Dampak Adiksi Gadget terhadap Perkembangan Kerohanian Anak: Sebuah Studi Kasus pada Siswa Star Generation School, Manembo–Nembo, Bitung

Hizkia Elfran Mawey

Abstract


The use of gadgets for early childhood development can significantly influence the growth and development of early childhood both physically and mentally. The impacts and influences that arise can be positive or negative influences on child development. Children used to gadgets will impact their thinking ability and creativity, damaging morals and religious values. Gadgets cause reduced social interaction between children and the surrounding environment, making children tend to be too lazy to move and rarely do activities; gadgets can also impact the development of speaking ability. In addition, using gadgets properly and correctly in early childhood can be a medium of stimulation that can optimize child development. Conversely, excessive and unsupervised use of gadgets will also harm children's spiritual development in the future.

 

Abstrak

Penggunaan gadget bagi perkembangan anak usia dini dapat memberikan dampak dan pengaruh yang berarti bagi tumbuh kembang anak usia dini baik secara fisik maupun mentalnya. Dampak dan pengaruh yang ditimbulkan dapat berupa pengaruh positif maupun negatif terhadap perkembangan anak. Anak yang terbiasa menggunakan gadget akan berdampak pada kemampuan berpikir dan kreativitasnya, dapat berakibat pada kerusakan moral serta nilai-nilai agama, gadget menyebabkan interaksi sosial anak dengan lingkungan sekitar berkurang, membuat anak cenderung malas bergerak dan jarang beraktivitas motorik, gadget juga dapat memberikan dampak dalam mengembangkan kemampuan berbicara. Selain itu, penggunaan gadget secara tepat dan benar oleh anak usia dini akan dapat menjadi suatu media stimulasi yang mampu mengoptimalkan aspek-aspek perkembangan anak. Sebaliknya, pemakaian gadget yang secara berlebihan dan tanpa pengawasan juga akan berakibat buruk bagi perkembangan kerohanian anak dimasa mendatang.        

 


Keywords


children's spiritual development; gadget addiction; Star Generation School; perkembangan rohani anak; kecanduan gadget; Star Generation School kognitif

Full Text:

PDF

References


Afriyenis, Winda, Anita Ade Rahma, and Febri Aldi. “Implementasi Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Zakat Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Miskin.” JEBI: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam 3, no. 2 (2018): 227–236.

Agasi, Diren, Rizka Oktarina, Desyandri Desyandri, and Irda Murni. “Pengaruh Pemakaian Gadget Pada Peserta Didik Sekolah Dasar Berkaitan Dengan Perkembangan Psikologinya.” Jurnal Pendidikan Tambusai 6, no. 2 (2022): 10763–10768.

Arifianto, Yonatan Alex. “Peran Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Pendidikan Etis-Teologis Mengatasi Dekadensi Moral Di Tengah Era Disrupsi.” REGULA FIDEI: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 6, no. 1 (2021): 45–59.

Aritonang, Titin, Novalina Manik, and Yenti Tamba. “Bimbingan Konseling Dalam Gereja Untuk Mengatasi Kecanduan Game Online Pada Anak Remaja.” Educatum: Jurnal Dunia Pendidikan 1, no. 1 (2023): 27–38.

Azamiah, Mas Zulfah Kamaliyatul, Hendriati Agustiani, and Lucia Voni Pebriani. “Program Psikoedukasi Penggunaan Gadget Pada Anak Usia Dini.” Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 4, no. 1 (2023): 234–244.

Boiliu, Fredik Melkias, and Meyva Polii. “Peran Pendidikan Agama Kristen Dalam Keluarga Di Era Digital Terhadap Pembentukan Spiritualitas Dan Moralitas Anak.” IMMANUEL: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen 1, no. 2 (2020): 76–91.

Christi, Apin Militia, Andreas Christanto, Yusak Setianto, and Ceria Tarigan. “Pembinaan Spiritualitas Melalui Media Digital Kepada Teens Gereja GBI AKR Sore Pada Era Distrupsi.” Pneumata: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 1, no. 1 (2019): 40–48.

Handrianto, P. Dampak smartphone [Online], 2015. Available: http://sainsjournalfst11.web.unair.ac.id/artikel_detailKESEHATAN Dampak

Havighurst, Robert. J.. Human Development and Education. New York: Longmans, Green & Co., 1953

Handoko, Herdi, and Khikmah Novitasari. “Model Multisensori Berbasis Teknologi Multimedia Untuk Pembelajaran Literasi Anak Usia Dini.” Jurnal Golden Age 3, no. 02 (2019): 64–72.

Hermawan, Dheri, and Wahid Abdul Kudus. “Peran Orang Tua Dalam Mencegah Anak Kecanduan Bermain Game Online Di Era Digital.” Jurnal Pendidikan Indonesia 2, no. 05 (2021): 778–789.

Hidayati, Rahma. “Peran Orang Tua: Komunikasi Tatap Muka Dalam Mengawal Dampak Gadget Pada Masa Golden Age.” Source: Jurnal Ilmu Komunikasi 5, no. 2 (2020).

Ilat, Irene Preisilia, Sylvana Talangamin, and Kartini Aprilia Wullur. “Pendidikan Agama Kristen Bagi Anak Sekolah Minggu Di Era Digital (Penggunaan Media Pembelajaran Superbook Bagi Anak Usia 6-12 Tahun).” Montessori Jurnal Pendidikan Kristen Anak Usia Dini 2, no. 2 (2021): 1–9.

Jalal, Novita Maulidya, Rahmawati Syam, Irdianti Irdianti, Muhrajan Piara, and others. “Psikoedukasi Mengatasi Kecanduan Gadget Pada Anak.” PaKMas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 2, no. 2 (2022): 420–426.

Kogoya, Willius, Nurhasanah Nurhasanah, and Permenas Kristian Korwa. “SOSIALISASI SOLUSI PENANGGULANGAN DAMPAK NEGATIF GADGET BAGI REMAJA.” Jurnal Pengabdian Masyarakat: Pemberdayaan, Inovasi dan Perubahan 2, no. 4 (2022): 150–161.

Lengkong, Randy Prayudi. “Kajian Terhadap Gereja Daring Menurut Doktrin Ekklesiologi Reformed.” Sekolah Tinggi Teologi SAAT Malang, 2020.

Marzuki, Moh Idris, Muhammad Fajrul Falah, Effy Indriati, Nensy Triristina, and Miming Suryoningsih. “Dampak Kecanduan Gadget Pada Anak PAUD Harapan Bunda Desa Sentul.” Jurnal Pengabdian Masyarakat Darul Ulum 1, no. 1 (2022): 30–36.

Octaviana, Evi. “Analisis Penggunaan Gadget Pada Perkembangan Sosial Emosional Anak Di PAUD Darul Aman Kabupaten Temanggung.” JIPSI: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Sains Islam Interdisipliner 1, no. 1 Agustus (2022): 53–62.

Santrock, John W. Life-Span Development: Perkembangan Masa Hidup, Jakarta: Penerbit Erlangga, 1995.

Santrock, John W. Educational Psychology (5th Edition ed.), New York: McGraw Hill, 2011.

Schutz, Alfred dalam John Wild dkk. The Phenomenology of the Social World, Illinois: Northon University Press., 1967

Triposa, Reni, Yonatan Alex Arifianto, and Yudi Hendrilia. “Peran Guru PAK Sebagai Teladan Dalam Meningkatkan Kerohanian Dan Karakter Peserta Didik.” Jurnal Pendidikan Agama Kristen (JUPAK) 1, no. 2 (2021): 124–143.

TUKAN, Viktorianus Baama. “Dampak Penggunaan Smartphone Terhadap Kehidupan Menggereja Kaum Muda Di Stasi St. Yosef Freinademetz-Nanga.” IFTK Ledalero, 2021.

Wulandari, Dwi, and Triana Lestari. “Pengaruh Gadget Terhadap Perkembangan Emosi Anak.” Jurnal pendidikan tambusai 5, no. 1 (2021): 1689–1695.

Yashinta, Yashinta, Rina Silfya, Reimond Hasangapan Mikkael Napitulu, and others. “Penggunaan Teknologi Digital Menambah Kemampuan Dalam Berkomunikasi Dan Mengembangkan Kosa Kata Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Tadika Puri Jakarta.” JUTEKBIDIK: Jurnal Teknologi, Bisnis & Pendidikan 1, no. 1 (2023): 138–150.




DOI: https://doi.org/10.52220/sikip.v4i1.53

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



SIKIP telah terdaftar pada:


SIKIP: Jurnal Pendidikan Agama Kristen
Published: STT IKAT Jakarta
Website Institusi: https://sttikat.ac.id
Address: Jalan Rempoa Permai No. 2, Pesanggrahan, RT.4/RW.11, Bintaro, Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12330
e-ISSN:2721-1622

View My Stats

Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
Copyright © SIKIP: Jurnal Pendidikan Agama Kristen. All Rights Reserved.