Mengaktualisasikan Pendidikan Agama Kristen Anak dalam Pelayanan Misi

Deice Miske Poluan, Yonatan Alex Arifianto

Abstract


The Great Commission as stated in Matthew 28:18-20 gives the mandate and command to every believer to go and make disciples of all ethnic groups of Christ. The phrase all nations certainly includes children, who must be made disciples of Christ. However, children are often forgotten, the focus of evangelism is only on adults. In the context of Christian education, there is Christian religious education for children which specifically educates and serves children. The research explains how to actualize children's Christian religious education in mission service to reach and serve children to be brought to Christ to become His disciples. This research uses qualitative research methods with a literature review approach. The results of this research explain that children's Christian Religious Education is the spearhead in mission services to reach children, children's Christian Religious Education presents the concept of an approach to children, children's Christian Religious Education has a concept of how to disciple children. After this research, the author found that children's Christian religious education can be actualized in mission service to reach and make disciples of every ethnic group of Christ, especially children.

 

 

Abstrak

Amanat Agung yang tertuang dalam Matius 28:18-20 memberikan amanah dan perintah kepada setiap orang percaya untuk pergi menjadikan semua suku bangsa murid Kristus. Frasa semua bangsa tentunya termasuk anak-anak, yang harus dijadikan murid Kristus. Namun demikian, anak-anak seringkali dilupakan, fokus penginjilan hanya pada orang dewasa. Dalam konteks pendidikan Kristen ada Pendidikan Agama Kristen anak yang secara spesisfik mendidik dan melayani anak. Penelitian menjelaskan bagaimana mengaktualisasikan Pendidikan Agama Kristen anak dalam pelayanan misi untuk menjangkau dan melayani anak-anak untuk dibawa kepada Kristus menjadi murid-Nya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan kajian pustaka. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa Pendidikan Agama Kristen anak merupakan ujung tombak dalam pelayanan misi untuk menjangkau anak-anak, Pendidikan Agama Kristen anak menyuguhkan konsep pendekatan kepada anak-anak, Pendidikan Agama Kristen anak memiliki konsep bagaimana memuridkan anak-anak. Pada kesimpulan penelitian ini, penulis menemukan bahwa Pendidikan Agama Kristen anak dapat diaktualisasikan dalam pelayanan misi untuk menjangkau dan menjadikan setiap suku bangsa murid Kristus secara khusus anak-anak.

 

 


Keywords


children's Christian education; children ministry; mission service; pendidikan agama Kristen anak; pelayanan anak; pelayanan misi

Full Text:

PDF

References


Anthony, Michele. “Pendidikan Masa Kanak - Kanak.” In Fondasi Pendidikan Abad 21, edited by Michael J.Anthony, 515. Malang: Gandum Mas, 2017.

Arifianto, Yonatan Alex, Hardi Budiyana, and Paulus Purwoto. “Model Dan Strategi Pembelajaran Yesus Berdasarkan Injil Sinoptik Dan Implementasinya Bagi Guru Pendidikan Agama Kristen.” Harati: Jurnal Pendidikan Kristen 1, no. 1 (n.d.): 1–17. https://ejournal.iaknpky.ac.id/index.php/harati/article/view/23.

Badai, Kristian, Kaleb Djeremod, and Frets Keriapy. “Penginjilan Sebagai Upaya Meneguhkan Keyakinan Keselamatan Anak.” HARVESTER: Jurnal Teologi Dan Kepemimpinan Kristen 5, no. 2 (December 17, 2020): 120–34. https://doi.org/10.52104/harvester.v5i2.42.

Boiliu, Fredik Melkias, and Yunardi Kristian Zega. “Orangtua Dan Guru Sebagai Pengembang Misi Melalui Pendidikan Agama Kristen.” Jurnal Shanan 6, no. 1 (2022): 71–88. Criswell, John W. Research Design. 4th ed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2019.

J.Anthony, Michael. Foundation of Ministry an Introduction to Christian Education for a New Generation. Malang: Gandum Mas, 2012.

Kuiper, Dr. Arie de. Missiologia. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2002.

Mau, Marthen Luther. “Implementasi Pola Pelayanan Yesus Sebagai Pelayan Menurut Injil Matius 4:23.” Phronesis: Jurnal Teologi Dan Misi 4, no. 1 (June 24, 2021): 73–87. https://doi.org/10.47457/phr.v4i1.127.

Murni. “Perkembangan Fisik, Kognitif, Dan Psikososial Pada Masa Kanak-Kanak Awal 2-6 Tahun” 3 (2017): 15.

Prawono, Yanwar. “Desain Model Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Bagi Anak.” SIKIP: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 1, no. 2 (September 5, 2020): 130–44. https://doi.org/10.52220/sikip.v1i2.61.

Purdaryanto, Samuel. “Landasan Historis Pendidikan Kristen Dan Relevansinya Dalam Pendidikan Kristen Masa Kini.” SESAWI: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen 2, no. 2 (June 27, 2021): 220–38. https://doi.org/10.53687/sjtpk.v2i2.45.

———. “Strategi Melayani Unreached People Groups Berdasarkan Kajian Eksegetis 1korintus 9: 19-23.” Manna Rafflesia 6, no. 2 (April 30, 2020): 178–99. https://doi.org/10.38091/man_raf.v6i2.122.

Purwoto, Paulus. “Pendidikan Kristen Dalam Gereja Sebagai Dasar Dan Sarana Aktualisasi Misi Kristen.” EDULEAD: Journal of Christian Education and Leadership 2, no. 1 (June 1, 2021): 89–101. https://doi.org/10.47530/edulead.v2i1.62.

Selfina, Elisabet. “Strategi Pertumbuhan Gereja Melalui Pendidikan Anak Usia Dini.” Jurnal Jaffray 11, no. 1 (April 2, 2013): 87. https://doi.org/10.25278/jj71.v11i1.65.

Sumantri, Mulyani, and Nana Syaodih. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Universitas Terbuka, 2007.

Tamelab, Jovan Octo, and Kristyana Kristyana. "Memotivasi Mahasiswa Melakukan Penginjilan Anak melalui Pendidikan Agama Kristen." DIDAKTIKOS: Jurnal Pendidikan Agama Kristen Duta Harapan 4, no. 1 (2021): 49-56.

Tenny, Tenny, and Yonatan Alex Arifianto. “Aktualisasi Misi Dan Pemuridan Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Era Disrupsi.” Didache: Journal of Christian Education 2, no. 1 (June 28, 2021): 41. https://doi.org/10.46445/djce.v2i1.365.

Venema, Henk. Injil Untuk Semua Orang. Jakarta: Yayasan Komunikasi Bina Kasih, 2010.

Widiastuti, Reski Yuliana. “Dampak Perceraian Pada Perkembangan Sosial Dan Emosional Anak Usia 5-6 Tahun” 2, no. 2 (2015): 76–86. https://doi.org/https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v2i2.1829.

Wijaya, Hengki. “Metode-Metode Penelitian Dalam Penulisan Jurnal Ilmiah Elektronik.” In Strategi Menulis Jurnal Untuk Ilmu Teologi, edited by Sonny Eli Zaluchu, 23–42. Semarang: Golden Gate Publishing, 2020.

Yakob Tomatala. Penginjilan Masa Kini Jilid 2. Malang: Gandum Mas, 2004.

Zaluchu, Sonny Eli. “Strategi Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif Di Dalam Penelitian Agama.” Evangelikal: Jurnal Teologi Injili Dan Pembinaan Warga Jemaat 4, no. 1 (January 31, 2020): 28. https://doi.org/10.46445/ejti.v4i1.167.




DOI: https://doi.org/10.52220/sikip.v4i2.197

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



SIKIP telah terdaftar pada:


SIKIP: Jurnal Pendidikan Agama Kristen
Published: STT IKAT Jakarta
Website Institusi: https://sttikat.ac.id
Address: Jalan Rempoa Permai No. 2, Pesanggrahan, RT.4/RW.11, Bintaro, Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12330
e-ISSN:2721-1622

View My Stats

Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
Copyright © SIKIP: Jurnal Pendidikan Agama Kristen. All Rights Reserved.