Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran
Abstract
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh model pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, asosiatif. Lokasi penelitian ini adalah di SD Presiden Jl. Ki Hajar Dewantara, Pasirgombong, Kec. Cikarang Utara, Bekasi, Jawa Barat. Populasi penelitian ini adalah para siswa SD Presiden yang terdiri dari 4 kelas denganjumlah 70 orang siswa dengan besaran sampel sebanyak 30 orang siswa. Data penelitian dikumpulkan dengan teknik angket yang sudah terbukti valid dan reliabel. Pada tahap pertama data setiap variabel dianalisis dengan menggunakan distribusi frekuensi sederhana dan dilanjutkan pada tahap kedua dengan analisis regresi linier. Perhitungan ini dilakukan dengan berbantu prgram SPSS for windows. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa. Untuk itu disarankan kepada guru untuk meningkatkan prestasi belajar siswanya melalui penggunaan model pembelajaran yang paling sesuai. Sedangkan peran supervisi kepala sekolah dan pengawas sekolah diperlukan untuk menjamin baiknya model pembelajaran yang diselenggarakan oleh guru.
Full Text:
PDFReferences
Alfred A. Knopf. Mizikaci, F. (2006). A systems approach to program evaluation model for quality in higher education. Quality Assurance in Education, 14(1), 37-53.
Aminah, S. (2010). Pengaruh Motivasi Belajar dan Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru Mata Pelajaran Akuntansi Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Nubatukan Lembata NTT Tahun Ajaran 2009/2010.
Cohen, L., Manion, L., & Marrison, K. (2007). Research in education sixth edition.
Coulson, John E., and Cogswell, John F. System Analysis in Education, SP-1863, System Development Corporation, Santa Monica, Calif., January 1965.
Dick, W. & Carey.L. 2014. The Systemic Design of Instruction. United State: Addison-Wesley Educational Publishers Inc.
Dimyati. Mudjiono. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Feenberg, A. (1991) Critical Theory of Technology. New York: Oxford University Press.
Flanagan, D. P., McGrew, K. S., Ortiz, S. O. 2000. The Wechsler Intelligence Scales and Gf-Gc Theory: A Contemporary Approach to Interpretation. Allyn and Bacon.
Frelberg, H.J. and Driscoll, A. (1992). Universal Teaching Strategies. Boston: Allyn & Bacon.
Fry, H., Ketteridge, S., & Marshall, S. (2009). A Handbook for Learning and Teaching in Higher Education Enhancing Academic Practice (3rd ed.). London: Taylor Francis
Gardner, H. 2011. Frames of Mind: The Theory of Multiple Intelligences. Basic Book
Gerlach, V.S. & Ely, D.P. (1980). Teaching and Media A Systematic Approach. New Jersey: Prentice Hall
Goleman, D. 2012. Emotional Intelligence. Why It Can Matter More Than IQ? Bantam Books
Gunarso, A. 1993. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Hoban, Charles F. "Man, Ritual, The Establishment and Instructional Technology," Educational Technology, vol. 8, no. 20, 1968.
Kaufman, Roger A., and Camody, C. The New Look in Training: The Instructional Systems Approach, Douglas Aircraft Co., Inc., Long Beach, Calif.; paper presented at the Air Transport Association Conference, Washington, October 1964.
Mannheim, K. (1952) Essays on the Sociology of Knowledge. New York: Oxford University Press.
Muffoletto, R. (1991) System Thinking and Critical Inquiry: teachers, teacher education, and the new technology, Iowa Educational Leadership, 8, pp. 4044.
Muffoletto, R. (1993) The expert teaching machine: unpacking the mask in R. Muffoletto & N. Knupfer (Eds) Computers in Education: social, historical, political perspectives. Cresskill: Hampton Press.
Northey, S. S. 2005. Handbook on Differentiated Instruction for Middle and High Schools. Eye on Education
Purwanto, N. 2017. Psikologi Pendidikan. Remaja Rosdakarya.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
Sternberg, R. J. 1997. Thinking Styles. Cambridge University Press
Sudjana, Nana. (2016). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Alfabeta
Sudrajat, A. (2008). Pengertian pendekatan, strategi, metode, teknik, taktik, dan model pembelajaran. (http://smacepiring. wordpress. com).
Sugihartono. 2007. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY PRESS. Selderhuis, H. J. 2009. The Calvin Handbook. William B. Eerdmans Publishing
Sugiyono, 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Jakarta: Alfabeta
Wahyuningsih, D. (2010). Pengaruh Motivasi Berprestasi, Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru, dan Perhatian Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan Siswa Kelas XI Program Keahlian Akuntansi SMK Negeri 1 Juwiring Klaten Tahun Ajaran 2009/2010.
Wibowo, M. I. T. 2011. Pengaruh Metode Pembelajaran Penugasan dan Sarana Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi (KKPI) Siswa Kelas XII Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran di SMK N 6 Surakarta Tahun 2010, digilib.uns.ac.id.
Winkel, W. S. 2009. Psikologi Pengajaran. Yogyakarta: Media Abadi
DOI: https://doi.org/10.52220/sikip.v1i1.34
Refbacks
- There are currently no refbacks.
SIKIP telah terdaftar pada:
SIKIP: Jurnal Pendidikan Agama Kristen
Published: STT IKAT Jakarta
Website Institusi: https://sttikat.ac.id
Address: Jalan Rempoa Permai No. 2, Pesanggrahan, RT.4/RW.11, Bintaro, Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12330
e-ISSN:2721-1622
Copyright © SIKIP: Jurnal Pendidikan Agama Kristen. All Rights Reserved.