Memperkuat Nilai-Nilai Pendidikan Kristiani di tengah Perubahan Sosial dan Revolusi Budaya Digital
Abstract
In the increasingly advanced and rapidly developing digital era and the existence of global culture, significant changes affect various aspects of human life, including morals and spirituality. Christian education has a vital role in building a life based on Christian values, which remains relevant amid the dynamics of social change. The background problem in this study is how Christian education can face the challenges arising from cultural shifts influenced by digitalization, which often promote values contrary to Christian teachings. The purpose of this paper is to explore how Christian education can be adapted and integrated with digital culture so that it can shape the lives of individuals who are strong in faith despite being in the midst of rapid social change. Using a descriptive qualitative method with a literature study approach, it can be concluded that the importance of understanding the nature of digital culture and also the challenges and impacts of digital culture, the role of Christian education amid social change that affects character development and especially the understanding of Christian values can be a strong fortress in facing the challenges of the digital era. Christian education can guide individuals to live meaningfully without losing their faith identity during dynamic social change.
Abstrak
Di era digital yang semakin maju, dan berkembang pesat serta adanya kebudayaan global mengalami perubahan signifikan yang mempengaruhi berbagai aspek kehidupan manusia, termasuk dalam hal moral dan spiritualitas. Pendidikan Kristen memiliki peran penting dalam membangun kehidupan yang berlandaskan nilai-nilai kekristenan, yang tetap relevan di tengah dinamika perubahan sosial. Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pendidikan Kristen dapat menghadapi tantangan yang muncul dari pergeseran budaya yang dipengaruhi oleh digitalisasi, yang sering kali mempromosikan nilai-nilai yang bertentangan dengan ajaran Kristiani. Tujuan penulisan ini untuk mengeksplorasi bagaimana pendidikan Kristen dapat diadaptasi dan diintegrasikan dengan kebudayaan digital, sehingga mampu membentuk kehidupan individu yang kokoh dalam iman, meskipun berada di tengah perubahan sosial yang cepat. Menggunakan metode kualitatif deskritif dengan pendekatan studi pustaka, maka dapat disimpulkan bahwa Pentingnya memahami hakikat kebudayaan digital dan juga Tantangan dan Dampak dari kebudayaan digital maka Peran Pendidikan Kristen di Tengah Perubahan sosial yang memengaruhi pengembangan karakter dan terlebih pemahaman nilai-nilai kekristenan dapat menjadi benteng yang kuat dalam menghadapi tantangan era digital. Pendidikan Kristen yang mampu membimbing individu dalam menjalani kehidupan yang bermakna, tanpa kehilangan identitas iman mereka di tengah arus perubahan sosial yang dinamis.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anwar, Fahmi. “Perubahan Dan Permasalahan Media Sosial.” Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, Dan Seni, 2017. https://doi.org/10.24912/jmishumsen.v1i1.343.
Arianto, Bambang. “Pandemi Covid-19 Dan Transformasi Budaya Digital Di Indonesia.” Titian: Jurnal Ilmu Humaniora 5, no. 2 (2021): 233–50.
Arifianto, Yonatan Alex. “Pentingnya Pendidikan Kristen Dalam Membangun Kerohanian Keluarga Di Masa Pandemi Covid-19.” REGULA FIDEI: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 5, no. 2 (2020): 94–106. http://christianeducation.id/e-journal/index.php/regulafidei/article/view/52.
Arifianto, Yonatan Alex, and Joseph Christ Santo. “Iman Kristen Dan Perundungan Di Era Disrupsi.” Angelion: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen 1, no. 2 (2020): 149–63.
Bora, Merliana Ina, and Wahyu Irawati. “Kajian Etika Kristen Terkait Peran Guru Dalam Menerapkan Pendidikan Karakter Untuk Mengatasi Kemerosotan Karakter Siswa Di Era Digital.” JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education, 2022.
Budiyana, Hardi, Yonatan Alex Arifianto, and Samuel Purdaryanto. “Phubbing Dalam Perspektif Etis Tologis: Kajian Mereduksi Anti Sosial Dalam Masyarakat.” Manna Rafflesia 10, no. 2 (2024): 356–70. https://doi.org/10.38091/man_raf.v10i2.405.
Dalensang, Remelia, and Melky Molle. “Peran Gereja Dalam Pengembangan Pendidikan Kristen Bagi Anak Muda Pada Era Teknologi Digital.” Jurnal Abdiel: Khazanah Pemikiran Teologi, Pendidikan Agama Kristen Dan Musik Gereja 5, no. 2 (2021): 255–71. https://doi.org/10.37368/ja.v5i2.189.
Doni, A. “Pendidikan Agama Kristen Di Era Digital Ada Tantangan Dan Peluang Baru.” Jurnal Pendidikan Agama Dan Teologi 2, no. 2 (2024): 196–210.
Gea, Leniwan Darmawati, and Kana Kana. “Manfaat Dan Tantangan Moral Penggunaan Internet Dalam Budaya Digital Di Dunia Pendidikan, Serta Tanggapan Etis Kristen.” Makarios: Jurnal Teologi Kontekstual, 2023. https://doi.org/10.52157/mak.v2i1.234.
Hamdani, Annisa Dwi. “Pendidikan Di Era Digital Yang Mereduksi Nilai Budaya.” CERMIN: Jurnal Penelitian 5, no. 1 (2021): 62–74. https://doi.org/10.36841/cermin_unars.v5i1.971.
Indrianto, Indrianto, Yonatan Alex Arifianto, and Reni Triposa. “Peran Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Upaya Preventif Pornografi.” DIDASKO: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen, 2021. https://doi.org/10.52879/didasko.v1i1.1.
Jonatan, Jonatan, and Anwar Three Millenium Waruwu. “Peran Teknologi Digital Dalam Pengembangan Pembelajaran Kristen Di Era Digital.” ANTHOR: Education and Learning Journal 2, no. 6 (2023): 805–11.
Kii, Nofida Ina. “Peran Guru Pak Dalam Mengatasi Penyembahan Berhala.” Sekolah Tinggi Teologi Injili Arastamar (Setia) Jakarta, 2017.
Mardiyati, Sri, Rahmatullah Rahmatullah, Mamiek Suendarti, Nurdeni Nurdeni, Firdaus Budhy Saputro, and Nur Rizkiyah. “Pengaruh Teknologi Digital Terhadap Kekerasan Bagi Kaum Perempuan Dan Anak-Anak.” Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat 3, no. 2 (2022): 474–78. https://doi.org/10.31004/cdj.v3i2.3898.
Mayssara A. Abo Hassanin Supervised, Affiifi. “Ketidakmerataan Pembangunan Infrastruktur Daerah Dan Dampaknya Bagi Kesejahteraan Masyarakat Di Kabupaten Banjarnegara.” Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 2014.
Mendrofa, Eriyani. “Model Pengajaran Alkitab Dalam Pendidikan Kristen Di Era Digital.” DIDAKTIKOS: Jurnal Pendidikan Agama Kristen Duta Harapan 4, no. 2 (2021): 115–23.
Ngafifi, Muhamad. “Kemajuan Teknologi Dan Pola Hidup Manusia Dalam Perspektif Sosial Budaya.” Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi 2, no. 1 (2014).
Partadisastra, Amanda Mirasherly, Brilliant Sekar Taji, Dwi Sulistiawati, and Hana Hasanah. “Dampak Globalisasi Informasi Terhadap Perilaku Konsumtif Di Kalangan Mahasiswa Jakarta.” Jurnal Mutakallimin : Jurnal Ilmu Komunikasi 5, no. 1 (2022). https://doi.org/10.31602/jm.v5i1.6465.
Pratama, Resqa Suci. “Apa Itu Budaya Digital?” Bengkuluinteraktif, 2022.
Purdaryanto, Samuel. “Landasan Historis Pendidikan Kristen Dan Relevansinya Dalam Pendidikan Kristen Masa Kini.” SESAWI: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen 2, no. 2 (2021): 220–38. https://doi.org/10.53687/sjtpk.v2i2.45.
Purwoto, Paulus, Hardi Budiyana, and Yonatan Alex Arifianto. “Landasan Teologis Pendidikan Kristen Dalam Perjanjian Baru Dan Relevansinya Bagi Pendidikan Kristen Masa Kini.” DIDAKTIKOS: Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 2020. https://doi.org/10.32490/didaktik.v3i1.38.
Saidi, M.Hum, Dr. Acep Iwan, Dyah Gayatri Puspitasari, and Harifa Ali Alba Siregar. “Pola-Pola Komunikasi Dalam Kebudayaan Digital.” Jurnal Sosioteknologi 18, no. 1 (2019): 74–90. https://doi.org/10.5614/sostek.itbj.2019.18.1.6.
Saputra, Tjendanawangi. “Signifikansi Teori Horace Bushnell Bagi Pendidikan Keluarga Kristiani Di Era Revolusi Industri 4.0.” Jurnal Abdiel: Khazanah Pemikiran Teologi, Pendidikan Agama Kristen Dan Musik Gereja 6, no. 1 (2022): 55–72. https://doi.org/10.37368/ja.v6i1.349.
Setiawan, Wawan. “Era Digital Dan Tantangannya.” Seminar Nasional Pendidikan, 2017.
Sugiyono. Metode Penelitian Kualitatif Dan R & D. Bandung: Alfabeta, 2013.
Sukono, Djoko. “Alkitab: Penyataan Allah Yang Diilhamkan.” PASCA: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen 15, no. 1 (2019): 28–34. https://doi.org/10.46494/psc.v15i1.66.
Sumarti, Sri, Titi Anjarini, and Muflikhul Khaq. “Pengembangan Ensiklopedia Digital Terintregrasi Pendidikan Karakter Untuk Siswa Kelas V Sd.” SITTAH: Journal of Primary Education 2, no. 2 (2021): 131–44. https://doi.org/10.30762/sittah.v2i2.3399.
Triposa, Reni, Yonatan Alex Arifianto, and Yudi Hendrilia. “Peran Guru PAK Sebagai Teladan Dalam Meningkatkan Kerohanian Dan Karakter Peserta Didik.” Jurnal Pendidikan Agama Kristen (JUPAK) 1, no. 2 (2021): 124–43.
Vera Rimbawani Sushanty. “Pornografi Dunia Maya Menurut Kitab Undang-Undang Hukum Pidana, Undang-Undang Pornografi Dan Undang-Undang Informasi Elektronik.” Jurnal Gagasan Hukum 1, no. 01 (2019): 109–29. https://doi.org/10.31849/jgh.v1i01.2894.
Wibowo, Gandi, and Trivena Andrianikus. “Konsep Alkitab (Ulangan 6:4-9) Tentang Pendidikan Agama Kristen Anak.” Voice, 2021. https://doi.org/10.54636/teologi.v1i1.9.
Zulfa, Mulki Indana, Silvester Tena, and Sampurna Dadi Rizkiono. “Aktivitas Sniffing Pada Malware Pencuri Uang Di Smartphone Android.” RENATA: Jurnal Pengabdian Masyarakat Kita Semua, 2023. https://doi.org/10.61124/1.renata.4.
DOI: https://doi.org/10.52220/sikip.v5i2.277
Refbacks
- There are currently no refbacks.
SIKIP telah terdaftar pada:
SIKIP: Jurnal Pendidikan Agama Kristen
Published: STT IKAT Jakarta
Website Institusi: https://sttikat.ac.id
Address: Jalan Rempoa Permai No. 2, Pesanggrahan, RT.4/RW.11, Bintaro, Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12330
e-ISSN:2721-1622
Copyright © SIKIP: Jurnal Pendidikan Agama Kristen. All Rights Reserved.