Pengaruh Kompetensi dan Motivasi Berprestasi terhadap Kinerja Guru yang Bersertifikasi

Eliana Setyanti

Abstract


The teacher is the party most often accused of being the person most responsible for the quality of education. Teachers who have the ability in four teacher competencies, will be able to show better performance. A teacher's competence will also be better, if accompanied by a strong achievement motivation. Competence that is accompanied by the achievement motivation will affect the performance of teachers in all fields that are done. This research was conducted to obtain empirical evidence about the presence or absence of the influence of teacher competence and achievement motivation simultaneously and significantly to the performance of Certified Public Elementary School teachers in Kendal District, Kendal District. The population in this study were all certified elementary school teachers in the Regional Education Unit of the Kendal District, who were civil servants. While the sample selection method used is random sampling. Data about the variables in this study were obtained using a scale instrument (questionnaire). The data that has been collected will be analyzed with the classic assumption test and hypothesis test. To test the hypothesis in this study, multiple regression analysis was used. The results showed that the competence and achievement motivation did not significantly influence the performance of certified teachers.


Abstrak
Guru merupakan pihak yang paling sering mendapat tudingan sebagai orang yang paling bertanggung jawab terhadap kualitas pendidikan. Guru yang memiliki kemampuan dalam empat kompetensi guru, akan dapat menunjukkan kinerja yang lebih baik. Kompetensi seorang guru juga akan lebih baik, jika dibarengi dengan adanya motivasi berprestasi yang kuat. Kompetensi yang dibarengi dengan adanya motivasi berprestasi akan mempengaruhi kinerja guru dalam segala bidang yang dikerjakan. Penelitian ini dilakukan untuk memperoleh bukti empiris tentang ada tidaknya pengaruh kompetensi guru dan motivasi berprestasi secara simultan dan signifikan terhadap kinerja guru SD Negeri yang Bersertifikasi di Kecamatan Kendal, Kabupaten Kendal. Populasi dalam penelitian ini yaitu semua guru SD Negeri yang bersertifikasi di UPTD Pendidikan Daerah Kecamatan-Kabupaten Kendal, yang berstatus sebagai PNS. Sedangkan metode pemilihan sampel yang digunakan adalah random sampling. Data tentang variabel-variabel dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan instrumen berupa skala (angket). Data yang telah terkumpul akan dianalisis dengan uji asumsi klasik dan uji hipotesis. Untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini, digunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi dan motivasi berprestasi tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru bersertifikasi.

Full Text:

PDF

References


Ani. (2010). Pengembangan Model Peningkatan Motivasi Berprestasi Guru SD di Kabupaten Kendal. Jurnal Penelitian Pendidikan. 27.1.

Aritonang, K.T. (2005). Kompensasi Kerja, Disiplin Kerja Guru dan Kinerja Guru SMP Kristen BPK PENABUR. Jurnal Pendidikan Penabur,4, 4.

Azwar, Saifuddin, (2012). Skala Pengukuran Psikologis, Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Badra, W.I., dan Prawitasari, E.J.(2005). Hubungan antara Stres dan Motivasi dengan Kinerja Dosen Tetap pada AKPEE Sorong. Working Paper Series KMPK,8,1-10.

Chumba, E.N., dan Bipoupout J. C.(2011). Teacher’s Pedagogic Competence and Pupils’ Academic Performance in English in Francophone Schools. Educational Research. University of Yaoundé 1.

Desmaniar. (2004). Hubungan Kepemimpinan dan Motivasi Kerja dengan Kinerja Pegawai Biro Umum Sekretariat Jendral Departemen Kehakiman dan Hak Asasi Manusia. Tesis. Jakarta : Universitas Indonesia.

Depdiknas. (1994). Kurikulum SD, Jakarta : Depdikbud.

Depdiknas. ( 2003). UU Sisdiknas, Jakarta : Depdiknas.

________.(2003). Alat Penilaian Kemampuan Guru. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional RI.

Depdikbud. (2004). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka.

Depdiknas. (2008). Penilaian Kinerja Guru. Jakarta : Direktorat Jendral Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan.

Drost, J.I.G.M.S.J. 2001. Sekolah Mengajar atau Mendidik. Yogyakarta : Kanisius.

Fattah, N.(2004). Manajemen Berbasis Sekolah : Strategi Pemberdayaan Sekolah dalam rangka Peningkatan Mutu dan Kemandirian Sekolah. Bandung : Andira.

Gisela,H. (1993). Motivasi untuk Pembinaan Organisasi, Jakarta : PT Gramedia.

Harwanto, T.(2005). Pengaruh Persepsi Kemampuan dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Pegawai di Lembaga Pemasyarakatan Klas IIa narkotika. Tesis .Jakarta : Universitas Indonesia.

Higgins, J.M. (1982). Human Relation : Concepts and Skills. New York : Random House Inc.

Israwati. (2008). Pengaruh Iklim Organisasi Sekolah terhadap Kinerja Mengajar. Jurnal Edukasi, IV, 1, 137-145.

Julita, F.(2009). Pengaruh Motivasi Kerja dan Kepemimpinan terhadap Kinerja Pegawai Direktorat Jendral Imigrasi. Tesis. Jakarta : Universitas Indonesia.

Jalal, F., dan Supriyadi, D. (2001). Reformasi Pendidikan dalam Konteks Otonomi Daerah. Yogyakarta : Adi Citra karya Nusa.

Johanis, Y.E. (2003). Beberapa Faktor yang Berhubungan dengan Kinerja Dosen Tetap pada Akademi Keperawatan Pemerintah Daerah Kotawaringin Timur di Sampit. Tesis. Semarang : Universitas Diponegoro.

King, A.P.(2005). Hubungan antara Kecerdasan Majemuk dan Motivasi Berprestasi Guru dengan Kinerja Guru SD, Soe : Gugus I.

Lasmahadi, A. (2002). Sistem Manajemen SDM Berbasis Kompetensi, e-psikologi : com.

Le deist, F. O. D., dan Winterton, J. (2005) What is competence?. Journal Human Resources Development International, 8.1,27-46.

Mangkunegara, A.A. Anwar Prabu. (2001). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Mangku, N.(2003). Pengaruh Konsep Diri dan Motivasi Berprestasi terhadap Kinerja Guru dalam Pembelajaran, Tesis : UKSW.

Martoyo,S.(1968). Manajemen Sumber Daya Manusia, Yogyakarta : PBFE.

Ma’sum, H.(2002). Hubungan Motivasi Kerja dan Lingkungan Kerja dengan Kinerja Pegawai Administrasi : Survai di IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Tesis .Jakarta : Universitas Indonesia.

Maisah dan Yamin M. (2010). Standarisasi Kinerja Guru, Jakarta : Gaung Press.

Munandar, A.S. (2010). Psikologi Industri dan Organisasi. Jakarta : Universitas Indonesia.

Mahmudi. (2005). Manajemen Kinerja Sektor Publik. Yogyakarta : UPP AMP YKPN.

Mitchell, T.R., dan Larson. (1978). People and Organization : an Introduction to Organizational Behavior. New York : McGraw-Hill.

McClelland, D.C. (1961). The Achieving Society, New York : Van Noorst Straud Reinhold.

Mulyasa,E. (2003). Menjadi Kepala Sekolah Profesional, Bandung : Remaja Rusdakarya.

________. (2008). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru, Bandung : Rosdakarya.

Mullins, L.J. (2005). Management and Organizational Behaviour. (7th ed.) Harlow`: Pearson Education Limited.

Nawawi, S. (2004). Pengaruh Pendidikan Motivasi, Kesejahteraan dan Pengalaman terhadap Kinerja Guru, Tesis : UKSW.

Notage, A. (2006). Motivation in Action.

Noya, A. (2011). Motivasi Berprestasi dan Disiplin Diri Sebagai Prediktor Prestasi Belajar Mahasiswa di Institut Injil Indonesia, Tesis : UKSW.

Nimas,A. M. C. (2010). Pengaruh Motivasi, Gaya Kepemimpinan dan Kepuasan Kerja terhadap Manajerial pada P.T. Semen Gresik (Persero) Tbk. Tesis .Diakses pada tanggal 16 Oktober 2011 dari http://eprints.upn jtim.ac.id/625/.

Ningsih, S. (2010). Pengaruh Aspek Kompetensi Profesionalisme terhadap Kinerja Guru Ekonomi (Studi pada Guru Bersertifikasi di Kota Kediri). http://library.um.ac.id.

Media Indonesia. (2012). Indeks Pembangunan Manusia Indonesia Anjlok. Diakses 20-05-2012, dari http://www.mediaindonesia.com/read/2011/11/04/273638/265/114/Indeks-Pembangunan-Manusia-Indonesia-Anjlok.

Nuchiyah, N. (2007). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kinerja Mengajar Guru terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Dasar, V(7).

Nggeolima, M.R.N. (2005).Hubungan Kesejahteraan Guru, Motivasi Berprestasi dengan Kinerja Guru pada Dua SMA Negeri Di Kota SoE Kabupaten Timur Tengah Selatan, Tesis Progam Pasca Sarjana UKSW.

Oskamp, S., dan Schultz, P. W. (2005). Attitude and Opinions. New Jersey : Routledge.

Purwanto,N.M. (2003). Psikologi Pendidikan. Bandung : Remaja Rosda Karya.

Setiawati, T. (2009). Pengaruh Kompetensi Kerja terhadap Kinerja Dosen (Studi Kasus FPTK UPI) .Jurnal Media Pendidikan,Gizi dan Kuliner,1.1.1-6.

Sunarso, dan Sumadi. (2007). Analisis Faktor yang Berpengaruh terhadap Kinerja Guru Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Management Sumber Daya Manusia, 2(1), 59-70.

Suryabrata,S.(1998). Psikologi Pendidikan. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Sumardi. (2003). Pengaruh Konsep Diri dan Motivasi Berprestasi terhadap Kinerja Guru dalam Pembelajaran pada 4 SLTP Negeri di Kabupaten Semarang, Tesis, Progam Pasca Sarjana UKSW.

Siswanto., Swasto., B., dan Setiawan, M.(2001). Pengaruh Kompensasi terhadap Motivasi dan Dampaknya terhadap Kinerja Dosen (Studi terhadap Dosen Tetap Fakultas Ekonomi pada Beberapa Perguruan Tinggi Swasta di Kediri Jawa Timur). Laporan Penelitian. Diakses pada 7 Juli 2010, dari http://ppsub.ub.ac.id/.

Siagian, S.P. (2002). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Bumi Aksara.

Ruky,S.A. (2002). Sistem Manajemen Kinerja. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Rahayu, K.A (2009). Pengaruh Kompetensi dan Motivasi terhadap Kinerja Pegawai Direktorat Merek, Direktorat Jendral Hak Kekayaan Intelektual Departemen Hukum dan HAM RI. Tesis. Jakarta : Universitas Indonesia.

Retno.(2010). Hubungan antara Kepemimpinan Situasional dan Motivasi Berprestasi dengan Kinerja Guru. Journal Guruvulah.

Rivai, V., dan Sagala, E.J. (2010). Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan : dari Teori ke Praktik. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Robbins,P.S. (2001). Perilaku Organisasi : Konsep, Kontroversi, dan Aplikasi. Alih bahasa : Handayana Pujaatmika. Jakarta : Prenhalino.

Siswanto.,Swasta.,B., dan Setiawan.M. (2001). Pengaruh Kompensasi terhadap Motivasi dan Dampaknya terhadap Kinerja Dosen (Studi terhadap Dosen Tetap Fakultas Ekonomi pada Beberapa Perguruan Tinggi Swasta di Kediri Jawa Timur). Laporan Penelitian. Diakses pada 7 Juli 2010, dari http://ppsbub.ub.ac.id/.

Sulung,N.,dan Sanusi, R. (2007). Hubungan antara Motivasi dan Kinerja Dosen Jurusan Kebidanan Politeknik Kesehatan Padang. Working Paper Series. KMPK,9-1-9.

Sutiawan,C.(2002). Analisis Hubungan Motivasi dan Kepemimpinan dengan Kinerja Pejabat Struktural di Lingkungan Sekretariat Negara .Tesis. Jakarta : Universitas Indonesia.

Schultz, D.dan Schultz, S.E.(2006). Psychology and Work Today. New Jersey : Pearson Education, Inc.

Sanchez, J.(2000). Development and Examination of an Expetancy. American. 85.5(739-750).

Sedarmayanti. (2001). Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja ,Bandung : Mandor Maju.

Simamora,H. (2000). Manajemen Sumber Daya Manusia,Yogyakarta : STIE YKPN.

Sindonews (2011). Kualitas Manusia Indonesia Harus Ditingkatkan. Diakses 17-02-2012, darihttp://www.sindonews.com/read/2011/11/16/435/529962/kualitasmanusia-indonesia-harus-ditingkatkan.

Subagyo, P., dan Djarwanto. (1996). Statistik Induktif. Yogyakarta : BPFE.

Sugiyono, (2006). Metode Penelitian Bisnis, Bandung : Alfabeta.

Suhardi, F.(2002). Pengaruh Intelegensi dan Motivasi terhadap Semangat Penyempurnaan dalam Membentuk Perilaku Efisien. Anima Indonesia. Psycological Journal.3.4(346-367).

Sujarwo. (2006). Reorientasi Pengembangan Pendidikan di Era Global,Yogyakarta : UNY.

Suyanto. (2006). Dinamika Pendidikan Nasional dalam Peraturan di Indonesia.

Supriyo .(2010). Hubungan antara Motivasi Berprestasi dan Sikap Guru terhadap Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan dengan Kinerja Guru. Journal guruvulah. 20 com

Susilastuti .(2005). Pengaruh Persepsi tentang Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Berprestasi dan Profesionalisme Guru terhadap Kinerja Guru SMA Swasta di Kota Salatiga.

Schuler, R., dan Jackson, S. (1996). Manajemen Sumber Daya Manusia`: Menghadapi Abad ke 21, jilid 2 (ed. 6). Jakarta : Erlangga.

Spector, P. E. (2007). Industrial and Organizational Psychology (Research and Practice). USA : John Wiley & Sons, Inc.

Hasanah, S.D. (2010). Pengaruh Diklat Kepemimpinan Guru dan Iklim Kerja terhadap Kinerja Guru SD se Kecamatan Babakancikao Kabupaten Purwakarta. Jurnal Peneltian Pendidikan. 11.2.

Helistiawan,A.(2008). Analisis Pengaruh Budaya Organisasi Kepemimpinan dan Kompetensi terhadap Kinerja Pegawai di Lingkungan Direktorat Jendral Imigrasi. Tesis .Jakarta : Universitas Indonesia.

Hapsari, A.A. (2007). Pengaruh Motivasi terhadp Kinerja Staf Perpustakaan FIB UI. Tesis. Jakarta : Universitas Indonesia.

Hoy and Miscel. (1982). Education Administration, Jakarta : Raja Grafindo.

Ilyas, Y. (1999). Kinerja. Depok : Badan Penerbit FKM UI.

Israwati. (2008). Pengaruh Iklim Organisasi Sekolah terhadap Kinerja Mengajar. Jurnal Edukasi, IV, 1, 137-145.

Indrawati, Y.(2006). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kinerja Guru Matematika dalam Pelaksanaan KBK pada SMA Kota Palembang. Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya . 4. 7.

Jumadi. (2006). Peranan Kultur Sekolah terhadap Kinerja Guru, Motivasi Berprestasi dan Prestasi Akademik Siswa. Jurnal Peneltian Bappeda Kota Yogyakarta.1.1.

Toruan,U.L.(2004). Hubungan antara Kompetensi dan Motivasi terhadap Kinerja Pejabat Struktural di Badan Kepegawaian Negara. Tesis. Jakarta : Universitas Indonesia.

Usman, M.U. (2000). Menjadi Guru Profesional. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

__________.(2005). Menjadi Guru Profesional. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Usmara, A. (2002). Paradigma Baru Manajemen Sumber Daya Manusia, Yogyakarta : Amara books.

Vazirani, N. (2010). Review Paper. Competencies and Competency Model-a brief Overview of its Development and Application. Journal of Management,7(1),121-131.

Wijono,S. (1997). Hubungan di antara Motivasi Kerja dan Personaliti dengan Prestasi Kerja di Sebuah Organisasi. Tesis. Jakarta : Universitas Indonesia.

Wijono, S. (2010). Psikologi Industri dan Organisasi : dalam Suatu Bidang Gerak Psikologi Sumber Daya Manusia. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.

Widodo,A. (2002). Analisis tentang Motivasi Kerja, Kemampuan Kerja dan Kinerja Sekretariat Negara Republik Indonesia. Tesis. Jakarta : Universitas Indonesia.

Widayati,W. (2008). Pengaruh Motivasi Kerja dan Intensitas Pelatihan terhadap Kinerja Dosen di Universitas Hang Tuah Surabaya. Tesis. Surabaya :Universitas Airlangga. Diakses 22 Maret 2011, dari http://garuda dikti.go.id.

Winardi. (2001). Motivasi dan Pemotivasian dalam Manajemen, Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Wiranatakusumah, R.M., dan Naomi, P.(2006). Pengaruh Motivasi Diri terhadap Kinerja Belajar Mahasiswa (Studi Kasus pada Mahasiswa Universitas Paramadina). Tesis. Diakses pada tanggal 16 Oktober 2011 dari http://jurnal.upi.edu /file.

Wei-Wen-Wu.(2000). Development Strategis for Competency Models, Taiwan : International Trade Departement.

Wood.,Wallace.,Zeffane.,Schermerhorn.,Hunte.,Osborn. (2001). Organizational Behavior (a Global Perspective) .Australia : John Wiley&Sons Australia, Ltd.

Wijoyo, S. (2007). Motivasi Kerja, Salatiga : Widyasari Press.

Wirawan. (2009). Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia. Jakarta : Salemba Empat.

Wasserman,S dan Eiggert. (1973). Profiles of Teaching Competency, British Colombia : Centre for the Study of Curriculum and Instruction

Yani,S. (2005). Hubungan anatara Kompetensi Manajerial dan Komitmen Organisasi dengan Kinerja Pejabat Struktural Eselon III-IV Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia. Tesis. Jakarta : Universitas Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.52220/sikip.v1i1.38

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



SIKIP telah terdaftar pada:


SIKIP: Jurnal Pendidikan Agama Kristen
Published: STT IKAT Jakarta
Website Institusi: https://sttikat.ac.id
Address: Jalan Rempoa Permai No. 2, Pesanggrahan, RT.4/RW.11, Bintaro, Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12330
e-ISSN:2721-1622

View My Stats

Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
Copyright © SIKIP: Jurnal Pendidikan Agama Kristen. All Rights Reserved.