Kode Etik dan Fungsi Pendidikan Kristiani dalam Menanamkan Nilai-nilai Iman Kristen di Sekolah

Nikolaos Nikolaos, Boni Boni, Yonatan Alex Arifianto

Abstract


Every individual teacher and the role and educational activist who carries out their profession are always related to attitudes and behavior; this is a characteristic that education requires to instill correct values. This role is one of them in Christian religious education, where Christian religious education is required to provide good values to students. Still, few Christian educators only teach about Christian values. Still, they are only exemplary examples for some students. Therefore, a code of ethics is critical in equipping an educator with good morals, ethics, and character pleasing to everyone. So everything given to students is not just ordinary material but can be an example in everyday life. The purpose of this article is so that students can apply what Christian religious education teachers receive so that they can have good morals and character. Using qualitative methods with a literature study approach, the researcher describes the research object descriptively using inductive research data to conclude that the code of ethics in instilling Christian values in elementary schools is essential for teachers, predominantly Christian religious education teachers. where you have to be a role model and a good example.

 

 

Abstrak

Setiap pribadi guru maupun peran dan aktivis pendidikan yang menjalankan profesinya selalu berkaitan dengan sikap dan tingkah laku, hal itu menjadi ciri khas bahwa pendidikan menuntut untuk menanamkan nilai yang benar. Dimana peran itu salah satunya dalam Pendidikan agama Kristen di mana Pendidikan agama Kristen dituntut untuk bisa memberikan nilai yang baik kepada naradidik, namun tidak banyak juga pendidik agama krsiten yang hanya mengajarkan saja tentang nilai-nilai kekristenan tetapi mereka sendiri tidak menjadi contoh yang baik, bagi setiap naradidik. Maka dari pada itu kode etik sangat penting dalam memperlengkapi seorang pendidik dengan memiliki moral, etika yang baik serta karakter yang berkenan bagi semua orang. Sehingga setiap apa yang diberikan kepada naradidik tidak hanya menjadi materi biasa namun bisa menjadi teladan dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan artikel ini supaya  naradidik dapat mengaplikasikan apa yang diterima oleh guru pendidikan agama Kristen agar bisa memiliki moral dan karakter yang baik. Menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi pustaka, peneliti menggambarkan bahwa objek penelitian secara deskriptif dengan menggunakan data hasil penelitian yang bersifat induktif memberikan kesimpulan bahwa  kode etik dalam penanaman nilai-nilai kersiten disekolah dasar merupakan hal yang sangat penting bagi para pengajar secara khusus guru Pendidikan agama Kristen di mana harus menjadi teladan, dan contoh yang baik.

 

 


Keywords


code of ethics; the character of the Christian faith; Christian education; kode etik; karakter iman Kristen; pendidikan agama Kristen

Full Text:

PDF

References


Apriza, Deva. “Limitasi Kewenangan Majelis Pengawas Notaris Daerah Kota Palembang Dalam Penanganan Pelanggaran Kode Etik Yang Dilakukan Notaris.” Repertorium: Jurnal Ilmiah Hukum Kenotariatan 7, no. 1 (2019): 31–42.

Boiliu, Fredik Melkias. “Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Dalam Keluarga Di Era Digital.” TE DEUM (Jurnal Teologi Dan Pengembangan Pelayanan) 10, no. 1 (2020): 107–119.

Boiliu, Fredik Melkias, and Meyva Polii. “Peran Pendidikan Agama Kristen Dalam Keluarga Di Era Digital Terhadap Pembentukan Spiritualitas Dan Moralitas Anak.” IMMANUEL: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen 1, no. 2 (October 2020): 76–91.

Diamastuti, Erlina. “Dilema Etika Dan ‘Simbolisme’ Kode Etik Akuntan Manajemen Perspektif Kualitatif--Fenomenologis: Studi Pada Sebuah BUMN Di Indonesia” 2, no. 1 (2014).

Eksely, Sarah Priskila, Yuli Handriani, Veny Marselina, and others. “Optimizing Regulations in the Code of Ethics for Students: A Case Study of a SMKN in Palangkaraya City.” Asian Journal of Applied Education (AJAE) 2, no. 1 (2023): 1–16.

Ermindyawati, Lilis. “Peranan Guru Pendidikan Agama Kristen Terhadap Perilaku Siswa-Siswi.” FIDEI Jurnal Teologi Sistematika Dan Praktika 2, no. 1 (2019).

Ester, Berlian Haan, and Alex Arifianto Yonatan. “Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Tinjauan Alkitabiah Upaya Teladan Guru Masa Kini.” Jurnal Teologi Kristen 2, no. 1 (2022): 15–26.

Hana, Hana, Yonatan Alex Arifianto, and Reni Triposa. “Kode Etik Dan Profesionalitas Guru Pendidikan Agama Kristen: Upaya Meningkatkan Karakter Anak.” IMMANUEL: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen 3, no. 2 (2022): 134–149.

Helmi, Jon. “Kompetensi Profesionalisme Guru.” AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan 7, no. 2 (2015): 318–336.

Indahyanti, and Fidya Arie Pratama. Etika Profesi Keguruan; Yogyakarta, 2016.

Ismantoro Dwi yuwono, S.H. Memahami Berbagai Etika Profesi Dan Pekerjaan, 2011.

Jamil, Jumarah. Etika Profesi Guru. Sumatra Barat, 2022.

Khadijah, Inayatul. “Definisi Dan Etika Profesi Guru” (2022).

Marpaung, Flowrent Natalia, Bernadetha Nadeak, and Lamhot Naibaho. “Teknik Peningkatan Mutu Pendidikan.” Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK) 5, no. 1 (2023): 3761–3772.

Ndraha, Nova Anggraeni, and Wiyun Philipus Tangkin. “Guru Sebagai Inovator Dalam Penanaman Nilai Moral Siswa.” Jurnal Excelsis 5, no. 1 (2021): 71–86.

Negara, Hasan Sastra. “Penggunaan Komik Sebagai Media Pembelajaran Terhadap Upaya Meningkatkan Minatmatematika Siswa Sekolah Dasar (SD/MI).” TERAMPIL: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar 1, no. 2 (2014): 250–259.

Nuban, Imanuel, Reni Triposa, and Yonatan Alex Arifianto. “Deskripsi Pemahaman Siswa Terhadap Kedisiplinan Sebagai Penanaman Nilai-Nilai Kristen.” Angelion: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen 2, no. 2 (2021): 221–241.

Nurdin, Ismail. Etika Pemerintahan. Edited by M.Si. M. Nasrudin, MH, Dra. sri Hartati. lampung, 2017.

Nurohman, Agus, and SUCI PRASASTI. “@article{negara2014penggunaan, Title={Penggunaan Komik Sebagai Media Pembelajaran Terhadap Upaya Meningkatkan Minatmatematika Siswa Sekolah Dasar (SD/MI)}, Author={Negara, Hasan Sastra}, Journal={TERAMPIL: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar}, Volume.” Jurnal Ilmiah Konseling 19, no. 1 (2019).

Prajnamitra, Thomas, Hana Suparti, Sri Wahyuni, and Paulus Sentot Purwoko. “Studi Eksplanatori Dan Konfirmatori Nasehat Rasul Paulus Tentang Kedewasaan Penuh Berdasarkan Efesus 4: 1--32 Di Kalangan Guru Pendidikan Agama Kristen Sekolah Dasar (SD) Se--Kota Surakarta.” Jurnal Pendidikan Agama Kristen 1, no. 1 (2020): 1–20.

Prof. Dr. Jimly Asshiddiqie, S.H. Peradilan Etik Dan Etika Konstitusi. Edited by Tarmizi Rahman Yasin, Bobby Tisna Amidjaja. jakarta timur, 2014.

Ranting, Hermin, and Lidya Jowangkay. “Implementasi Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa.” MANTHANO: Jurnal Pendidikan Kristen 1, no. 1 (2022): 74–84.

Ratnasari, Desi, Reni Triposa, and Yonatan Alex Arifianto. “Deskripsi Kode Etik Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Perspektif Alkitabiah: Sebagai Keteladan Akademik Dan Karakter Nara Didik.” REAL DIDACHE: Journal of Christian Education 2, no. 2 (2022): 101–112.

Santia, Santia, Tarisih Naat, and Lionarto Erson Jayadi. “Meningkatkan Karakter Menghormati Orang Tua Lewat Pendidikan Agama Kristen Untuk Anak Usia Sekolah Dasar.” Didache: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristiani 2, no. 2 (2021): 123–132.

Simamora, May Rauli, and Johanes Waldes Hasugian. “Penanaman Nilai-Nilai Kristiani Bagi Ketahanan Keluarga Di Era Disrupsi.” Regula Fidei 5, no. 1 (2020): 13–24.

Tafonao, Talizaro, Y Gulo, T M Situmeang, and A H D Visnhu. “Tantangan Pendidikan Agama Kristen Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Kristen Pada Anak Usia Dini Di Era Teknologi.” Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 6, no. 5 (2022): 4847–4859.

Telaumbanua, Arozatulo. “Peranan Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Membentuk Karakter Siswa.” FIDEI: Jurnal Teologi Sistematika dan Praktika 1, no. 2 (2018): 219–231.

Tindagi, Magdalena Grace Kelly. “Indikator Penanaman Nilai-Nilai Pak Dalam Keluarga Bagi Perbinaan Iman Anak Remaja Di Zaman Now.” Missio Ecclesiae 6, no. 1 (2017): 17–31.




DOI: https://doi.org/10.52220/sikip.v4i1.153

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



SIKIP telah terdaftar pada:


SIKIP: Jurnal Pendidikan Agama Kristen
Published: STT IKAT Jakarta
Website Institusi: https://sttikat.ac.id
Address: Jalan Rempoa Permai No. 2, Pesanggrahan, RT.4/RW.11, Bintaro, Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12330
e-ISSN:2721-1622

View My Stats

Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
Copyright © SIKIP: Jurnal Pendidikan Agama Kristen. All Rights Reserved.