Deepublish Cv Budi Utam, 2017.

Elizabeth G. Gohen, Celeste M. Brody and Mara Sapon Shevin. Teaching Cooperative Learning. New York press: Universitas New York Press, 2004.

Greenberg, Jerald. Managing Behaviors in Organizations. New York: Prentice Hall, 1996.

Hamalik, Oemar. Kurikulum Dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara, 2001.

———. Kurikulum Dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2007.

Hanum, Rahmah Johar dan Latifah. Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta: Deepublish, 2016.

Iswati, Muslich Anshori dan Sri. Metodologi Penelitian Kuantitatif. 1st ed. Surabaya: Airlangga University Press, 2019.

Jihad, Suyanto dan Asep. Menjadi Guru Profesional: Strategi Meningkatkan Kualifikasi Dan Kualitas Guru Di Era Global. Jakarta: Erlangga, 2013.

Khaizan, Andika Hasrimaidhal. “Pendidikan Dan Tujuan Pendidikan Serta Peranan Tenaga Kependidikan.” Jakarta, 2020.

Kompri. Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru Dan Siswa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2015.

wikipedia.org. “Pembelajaran Kooperatif,” n.d.

Rachmawati, Indriyana. “Model Pembelajaran Kooperatif: Pengertian Hingga Kelemahan,” 2020.

Sanjaya, Wina. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standard Proses Pendidikan. Jakarta: Prenamedia Group, 2016.

Shoimin, Aris. 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media Ar-Ruzz Media, 2014.

Stokes, Jane. How To Do Media And Cultural Studies: Panduan Untuk Melaksanakan Penelitian Dalam Kajian Media Dan Budaya. Yogyakarta: Bentang Pustaka, 2006.

Susanto, Ahmad. Pengembangan Pembelajaran Ips. Jakarta: Prenadamedia Group, 2014.

Utama, Dwijaya. Jurnal Pendidikan. Surakarta: Sang Surya Media, 2017.

W, Snatrock. J. Educational Psychology. Boston: McGraw-Hill, 2008.

Weihrich, Harold Koontz dan Hainz. Management Ninth Edition. New York: McGraw-Hill Book Company, 1997.

Woolfolk, Anita E. Educational Psychology. Boston: Allyin and Bacon, 2002.

Zamzam, Syamsul Bahri dan Fahkry. Model Penelitian Kuantitatif Berbasis SEM-Amos. Yogyakarta: Deepublish, 2015.




DOI: https://doi.org/10.52220/sikip.v2i2.75

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



SIKIP telah terdaftar pada:


SIKIP: Jurnal Pendidikan Agama Kristen
Published: STT IKAT Jakarta
Website Institusi: https://sttikat.ac.id
Address: Jalan Rempoa Permai No. 2, Pesanggrahan, RT.4/RW.11, Bintaro, Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12330
e-ISSN:2721-1622

View My Stats

Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
Copyright © SIKIP: Jurnal Pendidikan Agama Kristen. All Rights Reserved.