Pendidikan Kristiani Membangun Nilai Spiritualitas Remaja Kristen
Abstract
Christian education is education that teaches about God's divinity in the form of teaching that is given systematically and continuously in order to teach everyone by instilling good attitudes, positive values which can build the right character through teaching from the Bible can also form skills. even good and right conduct through Christian faith. This research was conducted using a qualitative method with a library study approach, by collecting data from journal articles that were in accordance with the topic of the problem raised. Then it was concluded that: Christian education has a very positive influence on young people, namely, from Christian education young people will get a sense of comfort and calm, they will be taught many things so they can be closer to God. Christian education is very useful in educating the character of young people to be better
Abstrak
Pendidikan Kristen adalah pendidikan yang mengajarkan tentang keilahian Tuhan dengan bentuk pengajaran yang di berikan secara sistematis serta berkelanjutan guna memberikan pengajaran kepada semua orang dengan menanamkan sikap yang baik, nilai-nilai yang positif dimana dapat membangun karakter yang benar melalui pengajaran dari Alkitab juga dapat membentuk keterampilan bahkan tingkah laku yang baik dan benar melalui iman kekeristenan. Penelitian ini dilakukan dengan memakai metode kualititaif dengan pendekatan studi Pustaka, dengan pengumpulan data-data dari artikel jurnal yang sesuai dengan topik permasalahan yang diangkat. Maka disimpulkan bahwa: Pendidikan Kristen ini sangat memberi pengaruh yang positif kepada anak-anak muda yaitu, dari pendidikan Kristen anak muda akan mendapat rasa nyaman dan tenang, mereka akan di ajarkan banyak hal supaya bisa lebih dekat dengan Tuhan. Pendidikan Kristen sangat bermanfaat mendidik karakter anak-anak muda menjadi lebih baik
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Baskoro, Paulus Kunto. “Landasan Psikologis Pendidikan Kristen Dan Relevansinya Dalam Pendidikan Kristen Masa Kini.” Jurnal Pendidikan Agama Kristen (JUPAK) 1, no. 1 (2020): 47–67. https://doi.org/10.52489/jupak.v1i1.6.
Boiliu, Fredik Melkias. “Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Dalam Keluarga Di Era Digital.” TE DEUM (Jurnal Teologi Dan Pengembangan Pelayanan) 10, no. 1 (2020): 107–19.
Budiyana, Hardi. “Peran Psikologi Dalam Pendidikan Kristen Di Sekolah Kristen.” Jurnal Pendidikan Agama Kristen (JUPAK) 1, no. 1 (2020): 68–78. https://doi.org/10.52489/jupak.v1i1.9.
Debora, Kiki, and Chandra Han. “Pentingnya Peranan Guru Kristen Dalam Membentuk Karakter Siswa Dalam Pendidikan Kristen: Sebuah Kajian Etika Kristen.” Diligentia: Journal of Theology and Christian Education 2, No. 1, no. January (2020): 1–14. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.19166/dll.v2i1.2212.
Denney, Andrew S., and Richard Tewksbury. “How to Write a Literature Review.” Journal of Criminal Justice Education 24, no. 2 (2013): 218–34. https://doi.org/10.1080/10511253.2012.730617.
Dupe, Selvy Iriany Susanti. “Konsep Diri Remaja Kristen Dalam Menghadapi Perubahan Zaman.” Jurnal Ilmiah Religiosity Entity Humanity (JIREH) 2, no. 1 (2020): 53–69. https://doi.org/10.37364/jireh.v2i1.26.
Eliasaputra, Mark Phillips, Martina Novalina, and Ruth Judica Siahaan. “Tantangan Pendidikan Agama Kristen Di Era Revolusi Industri 4.0 Dan Pasca Kebenaran.” BONAFIDE: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen 1, no. 1 (2020): 1–22. https://doi.org/10.46558/bonafide.v1i1.7.
Gulo, Yoseti, and Widjaja Sugiri. “Pengaruh Guru Pendidikan Agama Kristen Terhadap Pelayanan Remaja Dalam Konteks Gereja Di Indonesia (The Influence Of Christian Religion Education Toward Teenagers Services In The Context Of Churches In Indonesia).” QUAERENS: Journal of Theology and Christianity Studies 2, no. 2 (2020): 86–101.
Laia, Oinike. “Model Pemuridan Yang Relevan Untuk Pelayanan Pendidikan Kristen.” The New Perspective in Theology and Religious Studies 1, no. 1 (2020): 35–54. https://doi.org/10.47900/nptrs.v1i1.3.
Lase, Delipiter, and Etty Destinawati Hulu. “Dimensi Spritualitas Dalam Kompetensi Kepribadian Guru Pendidikan Agama Kristen.” SUNDERMANN: Jurnal Ilmiah Teologi, Pendidikan, Sains, Humaniora Dan Kebudayaan 13, no. 1 (2020): 13–25. https://doi.org/10.36588/sundermann.v13i1.24.
Lestari, Yuliana Intan. “How the Spiritual Parenting Can Build Good Character for Moeslim Adolescence?,” 2019, 108–20.
Lumban Tobing, Nancy. “Kurikulum Pendidikan Agama Kristen Di Indonesia.” Mitra Sriwijaya: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen 1, no. 1 (2020): 77–108. https://doi.org/10.46974/ms.v1i1.8.
Nainggolan, Donna Mutiara, Nehemia Nome, and Ridolf S.Th. Manggoa. “Pentingnya Kontekstualisasi Pada Pendidikan Kristen.” Phronesis: Jurnal Teologi Dan Misi 4, no. 1 (2021): 40–52. https://doi.org/10.47457/phr.v4i1.140.
Purwoto, Paulus, Hardi Budiyana, and Yonatan Alex Arifianto. “Landasan Teologis Pendidikan Kristen Dalam Perjanjian Baru Dan Relevansinya Bagi Pendidikan Kristen Masa Kini.” DIDAKTIKOS: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 3, no. 1 (2020): 34–48. https://journal.stipakdh.ac.id/index.php/didaktikos/article/view/38.
Rantesalu, Syani Bombongan. “Pemberlakuan Kurikulum Berbasis Nilai Dan Karakter Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Terhadap Kecerdasan Spiritual Siswa SMA Negeri Di Tana Toraja.” BIA’: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen Kontekstual 3, no. 2 (2020): 214–29. https://doi.org/10.34307/b.v3i2.152.
Sahartian, Santy. “Pemahaman Guru Pendidikan Agama Kristen Tentang II Timotius 3:10 Terhadap Peningkatan Kecerdasan Spiritual Anak Didik.” FIDEI: Jurnal Teologi Sistematika Dan Praktika 1, no. 2 (2018): 146–72. https://doi.org/10.34081/fidei.v1i2.15.
Saumantri, Theguh, and Rifqi Ulinnuha. “Aktualisasi Nilai Spiritual Dalam Menghadapi Pandemi Covid-19.” Jurnal Studi Hadis Nusantara 3, no. 1 (2021): 1. https://doi.org/10.24235/jshn.v3i1.9008.
Siringo-ringo, Elfrida. “Pemahaman Ibadah Sejati Berdasarkan Roma 12:1-2 Terhadap Pertumbuhan Kerohanian Remaja GPPS Maranata Diski: Studi Eskesegetis.” PROVIDENSI : Jurnal Pendidikan Dan Teologi 1, no. 1 (2019): 27–51. https://doi.org/10.51902/providensi.v1i1.51.
Sitanggang, Murni Hermawaty. Pendidikan Agama Kristen. Jember: UPT Penerbitan UNEJ, 2019.
Subowo, Adhika Tri. “Membangun Spiritualitas Digital Bagi Generasi Z.” DUNAMIS: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristiani 5, no. 2 (2021): 379–95. https://doi.org/10.30648/dun.v5i2.464.
Tobing, Nova Anggreani L, and Elfrida Siringo-ringo. “Penerapan Keteladanan Hidup Menurut 1 Timotius 4: 12 Bagi Remaja Gereja Kristen Maranatha Indonesia Jemaat Isa Almasih Medan Tahun 2018.” PROVEDENSI: Jurnal Pendidikan Dan Teologi 2, no. 1 (2019): 1–19.
Widianing, Oda Judithia. “Pendidikan Kristen Di Sekolah: Sebuah Tugas Ilahi Dalam Memuridkan Jiwa.” Jurnal Teologi Berita Hidup 1, no. 1 (2018): 78–89. https://doi.org/10.38189/jtbh.v1i1.6.
Zaluchu, Sonny Eli. “Strategi Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif Di Dalam Penelitian Agama.” Evangelikal: Jurnal Teologi Injili Dan Pembinaan Warga Jemaat 4, no. 1 (2020): 28–38. https://doi.org/10.46445/ejti.v4i1.167.
Zega, Yunardi Kristian. “Pendidikan Agama Kristen Dalam Keluarga : Upaya Membangun Spiritualitas Remaja Generasi Z.” Jurnal Luxnos 7, no. 1 (2021): 105–16. https://doi.org/10.47304/jl.v7i1.145.
DOI: https://doi.org/10.52220/sikip.v3i2.150
Refbacks
- There are currently no refbacks.
SIKIP telah terdaftar pada:
SIKIP: Jurnal Pendidikan Agama Kristen
Published: STT IKAT Jakarta
Website Institusi: https://sttikat.ac.id
Address: Jalan Rempoa Permai No. 2, Pesanggrahan, RT.4/RW.11, Bintaro, Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12330
e-ISSN:2721-1622
Copyright © SIKIP: Jurnal Pendidikan Agama Kristen. All Rights Reserved.