Hubungan Kompetensi Pedagogik Guru dan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen

Ester Putri Setiyowati, Yonatan Alex Arifianto

Abstract


Pedagogic competencies can bring change when teachers realize competencies in accordance with the existing education law, pedagogic competencies include pedagogic competencies which include: (a) understanding educational insights or foundations, (b) understanding of students, (c) development curriculum or syllabus, (d) instructional design, (e) educational and dialogical implementation of learning, (f) understanding of learning technology, (g) evaluation of learning outcomes, and (h) development of students to actualize their various potentials. The above are indicators that bring changes in student achievement. The method achieved in the analysis of this research is quantitative by selecting a survey using a Google form questionnaire and using SPSS version 23 software in analyzing data to meet the research principles. Learning achievement will be significant if pedagogical competences can be developed in the teaching and learning process.

 

Abstrak

Kompetensi Pedagogik dapat membawa perubahan ketika guru mewujudkan sesuai dengan kompetensi yang ada dlam undang-undang pendidikan, kompetensi pedagogic itu antara lain kompetensi pedagogik yang meliputi: (a) pemahaman wawasan atau landasan kependidikan, (b) pemahaman terhadap peserta didik, (c) pengembangan kurikulum atau silabus, (d) perancangan pembelajaran, (e) pelaksanaan pembelajaran yang mendidik dan dialogis, (f) pemahaman teknologi pembelajaran, (g) evaluasi hasil belajaran, dan (h) pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya.  Hal tersebut diatas adalah indikator yang membawa perubahan dalam prestasi belajar siswa. Metode yang dicapai dalam analisis penelitian ini adalah kuantitatif dengan memilih survey menggunakan Angket Google form dan menggunakan softwear SPSS versi 23 dalam menganalisis data untuk memenuhi kaidah-kaidah penelitian. Prestasi belajar akan menjadi signifikan jika kompetensi pedagogik dapat dikembangkan dalam proses belajar mengajar.


Full Text:

PDF

References


Agung, Imanuel, and Made Astika. “Penerapan Metode Mengajar Yesus Menurut Injil Sinoptik Dalam Pelaksanaan Pendidikan Agama Kristen Di SMA Gamaliel Makassar.” Jurnal Jaffray (2011).

Ahmadi, Farid. Guru SD Di Era Digital. Semarang: CV Pilar Nusantara, 2017.

Ajad. Manajemen Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo, 2018.

Arifianto, Yonatan Alex, and Asih sumiwi Rachmani. “Peran Roh Kudus Dalam Menuntun Orang Percaya Kepada Seluruh Kebenaran Berdasarkan Yohanes 16 : 13.” Jurnal Diegesis 3, no. 1 (2020): 1–12.

Chomaidi, and Salamah. Pendidikandan Pengajaran Strategi Pembelajaran Sekolah. Jakarta: Gramedia Widiasarana, 2018.

Dirman, and Cicih Juarsih. Penilaian Dan Evaluasi. Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2014.

Endang. Teknologi Dan Media Pendidikan Dalam Pembelajaran. solo: Arya Luna, 2019.

Ermindyawati, Lilis. “Peranan Guru Pendidikan Agama Kristen Terhadap Perilaku Siswa-Siswi Di SD Negeri 01 Ujung Watu Jepara.” FIDEI: Jurnal Teologi Sistematika dan Praktika (2019).

GP, Harianto. Pendidikan Agama Kristen Dalam Alkitab & Dunia Pendidikan Masa Kini. Yogyakarta: Penerbit Andi, 2012.

H. Wina. Perencanaan & Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: PT Kharisma Putra Utama, 2017.

Hakim, Thursan. Belajar Secara Efektif. Depok Jawa barat: Puspa Swara, 2000.

Hamalik, Oemar. Kurikulum Dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara, 2001.

Hasugian, Johanes Waldes. Menjadi Guru PAK Profesional Melalui Supervisi Pendidikan Agama Kristen. 2nd ed. Medan: CV. Mitra, 2016.

Hasugian, Johanes Waldes. Strategi Belajar Mengajar Pendidikan Agama Kristen Yang Efektif. Prodi Teologi STT-SU, 2016.

Homrighausen, E.G, and I.H Enklaar. Pendidikan Agama Kristen. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2018.

Intarti, Esther Rela. “Peran Guru Pendidikan Agama Kristen Sebagai Motivator.” Regula Fidei (2016).

Jejen. Peningkatan Kopetensi Guru Melalui Pelatihan & Sumber Belajar Teori Dan Praktik. Jakarta: Kencana, 2012.

Kristianto, Paulus Lilik. Prinsip Dan Praktek Pendidikan Agama Kristen. Yogyakarta: Penerbit Andi, 2006.

Lismia. Pengembangan Kurikulum. Semarang: Uwais Inspirasi Indonesia, 2017.

Lukman. Model Silabus Ekonomi Sekolah Menengah Atas. Jakarta: PT Grasindo, 2015.

Majid, Abdul. Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2017.

Mulyasa. Standar Kompetensi Dan Sertifikasi Guru. bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2008.

Munte, Bangun. “Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Pendidikan Agama Kristen (PAK) Terhadap Hasil Belajar Siswa.” Jurnal Dinamika Pendidikan2 (2016).

Musfah, Jejen. Peningkatan Kompetensi Guru: Melalui Pelatihan Dan Sumber Belajar Teori Dan Praktik. Jakarta: Kencana, 2012.

Mustajab Moh. Zaiful, and Aminol Rosid. Prestasi Belajar. Malang: Literasi Nusantara Abadi, 2019.

Pemerintah, Peraturan. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 74 Tahun 2008 Tetang Guru, Bab II Pasal 3, Ayat 4, Mengenai Kompetensi Dan Sertifikasi, 6., 2008.

Priansa, and Doni Juni. Pengembangan Strategi Dan Model Pembelajaran. bandung: CV Pustaka Setia, 2017.

Purwanto, M. Ngalim. Prinsip-Prinsip Dan Teknik Evaluasi Pengajaran. bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2002.

Rifma. Optimalisasi Pembinaan Kompetensi Pedagogik Guru. Jakarta: Kencana, 2016.

Rosyid, Moh. Zaiful. Prestasi Belajar. Malang: cv Literasi Nusantara Abadi, 2019.

Sagala, Lenda Dabora. “Peran Pendidikan Agama Kristen Dalam Menghadapi Perubahan Sosial.” Jurnal Simpson: Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen (2017).

Sahlan, Abdul Kadir. Mendidik Persepektif Psikologi. Yogyakarta: Penerbit Deepublish, 2018.

Sholeh, Hidayat. Pengembangan Guru Profesional. Bandung: Penerbit PT Remaja Rosdakarya, 2017.

Sidjabat, B.S. Mengajar Secara Profesional. Bandung: kalam hidup, 2017.

SPSS, Software IBM. “SPSS Statistics 23,” 2016.

Surya, Mohamad. Psikologi Guru Konsep Dan Aplikasi. Bandung: alfabeta cv, 2013.

Sutardi. Solusi Mahir Kimia. Yogyakarta: CV Budi Utama, 2016.

Suyanto, and Asep. Calon Guru Dan Guru Profesional, (Yogyakarta: , 2012), 89. Yogyakarta: Multi Pressindo, 2012.

Suyatno, and Asep Jihad. Menjadi Guru Profesional. Semarang: Erlangga, 2013.

Wardan, Khusnu. Guru Sebagai Profesi. Yogyakarta: cv budi utama, 2019.

Yamin, Martinis. Standarisasi Kinerja Guru. Jakarta: Gaung Prasada, 2010.

Yaumi, Muhammad. Media Dan Teknologi Pembelajaran,. Jakarta: Prenadamedia, 2018.




DOI: https://doi.org/10.52220/sikip.v1i2.57

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



SIKIP telah terdaftar pada:


SIKIP: Jurnal Pendidikan Agama Kristen
Published: STT IKAT Jakarta
Website Institusi: https://sttikat.ac.id
Address: Jalan Rempoa Permai No. 2, Pesanggrahan, RT.4/RW.11, Bintaro, Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12330
e-ISSN:2721-1622

View My Stats

Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
Copyright © SIKIP: Jurnal Pendidikan Agama Kristen. All Rights Reserved.