Peran Guru Kristen Sebagai Imam dalam Memfasilitasi Transformasi Kehidupan Murid

Julieta Putri Siahaan, M. Kusuma Wardhani

Abstract


Christian education has a mission to guide students to achieve life transformation. In the educational process, philosophy influences the way teachers teach to the success of life transformation mission. Therefore, the role of Christian teacher must be present in facilitating a transforming educational process. As priest, teacher view students as the image of God. The purpose of this study is to determine the role of Christian teacher as priest in facilitating the transformation of students' lives. The author uses a research method in the form of a literature review. Teachers as a priest must first ensure that Christ is an example in their life so that teacher can radiate the love of Christ that touches the hearts of students through the role of the Holy Spirit who instills the truth and transforms the lives of students through the knowledge of the true God. Christian teacher as priest must pray for students, prevent bad situations from happening, become agents of recovery, build a mutually supportive classroom atmosphere, demand reasonable student learning outcomes, and facilitate student devotional activities. Teachers should equip themselves to God's truth and correct themselves for the application of truth in personal life and to subsequent writers to examine the challenges and solutions faced by teachers as priests.

 

 

Abstrak

Pendidikan Kristen memiliki misi untuk membimbing murid mencapai transformasi kehidupan. Pada proses pendidikan, filsafat memengaruhi cara mengajar guru terhadap keberhasilan misi transformasi kehidupan tersebut. Oleh karena itu, peran guru Kristen harus hadir dalam memfasilitasi proses pendidikan yang mentransformasi. Sebagai imam, guru memandang murid sebagai gambar dan rupa Allah. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui peran guru Kristen sebagai imam dalam memfasilitasi transformasi kehidupan murid. Penulis menggunakan metode penelitian berupa kajian literatur. Guru sebagai imam harus memastikan dahulu bahwa Kristus menjadi teladan hidupnya sehingga dapat memancarkan kasih Kristus yang menyentuh hati murid lewat peran Roh Kudus yang menanamkan kebenaran serta mentransformasi kehidupan murid melalui pengenalan Allah yang sejati. Guru Kristen sebagai imam harus mendoakan murid, mencegah terjadinya situasi buruk, menjadi agen pemulihan, membangun suasana kelas yang saling mendukung, menuntut hasil belajar murid secara wajar, serta memfasilitasi kegiatan devosi murid. Saran bagi guru adalah memperlengkapi diri pada kebenaran Allah dan mengoreksi diri akan pengaplikasian kebenaran dalam kehidupan pribadi serta kepada penulis selanjutnya untuk mengkaji tantangan dan solusi yang dihadapi guru sebagai imam.

 

 


Keywords


Christian education; Christian teacher; student's life transformation; pendidikan kristiani; guru Kristen; transformasi kehidupan murid

Full Text:

PDF

References


Ammar, Wafi Marzuqi. Studi Tentang Metode Pendidikan Islam Pada Zaman Nabi Muhammad SAW. Surabaya: Universitas Muhammadiyah, 2009.

Azhari, Fakhri Fauzan. Nak-Nak 06 Sebuah Aksi, Refleksi, Dan Filosofi. Gueepedia, 2018.

Berkoff, Louis. Teologi Sistematika Volume 1: Doktrin Allah. Jakarta: Lembaga Reformed Injili Indonesia, 1993.

Blamires, Harry. Mengenal Wawasan Kristen (The Christian Mind). Surabaya: Penerbit Momentum (Momentum Christian Literature), 2010.

Brummelen, Harro van. Berjalan Dengan Tuhan Di Dalam Kelas: Pendekatan Kristiani Untuk Pembelajaran. Universitas Pelita Harapan. Universitas Pelita Harapan, 2009.

———. Berjalan Dengan Tuhan Di Dalam Kelas: Pendekatan Kristiani Untuk Pembelajaran. Universitas Pelita Harapan Press. Jakarta, 2009.

Chrismastianto, Imanuel Adithya Wulanata. “Peran Dan Karya Roh Kudus Serta Implikasinya Terhadap Pengembangan Pribadi Dan Kualitas Pengajaran Guru Kristen.” A Journal of Language, Literature, Culture, and Education 14, no. 1 (2018): 19–30.

Christiani, Yemima; Martha, Kurniawati. “Peran Guru Kristen Menghadirkan Shalom Community Melalui Prinsip Kedisiplinan.” Diligentia: Journal of Theology and Christian Education (2021): 1–9.

Debora, Kiki, and Han Chandra. “Pentingnya Peranan Guru Kristen Dalam Membentuk Karakter Siswa Dalam Pendidikan Kristen: Sebuah Kajian Etika Kristen.” Diligentia: Journal of Theology and Christian Education 2, no. 1 (2020): 1–14.

Djamaluddin, Ahdar. “Filsafat Pendidikan.” Istiqra’ (2014): 130.

Firmansyah. “Siswa Di Bengkulu Terkejut, Diusir Guru Saat Masuk Sekolah Karena Kasus Narkoba.” Regional Kompas.Com Jernih Melihat Dunia. Bengkulu, May 24, 2022.

Hoekema, Antony A. Manusia: Ciptaan Menurut Gambar Allah. Surabaya: Momentum, 2008.

Indah, Ety Nur. “Peran Komunikasi Dalam Interaksi Guru Dan Siswa.” Al-TA’DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan (2015): 150–167.

Jenilan, Jenilan. “Filsafat Pendidikan.” El-afkar: Jurnal Pemikiran Keislaman dan Tafsir Hadis 7, no. 1 (2018).

Jung, Men. Go To The Next Level! 50 Tips TranSabdono, E. (2019). Transformasi Pikiran Pembaharuan Pikiran Dalam Hidup Orang Percaya. Rehobot Literature.Sformasi Untuk Menggapai Hidup Gemilang, Sukses, Dan Bahagia. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Umum, 2010.

Knight, George R. Filsafat & Pendidikan: Sebuah Pendahuluan Dari Perspektif Kristen. Jakarta: Universitas Pelita Harapan Press, 2009.

Kristanto; Merannu, Lita Jaya. “Makna Ibadah Sejati.” Kinaa: Jurnal Teologi 2, no. 2 (2017): 21.

Matakupan, Thomy J. Doktrin Allah. Surabaya: Momentum Christian Literature, 2005.

Matakupan, Thomy J., and Julio Kristanto. Doktrin Manusia Dan Dosa. Surabaya: Penerbit Momentum, 2005.

Mulyani, Fitri. “Konsep Kompetensi Guru Dalam Undang-Undang: Kajian Ilmu Pendidikan Islam.” Jurnal Pendidikan Universitas Garut 3, no. 1 (2009): 4–7.

Prijanto, Jossapat Hendra. “Panggilan Sebagai Guru Kristen Wujud Amanat Agung Yesus Kristus Dalam Penanaman Nilai Alkitabiah Pada Era Digital [A Christian Teacher’s Calling in Response to Jesus Christ’s Great Commission in Instilling Biblical Values in a Digital Era].” Polyglot: Jurnal Ilmiah 13, no. 2 (2017): 13.

Sabdono, Erastus. Transformasi Pikiran Pembaharuan Pikiran Dalam Hidup Orang Percaya. Jakarta: Rehobot Literature, 2019.

Sagala, Syaiful. Etika Dan Moralitas Pendidikan: Peluang Dan Tantangan. Jakarta: Kencana Prenamedia Group, 2013.

Santosa, Nur Budi. “Peran Roh Kudus Dalam Pelaksanaan Pendidikan Kristen.” Antusias: Jurnal Teologi dan Pelayanan 2, no. 2 (2012): 105–118. http://sttintheos.ac.id/e-journal/index.php/antusias/article/view/36/35.

Santoso, Magdalena Pranata. “Karakteristik Pendidikan Kristen.” Veritas: Jurnal Teologi dan Pelayanan 6, no. 2 (October 1, 2005): 291–306.

Sari, Sioratna Puspita; Bermuli, Jessica Elfani. “Etika Kristen Dalam Pendidikan Karakter Dan Moral Siswa Di Era Digital.” Diligentia: Journal of Theologi and Christian Education 3, no. 1 (2021): 46–63.

Setyosari, Punaji. Metode Penelitian Pendidikan & Pengembangan. Jakarta: Prenada Media, 2016.

Sidjabat, Binsen Samuel. Mengajar Secara Profesional. Bandung: Kalam Hidup, 2010.

Sinaga, Bornok. “Pendidikan Dan Pembelajaran Yang Demokratisdan Humanistis (Refleksi Terhadap Paradigma, Proses, Dan Produk Pendidikan Sebagai Dasar Revitasilasi Prinsip Dan Nilai Pendidikan Di Indonesia).” Generasi Kampus (2012): 1–18.

Sinaga, Raidin. “Imamat Dan Kenabian.” Logos: Jurnal Filsafat Teologi 12, no. 1 (2015): 35.

Somantri, Diki. “ABAD 21 PENTINGNYA KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU.” Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi 18, no. 02 (2021): 188–195.

Sulthon, Ahmad. Filsafat Pendidikan Islam Teori Dan Metodologi. Semarang: Qahar Publisher, 2020.

Sutoyo, Daniel. “Yesus Sebagai Guru Agung.” Jurnal Antusial 3, no. 5 (2014): 67–85.

Tampenawas, Alfons Renaldo; Ngala, Erna; Taliwuna, Maria. “Teladan Tuhan Yesus Menurut Injil Matius Dan Implementasinya Bagi Guru Kristen Masa Kini.” Edulead: Journal of Christian Education and Leadership 1, no. 2 (2020): 218–228.

Tindagi, Magdalena Grace K. “Yesus: Sosok Guru Agung (Kompetensi Dan Profesionalitas Dasar Guru PAK).” Missio Ecclesiae 5, no. 1 (2016): 1–21.

Tong, Stepen. Roh Kudus, Doa, Dan Kebangunan. Surabaya: Momentum (Lembaga Reformed Injili Indonesia), 1995.

Tong, Stephen. Peta Dan Teladan Allah. Jakarta: Lembaga Reformed Injili Indonesia, 1995.

Tung, Khoe Yao. Filsafat Pendidikan Kristen: Meletakkan Fondasi Dan Filosofi Pendidikan Kristen Di Tengah Tantangan Filsafat Dunia. Yogyakarta: Penerbit ANDI, 2013.

Winslow, Octavianus. Kebangunan Rohani Pribadi (The Christian’s Inner Life). Surabaya: Penerbit Momentum, 2000.




DOI: https://doi.org/10.52220/sikip.v4i2.182

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



SIKIP telah terdaftar pada:


SIKIP: Jurnal Pendidikan Agama Kristen
Published: STT IKAT Jakarta
Website Institusi: https://sttikat.ac.id
Address: Jalan Rempoa Permai No. 2, Pesanggrahan, RT.4/RW.11, Bintaro, Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12330
e-ISSN:2721-1622

View My Stats

Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
Copyright © SIKIP: Jurnal Pendidikan Agama Kristen. All Rights Reserved.