Integritas Kristen dalam Profesi Pendidikan: Upaya Guru meningkatkan pentingnya Spiritulitas bagi Nara didik

Jonias Pasaribu

Abstract


This article discusses the importance of Christian integrity in the education profession, especially in the context of increasing spirituality for students. Professional teachers should strengthen students' spirituality and integrate Christian values into daily learning. Using a qualitative descriptive method with a literature study approach, it can be concluded that Christian integrity is the foundation of character building in the education profession, where teachers' effort is to pay special attention to the importance of spirituality for students. Integrity as a foundation in education, then the role of spirituality in the formation of character and ethics of students must be a reference to continue to be taught. So that teachers have a strategy to increase student spirituality. Christian integrity is introduced as a moral foundation for teachers' actions and teaching. Emphasis is placed on how spirituality can shape students' character and ethics, as well as strategies teachers can use to enhance students' spirituality, including prayer, Bible reading, and other spiritual activities. With a Christian values-centered approach, teachers can be essential in guiding students toward solid spiritual growth and strengthening their integrity in daily life.

 

Abstrak

Artikel ini membahas pentingnya peran integritas Kristiani dalam profesi pendidikan, khususnya dalam konteks peningkatan spiritualitas bagi naradidik. Guru yang berprofesi harussnya mempunyai tanggung jawab untuk memperkuat spiritualitas siswa dan mengintegrasikan nilai-nilai Kristiani dalam pembelajaran sehari-hari. Dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi literatur,maka dapat disimpulkan bahwa integritas Kristiani merupakan landasan pembentukan karakter dalam profesi pendidikan, dimana hal ini merupakan upaya guru untuk memberikan perhatian khusus terhadap pentingnya spiritualitas bagi peserta didik. integritas sebagai landasan dalam pendidikan, maka peran spiritualitas dalam pembentukan karakter dan etika peserta didik harus menjadi acuan untuk terus diajarkan. sehingga guru mempunyai strategi untuk meningkatkan spiritualitas siswa. Konsep integritas Kristiani diperkenalkan sebagai landasan moral dalam tindakan dan pengajaran guru. Penekanannya ditempatkan pada bagaimana spiritualitas dapat membentuk karakter dan etika siswa, serta strategi yang dapat digunakan guru untuk meningkatkan spiritualitas siswa, termasuk doa, membaca Alkitab, dan kegiatan spiritual lainnya. Dengan pendekatan yang berpusat pada nilai-nilai Kristiani, guru dapat memainkan peran penting dalam membimbing siswa menuju pertumbuhan rohani yang kokoh dan memperkuat integritas mereka dalam kehidupan sehari-hari.

 

 


Keywords


Integrity, Profession, Education, Teacher, Spirituality, Naradidik; Integritas, Profesi, Pendidikan, Guru, Spiritulitas, Naradidik

References


Arifianto, Yonatan Alex, ‘Pentingnya Pendidikan Kristen Dalam Membangun Kerohanian Keluarga Di Masa Pandemi Covid-19’, REGULA FIDEI: Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 5.2 (2020), 94–106

Arifianto, Yonatan Alex, and Asih sumiwi Rachmani, ‘Peran Roh Kudus Dalam Menuntun Orang Percaya Kepada Seluruh Kebenaran Berdasarkan Yohanes 16 : 13’, Jurnal Diegesis, 3.1 (2020), 1–12

Elieser R Marampa, ‘Peran Orang Tua Dan Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Membentuk Karakter Kerohanian Peserta Didik’, SESAWI: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen, 2.2 (2021), 100

Kevin T. S. Laotongan, Poli Hanny, Windy Mononimbar, ‘Pusat Kegiatan Kerohanian Kristen Di Manado. Psikologi Arsitektur’, PUSAT KEGIATAN KEROHANIAN KRISTEN DI MANADO. Psikologi Arsitektur, 8.1 (2019), 100–111

Lase, Delipiter, and Etty Destinawati Hulu, ‘Dimensi Spritualitas Dalam Kompetensi Kepribadian Guru Pendidikan Agama Kristen’, SUNDERMANN: Jurnal Ilmiah Teologi, Pendidikan, Sains, Humaniora Dan Kebudayaan, 13.1 (2020), 13–25

Lumenta, Rudy Johan, ‘INTEGRITAS HAMBA TUHAN DALAM MELAKSANAKAN AMANAT AGUNG’, JURNAL APOLLOS, 3.1 (2017)

Mau, Marthen, ‘Pentingnya Integritas Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Membimbing Kepribadian Peserta Didik’, SIKIP: Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 1.2 (2020), 145–61

Nainggolan, Alon Mandimpu, and Yanice Janis, ‘Etika Guru Agama Kristen Dan Relevansinya Terhadap Pendidikan Iman Naradidik’, CARAKA: Jurnal Teologi Biblika Dan Praktika, 1.2 (2020), 152–63

Novalina, Martina, ‘Spiritualitas Orang Kristen Dalam Menghadirkan Kerajaan Allah Di Tengah Tantangan Radikalisme’, Jurnal Teologi Kontekstual Indonesia, 1.1 (2020), 26

Pattinama, Yenny Anita, ‘Pentingnya Guru Bimbingan Konseling (BK) Kristen Dalam Pelayanan Pastoral Konseling’, SCRIPTA: Jurnal Teologi Dan Pelayanan Kontekstual, 2020

Sahartian, Santy, ‘Pemahaman Guru Pendidikan Agama Kristen Tentang II Timotius 3:10 Terhadap Peningkatan Kecerdasan Spiritual Anak Didik’, FIDEI: Jurnal Teologi Sistematika Dan Praktika, 1.2 (2018), 146–72

Sugiyono, Metode Penelitian Kualitatif Dan R & D (Bandung: Alfabeta, 2013)

Sukarna, Sukarna, ‘Integritas Seorang Pendidik’, Jurnal Teologi Gracia Deo, 1.1 (2018), 14–22

Tanusaputra, Daniel Nugraha, ‘Kerohanian Dan Pelayanan Seorang Hamba Tuhan’, Veritas: Jurnal Teologi Dan Pelayanan, 2013

Telaumbanua, Augusni Hanna Niwati, ‘Peran Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Membentuk Karakter Siswa Di Era Industri 4.0’, Institutio: Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 6.2 (2020), 45–62

Triposa, Reni, and Yonatan Alex Arifianto, ‘Strategi Guru PAK Dalam Membangun Pancasila Sebagai Paradigma Integrasi Bangsa Terhadap Peserta Didik Di Era Milenial’, Jurnal Teologi Berita Hidup, 4.1 (2021), 165–79

Widianto, Edi, ‘Peran Orangtua Dalam Meningkatkan Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Dalam Keluarga’, Jurnal PG-PAUD Trunojoyo: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 2.1 (2015), 31–39




DOI: https://doi.org/10.52220/sikip.v5i1.200

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



SIKIP telah terdaftar pada:


SIKIP: Jurnal Pendidikan Agama Kristen
Published: STT IKAT Jakarta
Website Institusi: https://sttikat.ac.id
Address: Jalan Rempoa Permai No. 2, Pesanggrahan, RT.4/RW.11, Bintaro, Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12330
e-ISSN:2721-1622

View My Stats

Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
Copyright © SIKIP: Jurnal Pendidikan Agama Kristen. All Rights Reserved.