Strategi Explora-Creative Learning dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen: Studi di Yayasan Global Pelangi Indonesia, Kalimantan Barat

Yuel Sumarno, Graciela Sharel Tanonggi, Samuel Geovany Paendong, Dalmasius Filemon

Abstract


Two strategies that have received considerable attention are inquiry-based learning and creative learning. Contemporary education requires approaches that are innovative and adaptive to evolving learning needs. Inquiry learning emphasizes exploration and investigation, encouraging students to think critically and analytically. On the other hand, creative learning emphasizes the development of divergent thinking and problem-solving skills, which are crucial in addressing today's global challenges. To improve students' critical thinking and creativity skills, which ultimately influence the quality of learning, this research aims to evaluate the effectiveness of combining inquiry and creative learning methodologies. This research employs the classroom action research method to practically investigate how learning materials can be enhanced by incorporating interactive and innovative teaching techniques in the context of Christianity. The results of the pilot application of the Explore-Creative learning strategy in education showed that it is highly effective in improving students' conceptual understanding, active participation, creativity, collaboration, and information retention. Additionally, this strategy can be adapted to accommodate different learning styles and varying levels of student understanding.

  

Abstrak

Dua strategi yang banyak mendapat perhatian adalah pembelajaran inquiry dan kreatif. Pendidikan kontemporer membutuhkan pendekatan yang inovatif dan adaptif terhadap kebutuhan belajar yang terus berkembang. Pembelajaran inquiry menekankan eksplorasi dan investigasi, mendorong siswa berpikir kritis dan analitis. Di sisi lain, pembelajaran kreatif fokus pada pengembangan kemampuan berpikir divergen dan problem-solving, yang sangat penting dalam menghadapi tantangan global saat ini. Dalam rangka meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kreativitas siswa, yang pada akhirnya mempengaruhi kualitas pembelajaran, penelitian ini mencoba mengevaluasi seberapa baik metodologi pembelajaran inkuiri dan kreatif dikolaborasikan. Metode dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas untuk menginvestigasi secara praktis bagaimana materi pembelajaran dapat ditingkatkan melalui penerapan teknik-teknik interaktif dan inovatif dalam pengajaran agama Kristen. Hasil uji coba penerapan strategi Explore-Creative learning dalam pembelajaran menunjukkan bahwa strategi ini sangat efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep, partisipasi aktif, kreativitas, kolaborasi dan memori informasi siswa. Selain itu, strategi ini juga dapat disesuaikan dengan gaya pembelajaran yang berbeda dan perbedaan tingkat pemahaman siswa.

 

 


Keywords


Christian religious education; explore-creative learning strategy; inquiry; YGPI Kalimantan Barat; pendidikan agama Kristen; strategi explore-creative learning

Full Text:

PDF

References


Alam, Syamsir. “Hasil PISA 2022, Refleksi Mutu Pendidikan Nasional 2023.” Media Indonesia, 2023. https://mediaindonesia.com/opini/638003/hasil-pisa-2022-refleksi-mutu-pendidikan-nasional-2023#:~:text=HASIL penelitian Program for International,%2C dan membaca (371).

Allen, Andrew. “An Introduction to Constructivism: Its Theoretical Roots and Impact on Contemporary Education.” Journal of Learning Design and Leadership 1, no. 1 (2022): 1–11. https://jmcinset.com/active-learning-classroom.

Fitriani, Rita, Endang Surahman, and Intan Azzahrah. “Implementasi Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa.” Quagga : Jurnal Pendidikan Dan Biologi 11, no. 1 (2019): 6–11. https://doi.org/10.25134/quagga.v11i1.1426.

Hapsari, L. Z. R, and F Kristin. “Meta Analisis Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa SD.” Jurnal Inovasi Penelitian 2, no. 2 (2021): 651–60.

Herin, Grelsiana. “Pola Interaksi Satu Arah Dalam Proses Pembelajaran Di Kelas XI IPS SMA Negeri 6 Makassar.” Jurnal Sosialisasi Pendidikan Sosiologi-FIS UNM 3, no. 2 (2017): 136–42.

Kartika, Titis Puspitaningrum Dewi. “Penerapan Pembelajaran Kontekstual Dengan Model Problem Based Learning.” Journal of Accounting and Business Education 1, no. 1 (2016): 1–14. https://doi.org/10.26675/jabe.v1i1.6012.

Kusmiati, Ety, Nur Chabibah, and Mala Khoiri Rizkiah. “Penerapan Model Pictorial Riddle Dalam Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS.” Tahsinia: Jurnal Karya Umum Dan Ilmia 2, no. 2 (2021): 114–23. https://doi.org/10.57171/jt.v2i2.298.

Pantan, Frans. “Chatgpt Dan Artificial Intelligence: Kekacauan Atau Kebangunan Bagi Pendidikan Agama Kristen Di Era Postmodern.” Diegesis : Jurnal Teologi 8, no. 1 (2023): 108–20. https://doi.org/10.46933/dgs.vol8i1108-120.

Rehani, Annisa, and Triono Ali Mustofa. “Implementasi Project Based Learning Dalam Meningkatkan Pola Pikir Kritis Siswa Di SMK Negeri 1 Surakarta.” Didaktika: Jurnal Kependidikan 12, no. 4 (2023): 487–96. https://jurnaldidaktika.org/contents/article/view/273.

Sanjani, Maulana Akbar. “Pelaksanaan Strategi Pembelajaran Inkuiri.” Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan 8, no. 2 (2019): 40–45.

Suyatmo, Suyatmo, Via Yustitia, Tomi Apra Santosa, Fajriana Fajriana, and Unan Yusmaniar Oktiawati. “Effectiveness of the Inquiry Based Learning Model Based on Mobile Learning on Students’ Creative Thinking Skills: A Meta-Analysis.” Jurnal Penelitian Pendidikan IPA 9, no. 9 (2023): 712–20. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i9.5184.

Yuwono, Imam, and Mirnawati Mirnawati. “Strategi Pembelajaran Kreatif Dalam Pendidikan Inklusi Di Jenjang Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 5, no. 4 (2021): 2015–20.




DOI: https://doi.org/10.52220/sikip.v6i1.362

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



SIKIP telah terdaftar pada:


SIKIP: Jurnal Pendidikan Agama Kristen
Published: STT IKAT Jakarta
Website Institusi: https://sttikat.ac.id
Address: Jalan Rempoa Permai No. 2, Pesanggrahan, RT.4/RW.11, Bintaro, Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12330
e-ISSN:2721-1622

View My Stats

Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
Copyright © SIKIP: Jurnal Pendidikan Agama Kristen. All Rights Reserved.