Pendidikan Kristiani dalam Membentuk Kepribadian Sosial Anak: Membangun Sikap Anti-Bullying

Benyamin Pintakhari

Abstract


Perilaku bullying di kalangan anak-anak dan remaja dewasa ini telah menjadi isu serius, yang dibicarakan untuk mengatasi persoalan tersebut apalagi saat ini terjadi banyak kasus yang snegaja diviralkan. Oleh sebab itu pendidikan agama Kristen menawarkan pendekatan sesuai jaran Kristen dalam membentuk karakter anak-anak untuk menghadapi tantangan ini. Artikel ini bertujuan untuk menyelidiki peran pendidikan agama Kristen dalam mengatasi perilaku bullying pada generasi penerus. Bullying tidak hanya menyebabkan dampak psikologis yang serius bagi korban, tetapi juga merusak iklim lingkungan pergaulan terutama dalam lingkungan gereja, sekolah dan keluarga. Menggunakan metode penelitian kualitatif deskritif dengan pendekatan studi pustaka. Maka dapat disimpulkan bahwa  anak dapat mengetahui dampak buruk dari perilaku bullying, sehingga perlunya pendekatan pendidikan agama Kristen dalam pendidikan karakter mengatasi bullying. Dan tentunya membentuk kepribadian yang menghargai dan melindungi diri sendiri dan sesamanya, serta memberikan landasan moral yang kuat bagi anak-anak dalam menanggapi dan mencegah perilaku bullying di manapun anak berada

Keywords


Pendidikan Agama Kristen, Kepribadian Anak, Bullying,Gereja

References


Agustini, Cindi Dwi, and Dita Handayani. “Sosialisasi Penyuluhan Psikoedukasi Pencegahan Perundungan (Bullying) Di Madrasah Al-Inayah Desa Padasuka Kecamatan Kutawaringin Kabupaten Bandung.” Jurnal Abdi Masyarakat (JAM) 8, no. 2 (2023): 167. https://doi.org/10.22441/jam.v8i2.17156.

Anjaya, Carolina Etnasari, Andreas Fernando, and Yonatan Alex Arifianto. “Penderitaan Kristus Dalam Formasi Spiritual Yang Mengedukasi Orang Percaya.” Jurnal EFATA: Jurnal Teologi Dan Pelayanan 8, no. 1 (2022): 1–11. https://doi.org/10.47543/efata.v8i1.52.

Arifianto, Yonatan Alex. “Pentingnya Pendidikan Kristen Dalam Membangun Kerohanian Keluarga Di Masa Pandemi Covid-19.” REGULA FIDEI: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 5, no. 2 (2020): 94–106. http://christianeducation.id/e-journal/index.php/regulafidei/article/view/52.

Arifianto, Yonatan Alex, and Joseph Christ Santo. “Iman Kristen Dan Perundungan Di Era Disrupsi.” Angelion: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen 1, no. 2 (2020): 149–63.

Ayuni, Despa. “Pencegahan Bullying Dalam Pendidikan Anak Usia Dini.” Journal of Education Research 2, no. 3 (2021): 93–100. https://doi.org/10.37985/jer.v2i3.55.

Belo, Yosia. “Urgensi Pendidikan Kristen Berdasarkan Alkitab.” Jurnal Luxnos 4, no. 1 (2021): 95–104. https://doi.org/10.47304/jl.v4i1.124.

Borualogo, Ihsana Sabriani, Hedi Wahyudi, and Sulisworo Kusdiyati. “Prediktor Perundungan Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan 8, no. 1 (2020): 35–43. https://doi.org/10.22219/jipt.v8i1.9841.

Bu’ulolo, Saferius, Sri Florina L. Zagoto, and Bestari Laia. “Peran Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Mencegah Bullying Di Sma Negeri 1 Amandraya Tahun Pelajaran 2020/2021.” Counseling For All (Jurnal Bimbingan Dan Konseling) 2, no. 1 (2022): 53–62. https://doi.org/10.57094/jubikon.v2i1.376.

Dhamayanti, Meita. “Bullying: Fenomena Gunung Es Di Dunia Pendidikan.” Sari Pediatri 23, no. 1 (2021): 67. https://doi.org/10.14238/sp23.1.2021.67-74.

DPR RI. “Pemerintah Harus Petakan Faktor Penyebab Bullying Anak.” 29 September, 2023. https://www.dpr.go.id/berita/detail/id/46802/t/Pemerintah+Harus+Petakan+Faktor+Penyebab+Bullying+Anak.

Krisdian, Eka Anggraeni, and Iman Subekti. “E-Book Cerita Bergambar Pencegahan Bullying Untuk Anak Usia 9-11 Tahun Berbasis Alkitab.” Aletheia Christian Educators Journal 2, no. 1 (2021): 57–68. https://doi.org/10.9744/aletheia.2.1.57-68.

Manurung, Freddy. “Bukan Lagi Korban: Edukasi Pembuli Di Perguruan Advent Lumban Gambiri.” AKM: Aksi Kepada Masyarakat 4, no. 2 (2024): 465–72. https://doi.org/10.36908/akm.v4i2.981.

Mulyana, Andi Muhammad Agung, M. Syukri Akub, and Hijrah Adhyanti Mirzana. “Tinjauan Kriminologis Terhadap Tindak Pidana Kekerasan Oleh Anak Dalam Bentuk Perundungan (Bullying).” Jurnal Diskursus Islam 11, no. 2 (2023): 83–95. https://doi.org/10.24252/jdi.v11i2.34160.

Nainggolan, Anton. “Pendidikan Karakter Kristen Sebagai Upaya Mengembangkan Sikap Batin Peserta Didik.” Excelsis Deo: Jurnal Teologi, Misiologi, Dan Pendidikan 4, no. 2 (2021): 71–86. https://doi.org/10.51730/ed.v4i2.55.

Nikolaos, Nikolaos, and Yonatan Alex Arifianto. “Peran Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Pendidikan Sebagai Upaya Peningkatan Karakter Naradidik.” MANTHANO: Jurnal Pendidikan Kristen 2, no. 1 (2023): 42–52. https://doi.org/10.55967/manthano.v2i1.26.

Patri, Yohanes Alfri. “Menghormati Martabat Manusia Dalam Situasi Terminal.” Lumen Veritatis: Jurnal Filsafat Dan Teologi 13, no. 2 (2022): 149–64. https://doi.org/10.30822/lumenveritatis.v13i2.2015.

Pranowo, Yogie. “Kepentingan Diri Dan Martabat Manusia.” Focus 4, no. 1 (2023): 81–92. https://doi.org/10.26593/focus.v4i1.6705.

Rachmah, Dwi Nur, Rika Vira Zwagery, Widyawati Widyawati, Rifka Hasmi Munajat, and Muhammad Ishlahuddin Noor Ishlahuddin Noor. “Penyuluhan Ke Orangtua Mengenai Dampak Dan Perilaku Bullying Pada Anak Usia Dini.” PLAKAT : Jurnal Pelayanan Kepada Masyarakat 4, no. 1 (2022): 71. https://doi.org/10.30872/plakat.v4i1.6818.

Rahmelia, Silvia, Stephanus Prihadi, and Nopitha Nopitha. “Peranan Guru Pendidikan Agama Kristen Dan Budi Pekerti Melalui Pendekatan Norma Agama Dan Perubahan Perilaku Dalam Mengatasi Bullying Antar Siswa Di SMPN Satu Atap-1 Katingan Tengah.” EDULEAD: Journal of Christian Education and Leadership 4, no. 1 (2023): 40–50.

Ririn, Ririn Nurlafika Dewi. “Hubungan Orang Tua Dan Guru Dalam Mencegah Bullying.” Awwaliyah: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah 6, no. 2 (2023): 110–16. https://doi.org/10.58518/awwaliyah.v6i2.1739.

Rondo, Pricylia, and Valentino Reykliv Mokalu. “Implementasi Psikologi Pendidikan Agama Kristen Dalam Pendidikan Karakter.” DIDASKALIA : Jurnal Pendidikan Agama Kristen 3, no. 1 (2022): 26–43. https://doi.org/10.51667/djpk.v3i1.878.

Silviyati, Mega, Vany Dwi Putri, Bimbingan Konseling Pendidikan Islam, and Fakultas Tarbiyah. “Dampak Negativ Verbal Bullying Bagi Siswa.” Coution : Journal of Counseling and Education 3, no. 2 (2022): 128–35. http://www.journal.bungabangsacirebon.ac.id/index.php/coution/article/view/803.

Sinaga, Elisabeth Ruthana Lasmaria, Juwita Tindaon, Dina Elvionica Br Siregar, Rian Julfian Sinaga, and Dhea Steviana Br Purba. “Sosialisasi Dampak Negatif Perundungan Atau Bullying Bagi Anak Di SD Negeri 040443 Kabanjahe.” Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, 2024. https://doi.org/10.59837/jpmba.v1i12.725.

Sugiyono. Metode Penelitian Kualitatif Dan R & D. Bandung: Alfabeta, 2013.

Telaumbanua, Arozatulo. “Peranan Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Membentuk Karakter Siswa.” FIDEI: Jurnal Teologi Sistematika Dan Praktika, 2018. https://doi.org/10.34081/fidei.v1i2.9.

Triposa, Reni, and Yonatan Alex Arifianto. “Strategi Guru PAK Dalam Membangun Pancasila Sebagai Paradigma Integrasi Bangsa Terhadap Peserta Didik Di Era Milenial.” Jurnal Teologi Berita Hidup 4, no. 1 (2021): 165–79. https://doi.org/10.38189/jtbh.v4i1.166.

Triposa, Reni, Yonatan Alex Arifianto, and Yudi Hendrilia. “Peran Guru PAK Sebagai Teladan Dalam Meningkatkan Kerohanian Dan Karakter Peserta Didik.” Jurnal Pendidikan Agama Kristen (JUPAK) 2, no. 1 (2021): 109–26. https://doi.org/10.52489/jupak.v2i1.24.

Visty, Sesha Agistia. “Dampak Bullying Terhadap Perilaku Remaja Masa Kini.” Jurnal Intervensi Sosial Dan Pembangunan (JISP) 2, no. 1 (2021): 50–58. https://doi.org/10.30596/jisp.v2i1.3976.

Widiatmoko, Teza Friensi, and Kurnia Putri Sepdikasari Dirgantoro. “Pentingnya Peran Guru Sebagai Pembimbing Dalam Mengatasi Perilaku Perundungan Di Kelas [The Importance of The Teacher’s Role as A Guide in Overcoming Bullying in The Classroom].” JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education 6, no. 2 (2022): 238–50.

Yani, Septi, Sin Siti Mar’atul Hasanah, Azmi Gina Nurul Aeni, Audri Arlina Rumapea, and Kefin Septian. “Dampak Bullying Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini.” Jurnal Citra Pendidikan 3, no. 3 (2023): 1178–85. https://doi.org/10.38048/jcp.v3i3.2054.




DOI: https://doi.org/10.52220/sikip.v5i2.276

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



SIKIP telah terdaftar pada:


SIKIP: Jurnal Pendidikan Agama Kristen
Published: STT IKAT Jakarta
Website Institusi: https://sttikat.ac.id
Address: Jalan Rempoa Permai No. 2, Pesanggrahan, RT.4/RW.11, Bintaro, Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12330
e-ISSN:2721-1622

View My Stats

Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
Copyright © SIKIP: Jurnal Pendidikan Agama Kristen. All Rights Reserved.