Implementasi Pendidikan Agama Kristen pada Masa Bapa-Bapa Beriman dalam Keluarga

Baginda Sitompul, Sari Mutiara Sinaga, Ricki Martin Nainggolan

Abstract


Pendidikan Agama Kristen (PAK) pada masa bapa-bapa beriman berfokus pada pengajaran dari sumber-sumber utama seperti Alkitab dan tradisi lisan, serta praktik kehidupan sehari-hari. Keluarga dan lingkungan gereja menjadi tempat utama dalam mendapatkan pendidikan agama Kristen pada masa itu. Terdapat beberapa masalah yang mungkin dihadapi oleh keluarga dalam mengimplementasikan Pendidikan Agama Kristen (PAK ) di keluarga, di antaranya kesibukan dengan pekerjaan atau aktivitas lainnya, kurangnya pemahaman ajaran agama Kristen, lingkungan sekitar kurang mendukung nilai-nilai agama Kristen, kecanduan teknologi dan media sosial. Untuk mengatasi masalah ini, adapun solusi yang kami tawarkan adalah, orang tua menggunakan berbagai sumber untuk memperdalam pemahaman, melibatkan anak-anak dalam kegiatan keagamaan, orang tua dan anak menggunakan teknologi modern untuk memperkaya Pendidikan Agama Kristen (PAK). Penelitian ini menggunakan metode kepustakaan (library researh), yang dimaksud dengan penelitian kepustakaan adalah kegiatan penelitian yang dilaksanakan dengan mengumpulkan data berupa buku, jurnal, dan hasil penelitian sebelumnya yang berkaitan dengan objek penelitian ini.

 


Keywords


implementasi pendidikan agama Kristen; pendidikan agama Kristen; orang tua beriman

References


Alkitab. Terjemahan Baru. Jakarta: LAI, 1974.

Ariawan, S., Sukanca, E. & Wardani, M. T. Administrasi Pendidikan. (Sulur Pustaka, 2023).

Bruce, F. F. The Spreading Flame: The Rise and Progress of Christianity from its First Beginnings to the Conversion of the English. Wm. B. Eerdmans Publishing, 1958.

Dewey M. Golkin, "Holistic Approach to Religious Education," Religious Education, vol. 99, no. 2 (2004).

Griggs, C. (2008). Teaching Children Christian Values: A Guide for Parents, Teachers, and Leaders. Kregel Publications.

Harianto GP, Pendidikan Agama Kristen Dalam Alkitab dan Dunia Pendidikan Masa Kini (Yogyakarta: ANDI, 2012).

Johnson, T. D. "Teaching Children Spirituality: The Importance of Parenting in Religious Education," Journal of Psychology and Theology, vol. 33, no. 2 (2005).

Kehinde, S. (2017). The Role of Christian Parents in the Spiritual Upbringing of Children. Lambert Academic Publishing.

Lee, Y.-J. & Lee, S.-H. "Christian Education in the Early Church and its Implications for Today," Journal of Youth Ministry, vol. 16, no. 1 (2017).

McGrath, A. E. Christian Theology: An Introduction, 5th Edition (Wiley-Blackwell, 2010).

Osborn, E. (2009). Teaching as Spiritual Practice: Cultivating Pedagogical Imagination in Christian Education. Religious Education, 104(1).

Sanders, F. (2015). Spiritual Parenting: An Awakening for Today's Families. Tyndale Momentum.

Scales, M. D. "Spiritual Parenting: A Holistic Approach to Faith Development," Journal of Family and Consumer Sciences Education, vol. 29, no. 2 (2011).

Varghese, J. (2012). The role of Christian parents in the education of their children: A biblical perspective. Indian Journal of Theology, 61(2).

Oakman, D. E. "Jesus' Teaching and the Social Context: An Exploration of the Social Dimensions of Jesus' Wisdom Sayings," Journal for the Study of the New Testament, vol. 27, no. 3 (2005)




DOI: https://doi.org/10.52220/sikip.v4i1.63

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



SIKIP telah terdaftar pada:


SIKIP: Jurnal Pendidikan Agama Kristen
Published: STT IKAT Jakarta
Website Institusi: https://sttikat.ac.id
Address: Jalan Rempoa Permai No. 2, Pesanggrahan, RT.4/RW.11, Bintaro, Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12330
e-ISSN:2721-1622

View My Stats

Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
Copyright © SIKIP: Jurnal Pendidikan Agama Kristen. All Rights Reserved.