Kompetensi Pedagogik Guru Sekolah Minggu dalam Pembentukkan Karakter Anak: Sebuah Studi di Sekolah Minggu GPdI Nafiri Bitung

Jeane Anne Kaawoan

Abstract


Sunday school is a church activity to reach out and shape the character of every child to conform to the will of the Lord Jesus and teach the Bible to change their lives to become hopeful disciples of Jesus. The main hope is to obtain salvation. In the Old Testament, Genesis 1 and 2 prove that God guided and taught the first humans, Adam and Eve. Even though the first humans failed and did not submit to God's authority, God remained faithful to teach and educate. His teaching always aims to introduce God, His nature, and his work to humans, emphasizing that every teacher must return to Bible teaching. The Apostle Paul mentions in his life as a teacher; a teacher can bring about changes in others: those who previously did not believe became believers; also, changes in knowledge: those who previously did not understand the truth change to understand the truth. Based on the research results, observations, and interviews with Sunday school teachers, the authors found that the pedagogical competence of Sunday school teachers in shaping the character of Sunday school children was different than expected.

 

Abstrak

Sekolah Minggu merupakan kegiatan gereja untuk menjangkau dan membentuk karakter setiap anak agar sesuai dengan kehendak Tuhan Yesus serta mengajarkan Alkitab untuk mengubah kehidupan mereka menjadi murid Yesus yang penuh pengharapan. Harapan utama adalah memperoleh keselamatan. Di dalam Alkitab Perjanjian Lama, Kejadian 1 dan 2 memberi bukti bahwa Allah membimbing dan mengajar manusia pertama Adam dan Hawa. Walaupun manusia pertama mengalami kegagalan dan tidak tunduk pada otoritas Allah, tetapi Allah tetap setia untuk menjadi pengajar dan mendidik. Pengajaran-Nya selalu bertujuan untuk memperkenalkan Allah, sifat dan Karya-Nya kepada manusia dan menegaskan bahwa setiap pengajaran guru harus kembali kepada pengajaran Alkitab. Rasul Paulus menyebutkan, dalam kehidupannya sebagai pengajar, seorang guru sanggup mewujudkan perubahan atas diri orang lain : yang tadinya tidak percaya menjadi percaya; juga perubahan pada pengetahuan: yang tadinya tidak memahami kebenaran berubah menjadi memahami kebenaran. Berdasarkan hasil penelitian, observasi dan wawancara kepada guru-guru Sekolah Minggu penulis menemukan bahwa kompetensi pedagogik guru Sekolah Minggu dalam membentuk karakter anak Sekolah Minggu belum sesuai seperti yang diharapkan.


Keywords


pedagogic competence; children character; GPdI Nafiri Bitung; Sunday school teacher; guru Sekolah Minggu; karakter anak Sekolah Minggu; kompetensi pedagogik

Full Text:

PDF

References


Bahri Djamarah, Syaiful. Guru Dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta, 2000.

Baskoro, H., & Hermawati, C. O. (2021). Jurnalisme untuk Sekolah Minggu: kiat melatih keterampilan menulis bagi anak Sekolah Minggu. PBMR ANDI.

Boylan, K. A. (1999). Adrian A. Bantjes, As if Jesus Walked on Earth: Cardenismo, Sonora, and the Mexican Revolution (Wilmington, DE: SR Books, 1998), pp. xix+ 320, $50.00. Journal of Latin American Studies, 31(3), 735-789.

Dalensang, Remelia, and Melky Molle. “Peran Gereja Dalam Pengembangan Pendidikan Kristen Bagi Anak Muda Pada Era Teknologi Digital.” Jurnal Abdiel: Khazanah Pemikiran Teologi, Pendidikan Agama Kristen dan Musik Gereja 5, no. 2 (2021): 255–271.

Gunarsa, S. D. (1991). Psikologi praktis: anak, remaja dan keluarga. BPK Gunung Mulia.

Howes, C., & Smith, E. W. (1995). Relations among child care quality, teacher behavior, children's play activities, emotional security, and cognitive activity in child care. Early Childhood Research Quarterly, 10(4), 381-404.

Idrus, S Th. “Upaya Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Penyusunan Perencanaan Pembelajaran Melalui Supervisi Akademik” (2020).

Kristiono, Tanto, and Deo Putra Perdana. “Hambatan Dan Pelayanan Guru Sekolah Minggu Di Gereja Kristen Jawa Jebres Surakarta.” Jurnal Teologi Gracia Deo 1, no. 2 (2019): 90–100. http://www.sttbaptisjkt.ac.id/e-journal/index.php/graciadeo/article/view/9.

Mau, Marthen. “Panggilan Timotius Menurut 2 Timotius 2: 2 Dan Implikasinya Bagi Kompetensi Guru Agama Kristen.” CARAKA: Jurnal Teologi Biblika dan Praktika 1, no. 2 (2020): 180–198.

Nelly, Nelly. “Menerapkan Kesabaran Menurut Kitab Amsal Dalam Mengajar Sekolah Minggu.” KHARISMATA: Jurnal Teologi Pantekosta 2, no. 1 (2019): 20–27.

Panuntun, Daniel Fajar, Rinaldus Tanduklangi, Merry Adeng, and Christian Eleyazar Randalele. “Model Ibadah Sekolah Minggu Kreatif-Interaktif Bagi Generasi Alfa Di Gereja Toraja.” BIA’: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen Kontekstual 2, no. 2 (2019): 193–208.

Pullias, E. V., & Young, J. D. (1977). Guru adalah segala-galanya. Dewan Bahasa dan Pustaka.

Ronda, J. (2011). The Accuracy Of Coding Injuries Due To Child Physical Abuse.

Rosdiana, D. (2013). Pengaruh kompetensi guru dan komitmen mengajar terhadap efektivitas proses pembelajaran serta implikasinya pada hasil belajar siswa dalam mata pelajaran ekonomi. Jurnal Penelitian Pendidikan, 13(2).

Shodri, Helmi, and Desi Susanti. “Strategi Guru PAI Dalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Di SMAN 2 Situbondo.” Ambarsa: Jurnal Pendidikan Islam 1, no. 1 (2021): 30–53.

Sidjabat, Binsen S. “Meretas Polarisasi Pendidikan Kristiani: Sebuah Pengantar Tentang Arah Pendidikan Kristiani Di Gereja, Akademia, Dan Ruang Publik.” Indonesian Journal of Theology 7, no. 1 (n.d.): 7–24.

Taniady, Vicky. “Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Kristen Dalam Khotbah Di Bukit Pada Matius 5-7.” Jurnal Abdiel: Khazanah Pemikiran Teologi, Pendidikan Agama Kristen dan Musik Gereja 6, no. 1 (April 28, 2022): 39–54. https://journal.stt-abdiel.ac.id/JA/article/view/317.

Trianto, Nur Lutfi. “Kompetensi Pedagogik Guru Bahasa Indonesia (Studi Kasus Pada Guru SMP Al Fath),” n.d.

Zaluchu, Sonny Eli. “Strategi Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif Di Dalam Penelitian Agama.” Evangelikal: Jurnal Teologi Injili dan Pembinaan Warga Jemaat 4, no. 1 (2020): 28–38.




DOI: https://doi.org/10.52220/sikip.v3i2.52

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



SIKIP telah terdaftar pada:


SIKIP: Jurnal Pendidikan Agama Kristen
Published: STT IKAT Jakarta
Website Institusi: https://sttikat.ac.id
Address: Jalan Rempoa Permai No. 2, Pesanggrahan, RT.4/RW.11, Bintaro, Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12330
e-ISSN:2721-1622

View My Stats

Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
Copyright © SIKIP: Jurnal Pendidikan Agama Kristen. All Rights Reserved.