Pengembangan Soft Skills Guru Pendidikan Agama Kristen Melalui Pembacaan Reflektif 2 Timotius 4:5 di Era Disrupsi

Jannes Eduard Sirait

Abstract


The era of disruption caused the methods and approaches to teaching Christian Religious Education students to be different. Students need Special soft skills to accept God's Word's message. However, some soft skills teachers possess contradict the truth of God's Word. Therefore, it is necessary to revitalize the soft skills of Christian Religious Education teachers that are relevant to students' thinking in the era of disruption but still based on the Word of God. This study aims to explain the soft skills of Christian religion teachers in carrying out their vocation as educators. The main reason is that changing times require educators to have good soft skills. However, the problem is that Christian religion teachers still need to understand these skills based on the message of 2 Timothy 4:5. This study uses a descriptive qualitative method with a hermeneutic approach. The study results show that 2 Timothy 4:5 clearly explains soft skills and is very relevant for teachers in education. Christian religious teachers must use these soft skills to adapt to changing times. Soft skills improvement, which includes interpersonal and intrapersonal skills, must be continuously developed.

 

Abstrak

Era disrupsi menyebabkan metode dan pendekatan mengajar siswa Pendidikan Agama Kristen menjadi berbeda. Dibutuhkan soft skill khusus agar pesan Firman Tuhan dapat diterima oleh siswa. Namun, terdapat soft skill yang dimiliki guru justru bertentangan dengan kebenaran Firman Tuhan. Oleh karena itu, perlu dilakukan revitalisasi soft skill guru Pendidikan Agama Kristen yang relevan dengan corak berpikir siswa di era disrupsi, namun tetap berlandaskan Firman Tuhan. Tujuan penelitian ini adalah menjelaskan soft skills guru agama Kristen dalam menunaikan tugas panggilannya sebagai pendidik. Alasan utamanya karena perubahan zaman membutuhkan pendidik yang memiliki soft skills yang baik dalam pelayanan. Namun, permasalahannya bahwa guru agama Kristen belum memiliki pengertian yang benar tentang kecakapan tersebut berdasarkan pesan 2 Timotius 4:5. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan hermeneutik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 2 Timotius 4:5 menjelaskan dengan terang benderang mengenai soft skills dan sangat relevan digunakan guru dalam pendidikan. Guru agama Kristen harus memperlengkapi diri dengan soft skills tersebut sehingga mampu beradaptasi dengan perubahan zaman. Peningkatan soft skills yang mencakup kecakapan interpersonal dan intrapersonal harus terus dikembangkan secara berkesinambungan.

 

 


Keywords


2 Timothy 4:5; Christian religion teacher; era of disruption; soft skills; 2 Timotius 4:5; era disrupsi; guru agama Kristen; soft skills

Full Text:

PDF

References


Baxter, J. Sidlow. Menggali Isi Alkitab 4 Roma-Wahyu. Jakarta: Yayasan Komunikasi Bina Kasih/OMF, 2008.

Duyverman, M.E. Pembimbing Ke Dalam Perjanjian Baru. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2011.

Eduard, Jannes. “Persepsi Pendeta Jemaat Tentang Urgensi Manajemen Program Pelayanan Gereja Lokal.” Pneumatikos Jurnal Teologi Kependetaan 11, no. 2 (2021): 118–31.

Hasiholan, Anggi Maringan, and Purim Marbun. “Sinergitas Kepemimpinan Senior Dan Muda Di GKII Se-Jabodetabek Dalam Menghadapi Dampak Pandemi 19 Dan Disrupsi Era: Sebuah Kajian Kepemimpinan Transformatif.” HARVESTER: Jurnal Teologi Dan Kepemimpinan Kristen 6, no. 2 (2021): 119–38. https://doi.org/10.52104/harvester.v6i2.73.

Jaenuri, Jaenuri. “Pengembangan Soft Skill Guru.” Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam 5, no. 1 (2017): 123–40. https://doi.org/10.21274/taalum.2017.5.1.123-140.

Jamal, Ahmad. Desain Penelitian Analisis Isi (Conten Analysis). Jakarta: UIN Syarif Hidayatulah, 2018.

Joseph, Priscillia Diane Joy, and Fredik Melkias Boiliu. “Peran Pendidikan Agama Kristen Dalam Penggunaan Teknologi Pada Anak.” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 3, no. 4 (2021): 2037–45. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.1115.

Lumban Gaol, Nasib Tua, and Andrianus Nababan. “Kepemimpinan Guru Pendidikan Agama Kristen.” Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan 6, no. 1 (2019): 89–96. https://doi.org/10.24246/j.jk.2019.v6.i1.p89-96.

Marxen, Willi. Pengantar Perjanjian Baru Pendekatan Kristis Terhadap Masalah-Masalahnya. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2003.

Maulana, A. “Pancasila Sebagai Budaya Bangsa Dalam Pendidikan Nasional,” 2022, 1–6.

Mohamad Agung Rokhimawan. “Pengembangan Soft Skill Guru Dalam Pembelajaran Sains SD/ MI Masa Depan Yang Bervisi Karakter Bangsa.” Al-Bidāyah 4, no. 1 (2012): 49–61.

Moulton, Harold K. The Analytical Greek Lexicon Revised. Michigan: Regency, 1978.

Moulton, K. Harold. The Analytical Greek Lexicon Revised. Yogyakarta: Randa’s Family Press, 2009.

Muryati. Hermeneutik: Ilmu Dan Seni Menafsirkan Alkitab. Jakarta: GL Ministry, 2018.

Nixon, R.E. Tafsiran Alkitab Masa Kini 3 Matius-Wahyu. Jakarta: Yayasan Komunikasi Bina Kasih/OMF, 2000.

Pena, Tim Prima. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Gitamedia Press, 2020.

Salsabila, Annisa Diana, Amanda Putri, and Rhomiy Handican. “Kompetensi Dosen Era Disrupsi: Bagaimana Persepsi Mahasiswa?” Griya Journal of Mathematics Education and Application 3, no. 1 (2023): 107–24.

Sapriadi. “Soft Skill Bagi Pengajar Pendidikan Agama Islam (PAI): Sebuah Studi Pustaka Sapriadi Dengan Orang Lain (Interpersonal Skills) Dan Keterampilan Dalam Mengatur Dirinya Sendiri.” Schemata: Jurnal Pascasarjana UIN Mataram 11, no. 2 (2022): 113–22.

Schulz, Bernd. “The Importance of Soft Skills: Education Beyond Academic Knowledge.” Journal of Language and Communication 2, no. 1 (2013): 146–55.

Setyobekti, Andreas Budi. Pondasi Iman. Jakarta: Bethel Press, 2017.

Siagian, Sondang P. Teori & Praktek Kepemimpinan. Jakarta: Rineka Cipta, 2015.

Sirait, J E. “Barometer Kepribadian Kepemimpinan Guru Agama Kristen Di Era Disrupsi.” Jurnal Teruna Bhakti 5, no. 1 (2022): 48–63.

———. “Hakikat Panggilan Guru Agama Kristen Untuk Memberitakan Dan Mengajar Kasih Allah.” Regula Fidei: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 7 (2022): 56–69.

Sirait, Jannes Eduard. “Analisis Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Keberhasilan Pembelajaran Di Sekolah Dasar Bethel Tanjung Priok Jakarta Utara.” Diegesis : Jurnal Teologi 6, no. 1 (February 2021): 49–69. https://doi.org/10.46933/DGS.VOL6I149-69.

———. Guru Profesional, Inspiratif, Dan Menyenangkan. Yogyakarta: Andi Offset, 2022.

———. “Meningkatkan Kreativitas Pembelajaran Bagi Guru Agama Kristen Di Indonesia.” DIDAKTIKOS: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 4, no. 2 (2021).

———. “Meningkatkan Produktivitas Kerja Guru Agama Kristen Di Indonesia.” SIKIP: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 3, no. 1 (2022): 43–58. https://doi.org/10.52220/sikip.v3i1.74.

———. “Spiritualitas Egalitarian Dalam Pendidikan Kristiani.” Kurios 8, no. 2 (2022): 599–607. https://doi.org/10.30995/kur.v8i2.157.

Stamps, Donald C. Alkitab Penuntun Hidup Berkelimpahan. Malang: Gandum Mas, 2018.

Stibss, A.A. “Tafsiran Alkitab Masa Kini 3 Matius - Wahyu.” Jakarta: Yayasan Komunikasi Bina Kasih/OMF, 2000.

Subarkah, Milana Abdillah. “Pengaruh Gadget Terhadap Perkembangan Anak.” Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran Dan Pencerahan 15, no. 1 (2019): 125–39. https://doi.org/10.31000/rf.v15i1.1374.

Sultan Al, Fasya, Siti Nursinah, and Muhammad Fahri. “Konsep Hard Skill Dan Soft Skill Guru.” Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman 1, no. 1 (2022): 30–33.

Sutanto, Hasan. Hermeneutik: Prinsip Dan Metode Penafsiran Alkitab. Malang: SAAT Malang, 2020.

———. Perjanjian Baru Interlinear Yunani - Indonesia Dan Konkordansi Perjanjian Baru (PBIK) Jilid 1. Jakarta: Lembaga Alkitab Indonesia, 2006.

Suwatno, H. Pemimpin Dan Kepemimpinan Dalam Organisasi Publik Dan Bisnis. Jakarta: Bumi Aksara, 2019.

Tenney, Merrill C. Survey Perjanjian Baru. Malang: Gandum Mas, 2000.

Tyndale, Zondervan dan. Life Application Bible. illionis: Zondervan Publishing House, 1991.

Wiersbe, Warren W. Setia Dalam Kristus. Bandung: Kalam Hidup, 2010.

Yuni, Qonita Fitra. “Pengembangan Soft Skill Untuk Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru Dalam Perspektif Pendidikan Islam.” Elementary 5, no. 1 (2017): 192–212.

Zodhiates, Spiros. The Complete Word Study Dictionary New Testament. Lowa: World Bible Publishers, 1992.




DOI: https://doi.org/10.52220/sikip.v4i2.194

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



SIKIP telah terdaftar pada:


SIKIP: Jurnal Pendidikan Agama Kristen
Published: STT IKAT Jakarta
Website Institusi: https://sttikat.ac.id
Address: Jalan Rempoa Permai No. 2, Pesanggrahan, RT.4/RW.11, Bintaro, Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12330
e-ISSN:2721-1622

View My Stats

Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
Copyright © SIKIP: Jurnal Pendidikan Agama Kristen. All Rights Reserved.