Impelementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen di Abad 21

Daniel S. Tjandra

Abstract


The era of globalization is inevitable, willing or unwilling to be ready or not ready for everyone to face globalization. The era of globalization can be said as an era of openness, an era of technology that is close to people's lives and even inherent in everyday life. Globalization colors and influences all aspects of life without exception the realm of education experiences or is affected by the effects of the times, globalization and technological sophistication. Education makes it possible to use all the advances of the times to produce an educational goal that shapes the complete human to face his day. 21st century learning provides a prominent change in the world of education, where learning is no longer focused on the results achieved, but on the learning process itself. Forming the competencies of students who have high-level thinking skills, are creative, communicative, and collaborative. This discussion will provide an understanding of 21st century learning implemented in Christian Religious Education subjects. Christian religious learning is expected to follow the development of 21st century learning so that in conveying learning content can prepare students to welcome the 21st century. Thus the curriculum in Indonesia is developed, and the 2013 curriculum is used now as part of responding to the challenges of the 21st century.


Abstrak
Era globalisasi tidak dapat dihindari, mau atau tidak mau siap atau tidak siap setiap orang menghadapi globalisasi. Era globalisasi dapat dikatakan sebagai era keterbukaan, era teknologi yang dekat dengan kehidupan masyarakat bahkan melekat dalam kehidupan sehari-hari. Globalisasi mewarnai dan mempengaruhi segala aspek kehidupan tanpa terkecuali ranah pendidikan mengalami atau tekena efek dari kemajuan zaman, globalisasi dan kecanggihan teknologi. Pendidikan memungkinkan meng-gunakan segala kemajuan zaman untuk menghasilkan sebuah tujuan pendidikan yang membentuk manusia secara lengkap untuk menghadapi zamannya. Pembelajaran abad 21 memberikan sebuah perubahan yang menonjol dalam dunia pendidikan, dimana pembelajaran bukan lagi dipusatkan kepada hasil yang dicapai, namun kepada proses pembelajaran itu sendiri. Membentuk kompetensi peserta didik yang memiliki keterampilan berpikir tingkat tinggi, kreatif, komunikatif, dan kolaborasi. Pada pembahasan kali ini akan memberikan pemahaman tentang pembelajaran abad 21 yang diimplementasikan dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Kristen. Pembelajaran Agama Kristen diharapkan mengikuti perkembangan pembelajaran abad 21 sehingga dalam menyampaikan konten pembelajaran dapat mempersiapkan peserta didik menyongsong abad 21. Dengan demikian Kurikulum di Indonesia dikembangkan, dan Kurikulum 2013 yang digunakan sekarang sebagai bagian dalam menjawab tantangan zaman abad 21.

Full Text:

PDF

References


Alkitab, 2001. Jakarta: Lembaga Alkitab Indonesia

Anthony J, Michael. 2017. Introducing Christian Education: Fondasi Pendidikan Abad 21. Malang: Gandum Mas

Darmadi. 2017. Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Siswa. Yogyakarta: Deepublish

Malawi, Ibadullah, dkk. 2019. Teori dan Aplikasi Pembelajaran Terpadu. Magetan: CV AE Media Grafika.

Mariyaningsih, Nining dan Mistina Hadiyanti. 2018. Bukan Kelas Biasa: Teori dan Praktik Berbagai Model dan Metode Pembelajaran Menerapkan Inovasi Pembelajaran di Kelas-kelas inspiratif. Surakarta: CV Kekata Group.

Murdiati, Santi, Dewi Salma Prawiradilaga, dkk. 2015. Prinsip dan Disain Pembelajaran. Jakarta: Kencana

Piandi, Didi dan Jon Darmawan, dkk. 2018. Best Practice: Karya Guru Inovatif yang Inspiratif (Menarik Perhatian Peserta Didik). Sukabumi: CV Jejak.

Permendikbud No. 81A tahun 2013

Permendikbud No. 104 tahun 2014 tentang Pembelajaran.

Qusthalani. 2019. Pendidikan Tanpa Kertas Abad 21. Bogor: Guepedia

Rusman. 2017. Belajar dan Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana

Sanjaya, Wina dan Andi Budimanjaya.2017. Paradigma Baru Mengajar. Jakarta: Kencana

Smaldino, Sharon E. 2014. Instructional Tecnologi and Media for Learning.

Suryani, Esti. 2017. Best Practice: Pembelajaran Inovasi Melalui Model Project Based Learning. Yogyakarta: Deepublish

Syafredi, Kiky. 2018. Hasil Penelitian “Efek Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Fisika Siswa”. Sukabumi: CV Jejak

Undang-Undang Sisdiknas No.20 Tahun 2003 pasal 3

Widaningsih, Ida. 2019. Strategi dan Inovasi Pembelajaran Bahasa Indonesia di Era Revolusi Industri 4.0. Sidoarjo: Uwais Inspirasi Indonesia

Winarno, Budi. 2017. Globalisasi Peluang atau Ancaman Bagi Indonesia. Jakarta: Erlangga

Yaumi, Muhammad.2018, Media dan Teknologi Pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia Group




DOI: https://doi.org/10.52220/sikip.v1i1.33

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



SIKIP telah terdaftar pada:


SIKIP: Jurnal Pendidikan Agama Kristen
Published: STT IKAT Jakarta
Website Institusi: https://sttikat.ac.id
Address: Jalan Rempoa Permai No. 2, Pesanggrahan, RT.4/RW.11, Bintaro, Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12330
e-ISSN:2721-1622

View My Stats

Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
Copyright © SIKIP: Jurnal Pendidikan Agama Kristen. All Rights Reserved.