Korelasi Kompetensi Guru PAK SMA Negeri Se-Jakarta dengan Identitas sebagai Hamba Tuhan
Abstract
Abstrak
Di tengah dinamika intoleransi yang merambah dunia pendidikan di Jakarta khususnya pasca Pilkada Jakarta 2017 silam, pendidikan untuk semua dan cita-cita kemerdekaan yang diatribusi ke dalam UU Sistem Pendidikan Nasional menjadi perhatian penelitian. Fokusnya adalah Guru Pendidikan Agama Kristen (PAK) yang merupakan pendidik berbasis keagamaan (religius). Pendalaman terhadap kompetensi Guru (PAK) didasarkan kepada Surat 1 Petrus dengan memberikan latar teks-teks Alkitab sebagai dasar epistemologinya. Sebagai instrumen pengumpulan data menggunakan angket kepada sejumlah 50 responden Guru PAK yang mewakili 5 wilayah yakni: Jakarta Pusat, Jakarta Utara, Jakarta, Selatan, Jakarta Barat dan Jakarta Timur. Pengujian menggunakan uji regresi korelasi atas setiap butir angket dengan lima pilihan jawaban (skala Likert). Hasilnya menunjukkan, bahwa terdapat hubungan positif (searah) antara variabel Kompetensi selaku Guru PAK dengan variabel identias sebagai hamba Tuhan. Dengan nilai korelasi sebesar 0,715, maka ditunjukkan bahwa korelasi antara variabel kompetensi Guru PAK dengan identitas diri sebagai hamba Tuhan bukan hanya positif (searah) tetapi juga masuk dalam kategori kuat.
Full Text:
PDFReferences
Aris, Jacobs and Razaviech. Introduction to Research in Education, Holt Rinehart and Winston Inc., USA: 1982.
Boon, Helen. ”Raining the Bar: Ethics Education for Quality Teachers dalam Australian” Journal of Teacher Education. Vol.36,7, July 2011.
Buijs, Joseph A. “Teaching; Profession or Vocation? dalam Catholic Education”, A Journal of Inquiry and Practice, Volume 8. Issue 3. 2005.
Frankl, Viktor E. Man’s Search For Meaning, Jagakarsa: Mizan Publika, 2017.
Gangel, Kenneth O. Membina Pemimpin Pendidikan Kristen, Malang: Gandum Mas, 2001.
Hayadin, Hayahdin.”Developing Students’ Attitude Toward Environment Through Religious Education in School” dalam Jurnal ICEASD 2019, April 01-02, Indonesia.
ICLICK, “Teacher Personality Competency in Improving the Interest of Learning Education of Christian Religious in Class Study XI.1. Senior High School 1 Palangkaraya” dalam Advance in Social Science, Education and Humanities Research, volume 203. 2019.
Irawan, Prasetya. Logika dan Prosedur Penelitian: Pengantar Teori dan Panduan Praktis Penelitian Sosial bagi Mahasiswa dan Peneliti Pemula, Jakarta: STAIN, 1999.
James A. Black dan Dean A. Champion, Metode dan Masalah Penelitian Sosial, Refika Aditama, Bandung: 1999.
Kountur, Ronny. Metode Penelitian, Jakarta: Penerbit PPM, 2004.
Sanapiah, Faisal. Penelitian Kualitatif: Dasar-Dasar dan Aplikasi, Malang: YA3, 1990.
Sukardi. Metode Penelitian Pendidikan: Kompetensi dan Prakteknya, Jakarta: Bumi Aksara, 2005.
DOI: https://doi.org/10.52220/sikip.v1i1.37
Refbacks
- There are currently no refbacks.
SIKIP telah terdaftar pada:
SIKIP: Jurnal Pendidikan Agama Kristen
Published: STT IKAT Jakarta
Website Institusi: https://sttikat.ac.id
Address: Jalan Rempoa Permai No. 2, Pesanggrahan, RT.4/RW.11, Bintaro, Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12330
e-ISSN:2721-1622
Copyright © SIKIP: Jurnal Pendidikan Agama Kristen. All Rights Reserved.