Kreativitas Menggunakan Multimedia Interaktif dalam Meningkatkan Minat Belajar Pendidikan Agama Kristen

Semi Darius Kainara, Gidion Widiono, Leo Swastani Zai, Elieser R. Marampa

Abstract


This study aims to analyze and describe the creativity of Christian Education teachers using interactive multimedia to increase students' interest in learning. The research method used is a qualitative approach with a literature method. Information collection begins with identifying or understanding information related to the discussion to be sought, finding and selecting data, using keywords to facilitate searching, evaluating data sources, and presenting in written form. A creative Christian Education teacher creates various ideas to produce new methods to be applied in interactive multimedia in the classroom. Using interactive multimedia as a learning medium can stimulate focus, concentration, feelings, and desire to learn to motivate a more interactive and communicative learning process.

 

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan kreativitas guru Pendidikan Agama Kristen menggunakan multimedia interaktif dalam meningkatkan minat belajar peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode kepustakaan. Pengumpulan informasi dimulai dengan mengidentifikasi atau memahami informasi terkait pembahasan yang akan dicari, menemukan dan menyeleksi data, menggunakan kata kunci untuk memudahkan pencarian, mengevaluasi sumber data, dan terakhir menyajikan dalam bentuk tulisan. Guru Pendidikan Agama Kristen   yang kreatif adalah proses bagaimana seorang guru mengkreasikan berbagai macam ide sehingga menghasilkan metode yang baru untuk diterapkan dalam multimedia interaktif di kelas. Dengan menggunakan multimedia interaktif sebagai media pembelajaran, dapat merangsang fokus dan konsentrasi, perasaan, dan keinginan belajar peserta didik sehingga memotivasi terjadinya proses belajar yang lebih interaktif dan komunikatif.

 

 


Keywords


creativity of Christian education teacher; interactive multimedia; learning interest; kreativitas guru PAK; multimedia interaktif; minat belajar PAK

Full Text:

PDF

References


Ambarita, J. (2020). Multimedia Interaktif Berbasis Karakter Di Masa Pandemi Covid 19. Prosiding Snitt Poltekba, 4(0), Article 0.

Aqib, Z. (2022). Kupas Tuntas Strategi Pakem Pembelajaran Aktif Kreatif Efektif & Menyenangkan. Penerbit Andi.

Bent B. Andresen & Katja van den Brink. (2013). Multimedia in Education Curriculum. https://iite.unesco.org/pics/publications/en/files/3214723.pdf

Dister, N. S. (1994). Pengalaman dan motivasi beragama: Pengantar psikologi agama. Penerbit Kanisius.

Efi Ika Febriandari, Uluul Khakiim, & Nur Aida Endah Pratama. (2018). View Of Form Of Teacher Creativity In Applying Ice Breaking Related To Elementary School Student’s Motivation And Learning Outcome. Http://Proceedings.Upi.Edu/Index.Php/Icee/Article/View/119/114

Feldman, T. (1994). Multimedia. Psychology Press.

Fonfa, R. (2023). LibGuides: Library Research Methods: Library Research Basics. https://library.culinary.edu/research/steps

Hasan, M., Milawati, M., Darodjat, D., Harahap, T. K., Tahrim, T., Anwari, A. M., Rahmat, A., Masdiana, M., & Indra, I. M. (2021). Media Pembelajaran. Tahta Media Group. http://eprints.unm.ac.id/20720/

Husin, A. (2016). Teacher Creativity In The Classroom Management. Sriwijaya University Learning and Education International Conference, 2(1), Article 1.

Hutabarat, Lenny Julita and Yonatan Alex Arifianto, “Strategi Guru PAK Dalam Memotivasi Keberhasilan Belajar Siswa PAUD Di Era Disrupsi,” Xairete: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristiani 1, no. 2 (2022): 91–102

KBBI Online. (2023). Arti kata interaktif—Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Online. https://kbbi.web.id/interaktif

Kurniawati, I. D., & Nita, S.-. (2018). Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa. DoubleClick: Journal of Computer and Information Technology, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.25273/doubleclick.v1i2.1540

Lumi, D., & Christianty, O. (2019). Kreativitas Guru dalam Proses Pembelajaran PAK. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 5(2), Article 2.

Manurung, P. (2020). Multimedia Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid 19. Al-Fikru: Jurnal Ilmiah, 14(1), Article 1. https://doi.org/10.51672/alfikru.v14i1.33

Nainggolan, D. K. J. B., Depari, R., Tambunan, M., & Sembiring, U. A. (2022). Kreativitas Guru Pak Mengajak Siswa Hidup Dalam Kasih Menurut 1 Korintus 13:4-7. Visio Dei: Jurnal Teologi Kristen, 4(1), Article 1. https://doi.org/10.35909/visiodei.v4i1.245

Neni Viani, Yonatan Alex Arifianto, and Andrias Pujiono, “Strategi Pembelajaran Daring Guru Pendidikan Agama Kristen,” Metanoia 4, no. 2 (2022): 133–50, https://ejournal.sttdp.ac.id/metanoia/article/view/73%0Ahttps://ejournal.sttdp.ac.id/metanoia/article/download/73/51

Rasam, F., & Sari, A. I. C. (2018). Peran Kreativitas Guru Dalam Penggunaan Media Belajar Dan Minat Belajar Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik Smk Di Jakarta Selatan. Research and Development Journal of Education, 5(1), Article 1. https://doi.org/10.30998/rdje.v5i1.3391

Rialestari, Meryantje Anabokay, & Esau Yesyurun Tang. (2022). Pengaruh Kreativitas Guru Pendidikan Agama Kristen Terhadap Pertumbuhan Rohani Peserta Didik Di Sdn 07 Tubang Raeng Kecamatan Jelimpo Kabupaten Landak. 4. https://jurnal.sttarastamarngabang.ac.id/index.php/arastamar/article/view/52/52

Ritonga, N., Mone, J. L. T., Yunip, M., & Zega, Y. K. (2021). Implementasi Metode Problem Solving dalam Meningkatkan Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen di Sekolah. Jurnal Shanan, 5(1), Article 1. https://doi.org/10.33541/shanan.v5i1.2622

S. Nasution. (2017). Berbagai pendekatan dalam proses belajar & mengajar.

Sengkoen, J. F., Ma’i, V. S., & Tewuh, F. D. (2023). Kreativitas Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di Sd Inpres Karegesan. Jurnal Rumea : Jurnal Pendidikan Dan Teologi Kristen, 3(2), Article 2. https://www.jurnal.stakam.ac.id/index.php/Rumea/article/view/124

Siregar, Y. S., Darwis, M., Baroroh, R., & Andriyani, W. (2022). Peningkatan Minat Belajar Peserta Didik dengan Menggunakan Media Pembelajaran yang Menarik pada Masa Pandemi Covid 19 di SD Swasta HKBP 1 Padang Sidempuan. Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar, 69–75. https://doi.org/10.56972/jikm.v2i1.33

Sumiati, S., & Triposa, R. (2021). Prinsip Guru Pendidikan Agama Kristen Memotivasi Belajar Peserta Didik dalam Perspektif Alkitab. Harati: Jurnal Pendidikan Kristen, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.54170/harati.v1i1.31

Supriani and Yonatan Alex Arifianto, “Strategi Guru PAK Terhadap Memotivasi Siswa Dalam Bersosialisasi Dan Aktif Belajar Melalui Pembelajaran PAK Di Era Globalisasi,” Xairete: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristiani 2, no. 1 (2022): 1–14.

Telaumbanua, N. A., Lase, D., & Ndraha, A. (2021). Kreativitas Guru dalam Menggunakan Media Pembelajaran di SD Negeri 075082 Marafala. HINENI: Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.36588/hjim.v1i1.63

Weinata Sairin. (2000). Identitas dan ciri khas pendidikan Kristen di Indonesia antara konseptual dan operasional. BPK Gunung Mulia.

Wikipedia Ensiklopedia bebas. (2023). Multimedia. Dalam Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas. https://id.wikipedia.org/w/index.php?title=Multimedia&oldid=23756228

Winkel. (1996). Psikologi pengajaran / W.S. Winkel | OPAC Perpustakaan Nasional RI. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=159385




DOI: https://doi.org/10.52220/sikip.v4i2.154

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



SIKIP telah terdaftar pada:


SIKIP: Jurnal Pendidikan Agama Kristen
Published: STT IKAT Jakarta
Website Institusi: https://sttikat.ac.id
Address: Jalan Rempoa Permai No. 2, Pesanggrahan, RT.4/RW.11, Bintaro, Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12330
e-ISSN:2721-1622

View My Stats

Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
Copyright © SIKIP: Jurnal Pendidikan Agama Kristen. All Rights Reserved.