Penanaman Nilai-nilai Etika Kristiani Anak melalui Peneladanan Karakter: Sebuah Studi terhadap Anak Usia 3-4 Tahun di TK Kristen Bethesda Sumogawe, Getasan

Desi Ratna Sari, Dwi Novita Sari, Yonathan Yakub Mononimbar

Abstract


Penelitian yang dilakukan di Tk Kristen Bethesda Sumogawe Getasan yang megarahkan kepada penelititan dengana judul Strategi Guru Dalam Penanaman Nilai Etika Kristen Pada Anak Usia 3-4 Tahun Kanak-kanak (TK). Etika Kristen merupakan suatu hal yang mengarahkan kepada firman Tuhan yang berisis tentang kebenaran yang berdasarkan pada alkitabiah. Etika Kristen merupakan hal terpenting dalam penanaman nilai etika pada anak usia 3-4 tahun, Anak yang berusia 3-4 tahun adalah usia yang sangat baik dalam membentuk sikpa dan karakternya, ini menjadi salah satu hal yang baik bagi anak untuk mendapatkan suatu pengajaran yang baik dalam masa perkembangannya. Nilai etika Kristen juga seringkali dikaitkan dengan watak seseorang, dalam sebuah pendidikan dapat diistilahkan dengan berlansungnya dalam pendidikan yang ada dilingkungan sekolah dan keluarga. Penelitian mengunkan metode kualitatif dan deskritif, kajian pustaka yang bertujuan untuk membentuk suatu strategi guru dalam penanaman nilai etika Kristen pada anak usia 3-4 tahun. Penulis menyimpulkan bahwa dalam penanaman nilai etika pada anak harus berpedoman pada kebenaran firman Tuhan. Nilai etika Kristen merupakan dasar pembentukan karakter dalam membimbing anak supaya anak dapat hidup sesuai dengan kebenaran dan tidak terpengaruh kepada hal-hal yang bertentangan dengan alkitab. 

Keywords


strategi guru, nilai etika

References


Amelia, Amos Neolaka Dan Gracia. Landasan Pendidikan, Dasar Pengenalan Diri Sendiri Menuju Perubahan Hidup. Depok: Devisi Dari Prenadamedia, 2017.

Arifin, Nur. “Pemikiran Pendidikan Jhon Dewey.” Bimbingan Dan Konseling 2, No. 2 (2020): 2–16.

Eka Damayanti, M. Amsar Nasrul. “Capain Perkembangan Fisik Motorik Dan Stimulasinya Pada Anak Usia 3-4 Tahun.” Pendidikan Anak Usia Dini 5, No. 2 (2020): 3.

Hadisi, La. Pendidikan Karakter Pada Anak Usia Dini. 2015, N.D.

———. “Pendidikan Karakter Usia Dini.” Al-Ta’dib 8, No. 2 (2015): 9.

Intar, Esther Rela. “P.” Peran Guru Pendidikan Agama Kristen Sebagai Motivator 1 (2016): 2.

J. Verkuyl. Etika Kristen Bagian Umum. Jakarta: P.T. Bpk. Gunung Mulia, 1993.

J.J.Rousseau. Ilmu Pendidikan. Jakarta: Pt Raja Grafindo Persada, 2003.

Johnson, Jaipul L. Roopnarine Dan James E. Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Berbagai Pendekatan. Jakarta: Prenamedia Group, 2015.

Lickona, Thomaslickona, Thomas. Mendidik Untuk Membentuk Karakter: Bagaimanasekolah Dapat Memberikan Pendidikan Sikap Hormat Dan Bertanggung Jawab. Jakarta: Bumi Aksara, 2012.

Lolita Luciana Ririhena. Buku Ajar Etika Kristen. Indramayu Jawa Barat: Cv. Adanu Abimata, 2022.

Muvid, Muhammad Basyrul. Pendidikan Spiritual Dan Moral Thoman Aquinas Sang Teoglog Barat, Aktualisasi Dan Singeritas Pemikiran Thomas Aquinas Dengan Disiplin Keilmuan Islam. Jawa Barat: Goresan Pena, 2016.

Ritin, Uloli. “Peningkatan Kemampuan Anak Berbicara Anak Usia 3-4 Tahun Menggunakan Model Koopenatif Tipe Think Pair And Share.” Pendidikan Anak Usia Dini 5, No. 2 (2021): 2.

Simanjuntak, Leatha Humes Dan Ny. A. Lieke. Penuntun Guru Pak Sekolah Minggu Dan Sekolah Dasar: 1 Dan 2. Jakarta: Bpk Gunung Mulia, 1988.

Sirger, Nurliani. Dasar Etika Pendidikan Dan Membangun Karakter Bangsa. Cv. Vanivan Jaya, 2019.

Suryana, Dadan. Pendidikan Anak Usia Dini Stimulasi Dan Aspek Perkembangan Anak. Jakarta: Devisi Darp Pranamedia Group, 2016.

Triwiyanto, Teguh. Pengantar Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara, 2014.

Yulen Nikitha Kuji Ngundjurawa Dan Suriani Sukowati Arifin. “Tinjauan Etika Kristen: Peran Guru Sebagai Penuntun Dalam Pembenukan Karakter Siswa Generasi Milenial.” Diligentia: Jouurnal Of Theology And Christian Education Vol, 3, No (2021).




DOI: https://doi.org/10.52220/sikip.v5i1.237

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



SIKIP telah terdaftar pada:


SIKIP: Jurnal Pendidikan Agama Kristen
Published: STT IKAT Jakarta
Website Institusi: https://sttikat.ac.id
Address: Jalan Rempoa Permai No. 2, Pesanggrahan, RT.4/RW.11, Bintaro, Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12330
e-ISSN:2721-1622

View My Stats

Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
Copyright © SIKIP: Jurnal Pendidikan Agama Kristen. All Rights Reserved.