Pemilihan Sumber Daya Kurikulum Pendidikan Kristiani dengan Pendekatan Karen B. Tye

Alfinny Jelie Runtunuwu, Satria Evans Umboh

Abstract


In Christian education, the selection of curriculum resources is essential to guarantee that the lessons are well conducted and that the values of the Christian faith are well propagated. This article discusses how Karen Tye selects resources for the Christian education curriculum, emphasizing the integration between innovative pedagogical methods and profound theological material. This method consists of several main steps: prepare the ground, describe the specific situation, select the resources, use them, and evaluate them. Tye steers the curriculum away from a uniform approach. Instead, he emphasized relevance and flexibility in the application of Christian education. By understanding and applying these principles, Christian teachers can create a curriculum that is not only informative but also transformative for their students.

 

Abstrak

Dalam pendidikan Kristen, pemilihan sumber daya kurikulum sangat penting untuk menjamin bahwa pelajaran berjalan dengan baik dan bahwa nilai-nilai iman Kristen disebarkan dengan baik. Artikel ini membahas cara Karen Tye memilih sumber daya untuk kurikulum pendidikan Kristen, dengan menekankan integrasi antara metode pedagogis yang inovatif dan materi teologis yang mendalam. Metode ini terdiri dari beberapa langkah utama: persiapan dasar (prepare the ground), pemahaman situasi spesifik (describe the specific situation), pemilihan sumber daya (select the resources), penggunaan sumber daya (use the resources), dan evaluasi sumber daya. Tye menghindari pendekatan "one size fits all" dalam kurikulum. Sebaliknya, dia menekankan relevansi dan fleksibilitas dalam penerapan pendidikan Kristen. Dengan memahami dan menerapkan prinsip-prinsip ini, guru Kristen dapat membuat kurikulum yang tidak hanya informatif, tetapi juga transformatif bagi siswa mereka.


Keywords


curriculum resources; Christian education; Karen Tye's approach; sumber daya kurikulum; pendidikan Kristiani; pendekatan Karen Tye

Full Text:

PDF

References


Arofah, Eli Fitrotul. “Evaluasi Kurikulum.” Jurnal Tawadhu 5, no. 2 (2021).

Fauzan. Kurikulum Dan Pembelajaran. Edited by Fatkhul Arifin. Tangerang Selatan: GP Press, 2017.

Hardi Budiyana. “Ineransi Alkitab Sebagai Dasar Kurikulum Pendididikan Kristen” 3, no. 2 (2021): 231–248.

Harris, Maria. Fashion Me A People Curriculum in the Church. 1st ed. United States of America: Westminster John Knox Press, n.d.

Hasugian, Johanes Waldes. “Kurikulum Dan Pembelajaran Warga Jemaat Dewasa Di Gereja.” Kurios :Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kirsten 5, no. 1 (2019): 36–53.

Karen B. Tye. Basics of Christian Education. United States of America: Chalice Press, 2000.

Lase, Evasari Kristiani, and Friska Juliana Purba. “Alkitab Sebagai Sumber Pengetahuan Sejati Dalam Pendidikan Kristen Di Sekolah Kristen: Sebuah Kajian Epistemologi.” Jurnal Abdiel: Khazanah Pemikiran Teologi, Pendidikan Agama Kristen dan Musik Gereja 4, no. 2 (2020): 149–166.

Lumintang, Marcellius, Grace Margareta Clara, and Satria Evans Umboh. “Karakteristik Yesus Dalam Matius 9:9-13 Sebagai Fondasi Kepribadian Guru Pendidikan Kristen.” The way: Jurnal Teologi dan Kependidikan 10, no. 2 (2024): 9–13. https://journal.sttbetheltheway.ac.id/index.php/teologi-dan-kependidikan/article/view/169/76.

Nanang Gustri Ramdani, Nisa Fauziyyah, Riqotul Fuadah, Soleh Rudiyoni, Yayang Alistin Septiyaniingrum, Nur Salamatussa’adah, Aidah Hayani. “Definisi Dan Teori Pendekatan , Strategi , Dan Metode Pembelajaran.” Indonesian Journal of Elementary Education and Teaching Innovation Vol.2, 2, no. 1 (2023): 20–31. https://ejournal.almaata.ac.id/index.php/IJEETI DOI.

Pettalongi, Sagaf S, Marwan M Londol, and Satria Evans Umboh. “Disparities in Digital Education: Socioeconomic Barriers to Accessing Online Learning Resources.” International Journal of Social and Human 1, no. 3 (2024): 181–189.

Santoso, Magdalena P. “KARAKTERISTIK PENDIDIKAN KRISTEN” 2, no. Oktober (2005): 291–305.




DOI: https://doi.org/10.52220/sikip.v6i1.407

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



SIKIP telah terdaftar pada:


SIKIP: Jurnal Pendidikan Agama Kristen
Published: STT IKAT Jakarta
Website Institusi: https://sttikat.ac.id
Address: Jalan Rempoa Permai No. 2, Pesanggrahan, RT.4/RW.11, Bintaro, Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12330
e-ISSN:2721-1622

View My Stats

Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
Copyright © SIKIP: Jurnal Pendidikan Agama Kristen. All Rights Reserved.