Pentingnya Integritas Guru Pendidikan Agama Kristen dalam Membimbing Kepribadian Peserta Didik

Marthen Mau

Abstract


The changing personality of students from time to time very important because students must be guided continuously. Educator whose role is to guide personality students in formal education institution is teacher Christian religious. The guide is to lead students out of the darkness of sin and into the light of Christ. So that the task of guiding is needed teacher christian religious of integrity. The purpose of this research is to understand and narrate the importance of integrity teacher christian religious in guiding personality students regardless of personality type. The research methodology used is descriptive qualitative research methodology by applying method observation and interviw type. Conclusion; the higher the quality of integrity teacher christian religious in guiding personality students then personality students will get better.


Abstrak

Perubahan kepribadian peserta didik dari waktu ke waktu sangatlah penting karena itu peserta didik harus dibimbing secara terus-menerus. Pendidik yang berperan untuk membimbing kepribadian peserta didik di lembaga pendidikan formal adalah guru pendidikan agama Kristen. Membimbing adalah menuntun peserta didik keluar dari kegelapan dosa dan masuk ke dalam terang Kristus. Agar tugas membimbing berjalan baik dibutuhkan guru pendidikan agama Kristen yang berintegritas. Tujuan penelitian ini ialah untuk memahami dan menarasikan pentingnya integritas guru pendidikan agama Kristen dalam membimbing kepribadian peserta didik tanpa membeda-bedakan tipe kepriba-diannya. Metodologi penelitian yang digunakan ialah metodologi penelitian kualitatif deskriptif, dengan menerapkan tipe metode observasi dan wawancara. Kesimpulannya, semakin tinggi kualitas integritas guru pendidikan agama Kristen dalam membimbing kepribadian peserta didik maka kepribadian peserta didik akan semakin baik.        



Full Text:

PDF

References


Awulle, Clartje Silvia E. “Penyelenggaraan Pendidikan Kristen Sebagai Pemenuhan Hak Asasi Manusia.” SIKIP Jurnal Pendidikan Agama Kristen 1, no. 1 (2020): 25–37.

Benyamin, Prislika issak, Yogi Mahendra, and Donald Samuel Slamet Santosa. “Metode Pembelajaran Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen: Studi Meta Analisis.” SOTIRIA (Jurnal Teologi dan Pelayanan Kristiani) 3, no. 1 (2020): 25–35. http://sttpaulusmedan.ac.id/e-journal/index.php/sotiria/article/view/17.

Pengantar pendidikan: Dasar-dasar Alkitabiah dan Teologi Pendidikan Kristen. Jakarta: Universitas Pelita Harapan, 2006.

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta, 2006.

Arkani, Hari. Pembentukan Kepribadian oleh Guru Melalui Pendidikan Karakter di SMA Puspita Kabupaten Banyuasin, Prosiding Seminar Nasional 20 Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang 25 November 2017

Ayuni. Wawancara. Pusat Damai: SMK Negeri 1 Parindu, 2019.

Azwar, S. Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010.

Batu, Sarjono Lumban. Wawancara. Pusat Damai: SMK Negeri 1 Parindu, 2019.

Bogdan, Robert C. dan Sari K. Biklen, Qualitative Reasearch Education An Introduction to Theory and Methods.

Buchori, M. Psikologi Pendidikan. Bandung: Jemars, 1982.

Choe. Wawancara. Pusat Damai: SMK Negeri 1 Parindu, 2019.

Djamarah, Syaiful Bahri. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Bandung: Rineka Cipta, 2000.

Djamarah, Syaiful Bahri. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional, 2002.

Farid Poniman dkk. Kubik Leadership Solusi Esensial Meraih Sukses dan Hidup Mulia. Jakarta: PT Gramedia, 2009.

Filadelfia. Wawancara. Pusat Damai: SMK Negeri 1 Parindu, 2019.

Hasugian, Johanes Waldes. “Kurikulum Dan Pembelajaran Warga Jemaat Dewasa Di Gereja.” KURIOS (Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen) 5, no. 1 (2019): 36–53.

Hasugian, Johanes Waldes. Menjadi Guru PAK Profesional Melalui Supervisi Pendidikan Agama Kristen. 2nd ed. Medan: CV. Mitra, 2016.

Haye, Tim La. Temperamen Anda Dapat Diubah. Bandung: Kalam Hidup, 2002.

http://arie5758.blogspot.com/2011/10/4-kepribadian-manusia-sanguin-koleris.html# (Selasa, 21 April 2015)

Jaka. Wawancara. Pusat Damai: SMK Negeri 1 Parindu, 2019.

Kadir. 1994. Penuntun Belajar PPKN. Bandung: Pen Ganeca Exact.

Khakiim, Uluul. Guru Sebagai Role Model Individu Berkarakter Bagi Peserta Didik Untuk Mendukung Keberhasilan Pelaksanaan Pendidikan Karakter, (Trenggalek: STKIP PGRI Trenggalek, 2017)

Kusrahmadi, Sigit Dwi. Artikel Sumbangan Pendidikan Agama Kristen Dalam Mewujudkan Watak Bangsa. Yogyakarta: UPT MKU UNY, 2005.

Malik, Integrasi Karakter Hamba Tuhan Kedalam Pelayanan Dalam Bingkai Teologi Matheus Mangentang; Phronesis: Jurnal Teologi dan Misi Vol. 3 No. 1 Edisi Januari-Juni 2020:36; ISSN. 2621-2684

Mamon. Wawancara. Pusat Damai: SMK Negeri 1 Parindu, 2019.

Maria. Wawancara. Pusat Damai: SMK Negeri 1 Parindu, 2019.

Maxwell, John C. Mengembangkan Kepemimpinan Di Dalam Diri Anda Jakarta: Binarupa Aksara, (1995).

Mies, M.B. dan A.M. Heberman. Expended Source Book: Qualitiy Data Analysis. London: Sage Publication, (1984).

Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 1992.

Nadjib, H.M., Guru Agama dan BK Lebih Berperan. Pontianak: Koran Pontianak Post, Selasa, 21 Januari 2014.

Pantan, Frans. 2007. Kompilasi Bahan Ajar Christian Leadership. Jakarta: ITKI.

Penyusun, Tim. Buku Guru PAK dan Budi Pekerti Berumbuh Menjadi Dewasa. Jakarta: Kemdikbud. (2014).

Penyusun, Tim. Buku Guru PAK dan Budi Pekerti Kelas XI. Jakarta: Kemdikbud, (2014).

Ripka, Debora. Wawancara. Pusat Damai: SMK Negeri 1 Parindu, 2019.

Safitri. Wawancara. Pusat Damai: SMK Negeri 1 Parindu, 2019.

Samaraga, Otniel. Wawancara. Pusat Damai: SMK Negeri 1 Parindu, 2019.

Samosir, Rotua. Guru Pendidikan Agama Kristen Yang Profesional, Jurnal Pionir LPPM Universitas Asahan Vol. 5 N0.3 Juli-Desember 2019; P-Issn : 2549-3043; E-Issn : 2655-3201, 2019.

Samuel, Donald, Slamet Santosa, Donna Sampaleng, and Abdon Amtiran. “Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran.” SIKIP: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 1, no. 1 (2020): 11–24.

Saydam, Gauzali. Manajemen Sumber Daya Manusia: Suatu Pendekatan Mikro., Jakarta: Djambaran, 2000.

Situmeang, Diana Martiani. Pengaruh Kompetensi Profesional Guru PAK Terhadap Kreativitas Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Sipoholon; Jurnal Pionir LPPM Universitas Asahan Vol. 6 No. 1 Januari 2020:171; P-ISSN : 2549-3043; E-ISSN : 2655-3201, 2020.

Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Warsah, Idi & Uyun, Muhamad. Kepribadian Pendidik: Telaah Psikologi Islami, Psikis: Jurnal Psikologi IslamiVol. 5 No. 1 Juni 2019: 65; P-ISSN: 2502-728X E-ISSN: 2549-6468, 2019.

Wilkinson, Bruce H. Teaching With Style. Temukan Apa yang murid Anda ingin Ketahui, Tetapi mereka Takut mengatakannya. Gorgia: Walk Thru th Bible Ministries, 1994.

Zeni, Justice, and Zari Panggabean. “Pendekatan Praksis-Teologis Dalam Fondasi Pendidikan Kristiani.” KURIOS (Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen) 4, no. 2 (2018): 167–181. http://www.sttpb.ac.id/e-journal/index.php/kurios/article/view/81.




DOI: https://doi.org/10.52220/sikip.v1i2.60

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



SIKIP telah terdaftar pada:


SIKIP: Jurnal Pendidikan Agama Kristen
Published: STT IKAT Jakarta
Website Institusi: https://sttikat.ac.id
Address: Jalan Rempoa Permai No. 2, Pesanggrahan, RT.4/RW.11, Bintaro, Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12330
e-ISSN:2721-1622

View My Stats

Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
Copyright © SIKIP: Jurnal Pendidikan Agama Kristen. All Rights Reserved.