Kecerdasan Emosional dan Spiritual dalam Pengembangan Profesionalitas Guru Pendidikan Agama Kristen

Meilani Meilani, Andreas Fernando

Abstract


Christian religious education teachers, as one of the leading roles in education is to form students with the character of Christ, must develop their professionalism in duty.  This research aims to explain the role of emotional intelligence and spiritual intelligence in the development of professionalism of Christian religious education teachers, especially in Educational Institutions, which are schools.  The research method used is descriptive qualitative, using observation and literature studies to collect data.  This study concludes that PAK teachers who have emotional intelligence due to persevering in God's Word and living it will be able to convey to students that they have similar emotional intelligence and behavior change. The spiritual intelligence resulting from intimacy with God makes PAK teachers sensitive to the leadership of the Holy Spirit so that they can change and create optimal Christian religious learning situations despite facing obstacles and challenges.  Thus, professional Christian religious education teachers with emotional and spiritual intelligence similar to the Lord Jesus Christ can help students achieve the Christian religious education goal of meeting God.

 

Abstrak

Guru PAK sebagai salah satu peran utama dalam dunia Pendidikan untuk membentuk anak didik berkarakter Kristus wajib mengembangkan profesionalitas dirinya dalam melakukan tugasnya. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peranan kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual dalam pengembangan profesionalitas para guru Pendidikan Agama Kristen khususnya pada Lembaga Pendidikan yakni sekolah. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan menggunakan observasi dan studi Pustaka dalam mengumpulkan data. Hasil penelitian ini adalah guru PAK yang memiliki kecerdasan emosional hasil bertekun dalam Firman Tuhan dan menghidupinya maka akan mampu mengimpartasi murid-murid untuk memiliki kecerdasan emosional serupa dan perubahan perilaku. Kecerdasan spiritual yang dihasilkan dari keintiman dengan Tuhan membuat guru PAK memiliki kepekaan akan pimpinan Roh Kudus sehingga mampu mengubah dan menciptakan situasi pembelajaran PAK optimal meskipun menghadapi hambatan dan tantangan. Dengan demikian guru PAK professional yang memiliki kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual serupa dengan Tuhan Yesus Kristus akan mampu membawa peserta didik mencapai tujuan pembelajaran PAK yaitu berjumpa dengan Tuhan.

 

 


Keywords


emotional and spiritual intelligence; teacher professionalism; Christian education teacher; guru pendidikan kristiani; kecerdasan emosional dan spiritual; profesionalitas guru

Full Text:

PDF

References


Alkitab Edisi Studi. Jakarta: Percetakan Lembaga Alkitab Indonesia, 2014.

Anjaya, Carolina Etnasari, Yonatan Alex Arifianto, and Andreas Fernando. “Kecerdasan Spiritual Sebagai Dasar Terbentuknya Profesionalitas Guru Pendidikan Agama Kristen.” REDOMINATE: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristiani 3, no. 1 (2021): 59–70.

Arifianto, Yonatan Alex. “Peran Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Pendidikan Etis-Teologi Mengatasi Dekadensi Moral Di Tengah Era Disrupsi.” Regulafidei: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 6, no. 1 (June 2021): 45–59. https://doi.org/10.46307/RFIDEI.V6I1.84.

Harefa, Desy. “Kompetensi Kepribadian Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Peserta Didik Ditingkat Sekolah Menengah Pertama,” 2021.

Intarti, Esther Rela. “Peran Guru Pendidikan Agama Kristen Sebagai Motivator.” Regula Fidei, 2016. https://doi.org/10.33541/regula fidei.v1i2.626.

Kristen, Guru Pendidikan Agama. “Dimensi Spiritualitas Dalam Kompetensi Kepribadian,” 2020.

Lathifah, Maghfirotul, and others. “KECERDASAN EMOSI GURU DALAM IKLIM SEKOLAH MULTIKULTURAL.” PD ABKIN JATIM Open Journal System 2, no. 1 (2021): 162–70.

Mallisa, Ricky, and others. “Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Pembentukan Emotional Inteligence Peserta Didik.” PEADA’: Jurnal Pendidikan Kristen 3, no. 1 (2022): 43–57.

Pujiono, Andrias. “Profesionalitas Guru Pendidikan Agama Kristen Di Era Society 5.0.” Skenoo: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen 1, no. 2 (2021): 78–89.

Simanjuntak, Fredy. “Kecerdasan Emosi Pemimpin Sebagai Tolok Ukur Gereja Yang Sehat,” 2019.

Simanjuntak, Haposan. “Kompetensi Guru PAK,” 2020.

Sunanto, Sunanto, Mispani Mispani, and Dedi Setiawan. “The Influence of Emotional Intelligence and Spiritual Intelligence on Teacher Professionalism at the Working Group of Madrasah Seputih Banyak.” Bulletin of Pedagogical Research 2, no. 2 (2022): 170–80.

Tampubolon, Patar. “Pengaruh Kompetensi Spiritual Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Pendidikan Agama Kristen.” PROVIDENSI: Jurnal Pendidikan Dan Teologi 3, no. 1 (2020): 82–97.

Tindagi, Magdalena Grace K. “Yesus: Sosok Guru Agung (Kompetensi Dan Profesionalitas Dasar Guru Pak).” Missio Ecclesiae 5, no. 1 (2016): 1–21.

Triposa, Reni, Yonatan Alex Arifianto, and Yudi Hendrilia. “Peran Guru PAK Sebagai Teladan Dalam Meningkatkan Kerohanian Dan Karakter Peserta Didik.” Jurnal Pendidikan Agama Kristen (JUPAK) 1, no. 2 (2021): 124–43.

Zaluchu, Sonny Eli. “Strategi Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif Di Dalam Penelitian Agama.” Evangelikal: Jurnal Teologi Injili Dan Pembinaan Warga Jemaat, 2020. https://doi.org/10.46445/ejti.v4i1.167.




DOI: https://doi.org/10.52220/sikip.v4i1.171

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



SIKIP telah terdaftar pada:


SIKIP: Jurnal Pendidikan Agama Kristen
Published: STT IKAT Jakarta
Website Institusi: https://sttikat.ac.id
Address: Jalan Rempoa Permai No. 2, Pesanggrahan, RT.4/RW.11, Bintaro, Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12330
e-ISSN:2721-1622

View My Stats

Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
Copyright © SIKIP: Jurnal Pendidikan Agama Kristen. All Rights Reserved.