Meningkatkan Produktivitas Kerja Guru Agama Kristen di Indonesia

Jannes Eduard Sirait

Abstract


The purpose of this study is to analyze the factors that affect the productivity of teachers in their performance. Christian religious teachers who lose their enthusiasm have an impact on the ups and downs of work productivity to the lowest level. Teacher work productivity includes values, namely increasing morale through hard work and smart work. The teacher does not only fulfill his duties as a teacher but includes the overall ownership of the desire to carry out tasks according to his skills. They can be mature and independent and communicate effectively with peers. This research is descriptive in nature so that the resulting collection of facts is descriptive. This method can describe the object under study in detail. The position researcher is the main informant. Research informants are parents of students, prospective Christian teachers, lecturers, and Christian leaders. The method used in collecting information through observation includes the use of Google Forms. Conducting special interviews with some of the people who are considered the most knowledgeable about teacher work productivity by telephone and WhatsApp. Data analysis was carried out according to the Miles concept. The conclusion of the study is that teacher work productivity is influenced by various factors such as needs, psychological, social, economic, skills, experience, age, talent, physical condition, education level, temperament, and others. The main factors that affect the productivity of the teacher's performance are teaching skills and abilities, attitudes and character, school environment and conditions, work motivation, welfare, education level, work agreements, and the ability to apply technological achievements.

 

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah menganalisis anasir-anasir yang mempengaruhi produktivitas guru dalam kinerjanya. Guru agama Kristen yang kehilangan semangat berdampak terhadap naik turunnya produktivitas kerja hingga terjun ke level terendah. Produktivitas kerja guru mencakup nilai, yaitu meningkatkan moral melalui kerja keras dan kerja cerdas. Guru bukan hanya melakukan pemenuhan tugas sebagai pengajar tetapi mencakup keseluruhan kepemilikan hasrat melakukan tugas sesuai kecakapan. Mereka dapat dewasa serta mandiri dan berkomunikasi secara efektif bersama rekan sejawat. Riset ini bersifat deskriptif sehingga kumpulan fakta yang dihasilkan adalah deskriptif. Metode ini mampu menggambarkan objek yang diteliti dengan detail. Kedudukan periset merupakan informan utama. Informan riset adalah orang tua siswa, calon guru agama Kristen, dosen, dan tokoh-tokoh Kristen. Cara yang digunakan dalam mengumpulkan informasi melalui pengamatan termasuk pemanfaatan Google Forms. Melakukan interviu secara khusus kepada beberapa orang yang dianggap paling mengerti tentang produktivitas kerja guru lewat telepon dan WhatsApp. Analisis data dilakukan menurut konsep Miles. Kesimpulan penelitian adalah produktivitas kerja guru dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti kebutuhan, psikologis, sosial, ekonomi, keterampilan, pengalaman, usia, bakat, kondisi fisik, tingkat pendidikan, temperamen dan lain-lain. Anasir-anasir utama yang mempengaruhi produktivitas kinerja guru tersebut adalah kecakapan dan kemampuan mengajar yang dimiliki, sikap dan karakter, lingkungan dan kondisi sekolah, motivasi kerja, kesejahteraan, tingkat pendidikan, perjanjian kerja dan kemampuan menerapkan capaian teknologi.

 

 

Keywords


Christian education; Christian religious teacher; teacher work productivity; guru agama Kristen; pendidikan kristiani; produktivitas kerja guru

Full Text:

PDF

References


Asmani, Jamal Ma’mur. Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter Di Sekolah. Yogyakarta: DIVA Press, 2011.

Barna, George. Kekuatan Sebuah Visi. Jakarta: Metanoia Oublishing, 2016.

Gerlach, Vernon S. & Ely, Donald P. Teaching and Media a Systematic Approach. New Jersey: Prentice-Hall, Inc, 1979.

Groome, Thomas H. Pendidikan Agama Kristen. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2011.

Hadiati, Hadiati. “HUBUNGAN MOTIVASI DAN BEBAN KERJA DENGAN PRODUKTIVITAS GURU SMK NEGERI 3 PALU.” Katalogis 6, no. 9 (September 2018): 75–81.

Hamzah, Hamzah, Suparliadi Suparliadi, and Mesiono Mesiono. “KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN PRODUKTIVITAS KERJA GURU MTs UMMI DELI SERDANG SUMATERA UTARA.” Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam 11, no. 1 (March 2021): 147–164.

Husdarta, H.J.S. Manajemen Pendidikan Jasmani. Bandung: Alfabeta., 2009.

Mulyati, Yati Siti. Manajemen Sekolah. Bandung: Alfabeta, 2009.

Petrus, Octavianus. Manajemen Dan Kepemimpinan Menurut Wahyu Allah. Malang: Gandum Mas, 1991.

Poerwadarminta, W. J. S. Kamus Umum Bahasa Indonesia,. Jakarta: Balai Pustaka, 1995.

Putra, Yovan P. Memori Dan Pembelajaran Efektif. Bandung: Yirama Widya, 2008.

Ridwan. Metode Dan Teknik Menyusun Proposal Penelitian. Bandung: Alfabeta, 2009.

Sallis, Edward. Manajemen Mutu Terpadu Pendidikan. Yogyakarta: IRCisoD, 2011.

Sani, Ridwan A dkk. Sistem Penjaminan Mutu Internal. Tangerang: TSmart, 2018.

Sanosra, Abadi, Ni Nyoman Putu Martini, and Hasyim Asyari. “Analisis Pengaruh Pelatihan Kerja Dan Karakteristik Individu Terhadap Produktivitas Guru Sd/Mi Muhammadiyah Se-Kabupaten Lumajang Dimediasi Oleh Kompetensi Guru.” AKUNTABEL 18, no. 1 (April 2021): 153–161.

Sari, Suprawita. “KONTRIBUSI KEMAMPUAN MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DAN SISTEM INFORMASI KEPEGAWAIAN TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA GURU DI SMP NEGERI 2 AIR JOMAN.” Kumpulan Karya Ilmiah Mahasiswa Fakultas Sosial Sains 2, no. 02 (June 2021).

Septiawan Santana K. Menulis Ilmiah Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia, 2007.

Sinamo, Jansen. 8 Etos Kerja Profesional. Jakarta: Malta Printindo, 2008.

Sirait, Jannes Eduard. “Analisis Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Keberhasilan Pembelajaran Di Sekolah Dasar Bethel Tanjung Priok Jakarta Utara.” Diegesis : Jurnal Teologi 6, no. 1 (February 2021): 49–69.

———. “PENDIDIK KRISTEN PROFESIONAL, INSPIRATIF DAN MENARIK.” REGULA FIDEI: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 1, no. 1 (2016): 33–62.

Stamps, Donald C. Alkitab Penuntun Hidup Berkelimpahan. Malang: Gandum Mas, 1996.

Sugiyono. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta, 2012.

Suhardan, Dadang. Manajemen Pendidikan. Edited by Riduwan. Bandung: Alfabeta, 2009.

Sunarto, Ading, and Diva Aprianda. “PENGARUH REKRUITMEN DAN SELEKSI TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA GURU PADA YAYASAN PONDOK INDAH DON BOSCO JAKARTA SELATAN.” Jurnal Arastirma 1, no. 1 (February 2021): 106–116.

Tomatala, Yakob. Kepemimpinan Yang Dimanis. Jakarta: YT. Leadership, 1997.




DOI: https://doi.org/10.52220/sikip.v3i1.74

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



SIKIP telah terdaftar pada:


SIKIP: Jurnal Pendidikan Agama Kristen
Published: STT IKAT Jakarta
Website Institusi: https://sttikat.ac.id
Address: Jalan Rempoa Permai No. 2, Pesanggrahan, RT.4/RW.11, Bintaro, Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12330
e-ISSN:2721-1622

View My Stats

Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
Copyright © SIKIP: Jurnal Pendidikan Agama Kristen. All Rights Reserved.