Impelementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen di Abad 21
Abstract
Abstrak
Era globalisasi tidak dapat dihindari, mau atau tidak mau siap atau tidak siap setiap orang menghadapi globalisasi. Era globalisasi dapat dikatakan sebagai era keterbukaan, era teknologi yang dekat dengan kehidupan masyarakat bahkan melekat dalam kehidupan sehari-hari. Globalisasi mewarnai dan mempengaruhi segala aspek kehidupan tanpa terkecuali ranah pendidikan mengalami atau tekena efek dari kemajuan zaman, globalisasi dan kecanggihan teknologi. Pendidikan memungkinkan meng-gunakan segala kemajuan zaman untuk menghasilkan sebuah tujuan pendidikan yang membentuk manusia secara lengkap untuk menghadapi zamannya. Pembelajaran abad 21 memberikan sebuah perubahan yang menonjol dalam dunia pendidikan, dimana pembelajaran bukan lagi dipusatkan kepada hasil yang dicapai, namun kepada proses pembelajaran itu sendiri. Membentuk kompetensi peserta didik yang memiliki keterampilan berpikir tingkat tinggi, kreatif, komunikatif, dan kolaborasi. Pada pembahasan kali ini akan memberikan pemahaman tentang pembelajaran abad 21 yang diimplementasikan dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Kristen. Pembelajaran Agama Kristen diharapkan mengikuti perkembangan pembelajaran abad 21 sehingga dalam menyampaikan konten pembelajaran dapat mempersiapkan peserta didik menyongsong abad 21. Dengan demikian Kurikulum di Indonesia dikembangkan, dan Kurikulum 2013 yang digunakan sekarang sebagai bagian dalam menjawab tantangan zaman abad 21.
Full Text:
PDFReferences
Alkitab, 2001. Jakarta: Lembaga Alkitab Indonesia
Anthony J, Michael. 2017. Introducing Christian Education: Fondasi Pendidikan Abad 21. Malang: Gandum Mas
Darmadi. 2017. Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Siswa. Yogyakarta: Deepublish
Malawi, Ibadullah, dkk. 2019. Teori dan Aplikasi Pembelajaran Terpadu. Magetan: CV AE Media Grafika.
Mariyaningsih, Nining dan Mistina Hadiyanti. 2018. Bukan Kelas Biasa: Teori dan Praktik Berbagai Model dan Metode Pembelajaran Menerapkan Inovasi Pembelajaran di Kelas-kelas inspiratif. Surakarta: CV Kekata Group.
Murdiati, Santi, Dewi Salma Prawiradilaga, dkk. 2015. Prinsip dan Disain Pembelajaran. Jakarta: Kencana
Piandi, Didi dan Jon Darmawan, dkk. 2018. Best Practice: Karya Guru Inovatif yang Inspiratif (Menarik Perhatian Peserta Didik). Sukabumi: CV Jejak.
Permendikbud No. 81A tahun 2013
Permendikbud No. 104 tahun 2014 tentang Pembelajaran.
Qusthalani. 2019. Pendidikan Tanpa Kertas Abad 21. Bogor: Guepedia
Rusman. 2017. Belajar dan Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana
Sanjaya, Wina dan Andi Budimanjaya.2017. Paradigma Baru Mengajar. Jakarta: Kencana
Smaldino, Sharon E. 2014. Instructional Tecnologi and Media for Learning.
Suryani, Esti. 2017. Best Practice: Pembelajaran Inovasi Melalui Model Project Based Learning. Yogyakarta: Deepublish
Syafredi, Kiky. 2018. Hasil Penelitian “Efek Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Fisika Siswa”. Sukabumi: CV Jejak
Undang-Undang Sisdiknas No.20 Tahun 2003 pasal 3
Widaningsih, Ida. 2019. Strategi dan Inovasi Pembelajaran Bahasa Indonesia di Era Revolusi Industri 4.0. Sidoarjo: Uwais Inspirasi Indonesia
Winarno, Budi. 2017. Globalisasi Peluang atau Ancaman Bagi Indonesia. Jakarta: Erlangga
Yaumi, Muhammad.2018, Media dan Teknologi Pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia Group
DOI: https://doi.org/10.52220/sikip.v1i1.33
Refbacks
- There are currently no refbacks.
SIKIP telah terdaftar pada:
SIKIP: Jurnal Pendidikan Agama Kristen
Published: STT IKAT Jakarta
Website Institusi: https://sttikat.ac.id
Address: Jalan Rempoa Permai No. 2, Pesanggrahan, RT.4/RW.11, Bintaro, Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12330
e-ISSN:2721-1622
Copyright © SIKIP: Jurnal Pendidikan Agama Kristen. All Rights Reserved.