Memetakan Tantangan dan Peluang Pendidikan Kristiani pada Era Post-Truth

Delf Gustaaf Kalalo

Abstract


The Industrial Revolution 4.0 has brought advances in economics and technology, touching on social, cultural, and religious aspects. In the Industrial Revolution 4.0 era, society's moral and spiritual values were also explicitly disrupted by information technology, where access to information occurs massively and leaves a problem where truth is no longer determined by facts but by opinions and emotions. This phenomenon is known as Post-Truth. The Post-Truth phenomenon has become a challenge for Christian religious education in building students' Christian values. Based on this information, this research method uses a qualitative approach through literature studies obtained from various literature sources, such as books, journals, and scientific articles relevant to the focus of the research. The results and conclusions show that the post-truth phenomenon affects students in determining the truth of the information received to encourage efforts to increase information literacy about Christian values to students.

 

Revolusi Industri 4.0 telah membawa kemajuan pada aspek ekonomi, teknologi, yang selanjutnya menyentuh sendi-sendi sosial, budaya, dan agama. Pada era Revolusi Industri 4.0, nilai-nilai moral dan spiritual masyarakat turut terdisrupsi secara khusus oleh teknologi informasi, di mana akses informasi terjadi secara masif dan meninggalkan suatu masalah di mana kebenaran tidak lagi ditentukan oleh fakta melainkan oleh opini dan emosi. Fenomena ini dikenal dengan sebutan Post-Truth (paska kebenaran). Fenomena Post-Truth telah menjadi tantangan tersendiri bagi pendidikan agama Kristen dalam membangun nilai-nilai kekristenan peserta didik. Berdasarkan keterangan tersebut maka metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualititaif melalui studi pustaka yang diperoleh dari berbagai sumber literatur, seperti buku, jurnal, dan artikel ilmiah yang relevan dengan fokus penelitian. Hasil dan kesimpulan menunjukkan bahwa fenomena post truth mempengaruhi peserta didik dalam menentukan suatu kebenaran dari informasi yang diterima sehingga mendorong upaya peningkatan literasi informasi tentang nilai-nilai Kekristenan kepada peserta didik.


Keywords


Post Truth; Christian Religious Education; Opportunities; Industrial Revolution 4.0; Challenges

References


Barzilai, Sarit, and Clark A. Chinn. "A Review of Educational Reponses to the “post-truth” condition: Four lenses on “post-truth” problems." Educational Psychologist 55, no. 3 (2020).

Budiono, Aryanto. "Inovasi Pengajaran Firman di Era Revolusi Industri 4.0." Prudentia 1, no. 3 (2018).

Eliasaputra, Mark Phillips. "Tantangan Pendidikan Agama Kristen di Era Revolusi Industri 4.0 dan Pasca Kebenaran." Bonafide: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen 1, no. 1 (2020).

Eriyanto. Analisis Wacana: Pengantar Analisis Teks Media. Yogyakarta: PT LKis Printing Cemerlang), n.d.

Fonna, Nurdianita. Pengembangan Revolusi Industri 4.0 dalam berbagai bidang. Guepedia Publisher, 2019.

Higgins, Kathleen. "Post-Truth: A Guide for the Perplexed." Nature 540, no. 9 (2016).

Homrighausen, E. G., and I. H. Enklaar. Pendidikan Agama Kristen. Jakarta: BPK Gunug Mulia, 2013.

Karlau, Sensius Amon, and Ivo Sastri Rukua. "Kompetensi Guru Pendidikan Agama Kristen Menyikapi Post-Truth pada Era Disrupsi Teknologi Informasi." Didache: Journal of Christian Education 4, no. 1 (2023).

Lase, Delipiter. "Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0” SUNDERMANN." Sundermann: Jurnal Ilmiah Teologi, Pendidikan, Sains, Humaniora, dan Kebudayaan 1, no. 1 (n.d.).

McIntyre, Lee. Post-Truth. Massachusetts: MIT Press, 2018.

Mofferz, Marz Wera. "Meretas Makna Post-Truth: Analisis Kontekstual Hoaks, Emosi Sosial, dan Populisme Agama." Societas Dei: Jurnal Agama dan Masyarakat, 2020.

Ningsih, Murti. "Pengaruh Perkembangan Revolusi Industri 4.0 dalam Dunia Teknologi di Indonesia." (Fakultas Komputer) n.d.: 2.

Roekel, Dennis van. "Global Competence Is a 21st Century Imperative." Ethics and Education, 2017.

Rohman, Saifur. "Masa Depan Intoleransi." Kompas, 2017.

Satya, Venti Eka. "Strategi Indonesia Menghadapi Industri 4.0." Info Singkat: Bidang Ekonomi dan Kebijakan Publik 10, no. 9 (2018).

Simon, John C. "Pendidikan Kristiani di Era Post-Truth: Sebuah Perenungan Hermeneutis Paul Ricoeur." Dunamis: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristiani 5, no. 1 (2020).

Sugiarto, Eddy Cahyono. Media Sosial, Post Truth, dan Literasi Digital. Oktober 2018 . https://setkab.go.id/media-sosial-post-truth-dan-literasi-digital/ (accessed Januari 2024).

Trisyanti, Banu Prasetyo dan Umi. "Revolusi Industri 4.0 dan Tantangan Perubahan Sosial." Prosiding SEMATEKSOS (” Prosiding SEMATEKSOS 3, No. 5, 2018: 23.) 3, no. 5 (2018): 23.




DOI: https://doi.org/10.52220/sikip.v5i1.223

Refbacks




SIKIP telah terdaftar pada:


SIKIP: Jurnal Pendidikan Agama Kristen
Published: STT IKAT Jakarta
Website Institusi: https://sttikat.ac.id
Address: Jalan Rempoa Permai No. 2, Pesanggrahan, RT.4/RW.11, Bintaro, Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12330
e-ISSN:2721-1622

View My Stats

Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
Copyright © SIKIP: Jurnal Pendidikan Agama Kristen. All Rights Reserved.