Implementasi Nilai-nilai Pendidikan Kristiani dalam Pembentukan Moral Anak sejak Dini

Willyam Resti Andriani Gea, Analisa Gea, Elieser Marampa

Abstract


The research is motivated by various cases of moral decline that hurt the moral quality of humans themselves, such as cases of brawls, promiscuity, bullying, drug abuse, sexual violence, and other cases that show a decline in human moral quality that is happening at this time. Therefore, this study aims to solve this by implementing Christian education's values in children's moral formation from an early age to overcome declining moral attitudes. Using the library study method through stages such as collecting, processing, analyzing, studying, and exploring data so that the right data is obtained to answer research problems. The results of this study indicate that implementing the values of Christian education is an essential alternative for forming children's morals from an early age to overcome moral decline, which includes inculcating Christian religious education from an early age: good deeds, noble character, noble character, and the most important; worship, pray, sing, worship, have faith and have a character similar to Christ.

 

Abstrak

Penelitian dilatarbelakangi oleh berbagai kasus kemerosotan moral yang berdampak negatif terhadap kualitas moral manusia itu sendiri seperti terjadinya kasus tawuran, pergaulan bebas, bullying, penyalahgunaan narkoba, kekerasan seksual dan kasus lainnya yang menunjukkan menurunnya kualitas moral manusia  yang terjadi saat ini. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menemukan solusi dalam mengatasi hal tersebut dengan mengimplementasikan nilai-nilai pendidikan kristen terhadap pembentukan moral anak sejak dini dalam mengatasi sikap moral yang semakin merosot. Dengan menggunakan metode studi kepustakaan melalui tahapan-tahapan seperti mengumpulkan data, mengolah data, menganalisis, mengkaji, dan mendalaminya sehingga diperoleh data yang tepat untuk menjawab permasalahan penelitian. Adapun hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pengimplementasian nilai-nilai pendidikan kristen merupakan alternatif penting untuk pembentukkan moral anak sejak dini dalam upaya mengatasi kemerosotan moral, yang meliputi penanaman pendidikan agama kristen sejak dini: sikap perbuatan baik, berkhlak mulia, berbudi pekerti luhur, dan yang paling penting; beribadah, berdoa, bernyanyi, menyembah, beriman dan memiliki karakter yang serupa seperti Kristus.


Keywords


Christian values; children moral formation; Christian education; nilai-nilai kekristenan; pembentukan moral anak; pendidikan kristiani

Full Text:

PDF

References


Agus S., F. (2006). 41 PENDIDIKAN MORAL DAN NILAI-NILAI AGAMA PADA ANAK USIA DINI: BUKAN SEKEDAR RUTINITAS. https://scholar.googleusercontent.com/scholar?q=cache:o2RR8NGVOy4J:scholar.google.com/+pendidikan+moral+rutinitas+agama&hl=en&as_sdt=0,5

alkitab Sabda. (t.t.). I. APA PENDIDIKAN KRISTEN ITU? - Jurnal Pelita Zaman—Alkitab SABDA. Diambil 12 Desember 2022, dari https://alkitab.sabda.org/resource.php?topic=152&res=jpz

Ananda, R. (2017). Implementasi Nilai-nilai Moral dan Agama pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 19. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.28

Anis Yuli Astuti 1397801.pdf. (t.t.). Diambil 12 Desember 2022, dari https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/2535/1/Anis%20Yuli%20Astuti%201397801.pdf

Boiliu, F., Melkias. (2020). TE DEUM: Jurnal Teologi dan Pengembangan Pelayanan PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DALAM KELUARGA DI ERA DIGITAL. https://scholar.googleusercontent.com/scholar?q=cache:36qsswmDm2AJ:scholar.google.com/+nilai-nilai+kekristenan&hl=en&as_sdt=0,5

Darmawan, I. P. A. (t.t.). PENDIDIKAN KISTEN DI ERA POSTMODERN PENDAHULUAN. Diambil 12 Desember 2022, dari https://scholar.googleusercontent.com/scholar?q=cache:YftEASL1emMJ:scholar.google.com/+pengertian+pendidikan+kristen&hl=en&as_sdt=0,5

Debora, K., & Han, C. (2020). Pentingnya peranan guru Kristen dalam membentuk karakter siswa dalam pendidikan Kristen: Sebuah kajian etika Kristen. Diligentia: Journal of Theology and Christian Education, 2(1), 1–14.

Elly T. Nazara, J. (2022). Nilai-Nilai Kristiani. GURU BERBAGI. https://ayoguruberbagi.kemdikbud.go.id/rpp/nilai-nilai-kristiani/

Home Education: Solusi Degradasi Moral Bangsa | Radar Kediri. (t.t.). Diambil 8 Desember 2022, dari https://radarkediri.jawapos.com/opini/catatan-minggu/07/07/2021/home-education-solusi-degradasi-moral-bangsa/

Kusuma, E. H. (2015). HUBUNGAN ANTARA MORAL DAN AGAMA DENGAN HUKUM. http://scholar.googleusercontent.com/scholar?q=cache:mRa4tyPK8CoJ:scholar.google.com/+pengertian+moral+menurut+Eri&hl=en&as_sdt=0,5

Ramlafatma. (2021). Efektivitas Pendidikan Moral Dalam Pembentukan Karakter Siswa Di TK Islam Terpadu Asa Sumbawa. http://scholar.googleusercontent.com/scholar?q=cache:jfXxo09TsGsJ:scholar.google.com/+upaya+pendidikan+moral+terhadap+karakter+anak&hl=en&as_sdt=0,5

slamet, B. (2019, Januari 30). DEGRADASI MORAL BANGSA DI KALANGAN REMAJA DAN PELAJAR DILIHAT DARI PERSPEKTIF CINTA TANAH AIR DAN BELA NEGARA. Dinas Pendidikan Kabupaten Bandung Barat. http://disdikkbb.org/news/degradasi-moral-bangsa-di-kalangan-remaja-dan-pelajar-dilihat-dari-perspektif-cinta-tanah-air-dan-bela-negara/




DOI: https://doi.org/10.52220/sikip.v4i1.172

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



SIKIP telah terdaftar pada:


SIKIP: Jurnal Pendidikan Agama Kristen
Published: STT IKAT Jakarta
Website Institusi: https://sttikat.ac.id
Address: Jalan Rempoa Permai No. 2, Pesanggrahan, RT.4/RW.11, Bintaro, Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12330
e-ISSN:2721-1622

View My Stats

Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
Copyright © SIKIP: Jurnal Pendidikan Agama Kristen. All Rights Reserved.