Urgensi Profesional Guru dalam Perkembangan Kognitif Nara didik

Felia Limbong, Yonatan Alex Arifianto

Abstract


Teaching and learning process activities in the school environment are referred to as the transfer of knowledge process. This learning process involves students’ cognitive development, while the cognitive development of each student is not at the same level even though they are of the same age. In general, what happens in the learning process, the teacher’s models and techniques in teaching and conveying knowledge are the same for all students. In response to this, the teacher’s professional urgency in student development is very important. This research has the aim of solving the problem of how the professional urgency of teachers in the cognitive development of students. This study uses a descriptive qualitative approach through a literature review. As for the results of this research, that professional teachers are very important in responding to the cognitive development of students who are not the same as every student, professional teachers must pay attention to and understand the cognitive development of each student and the professional of a teacher must continue to be improved and developed so that it is able to meet the needs of students, especially in the cognitive development of students. Thus, the professional urgency of teachers in the cognitive development of students is necessary for the continuity of the learning process to be more effective and efficient in meeting the cognitive needs of each student.

  

Abstrak

Kegiatan proses belajar mengajar dalam lingkungan sekolah disebut sebagai proses transfer of knowledge. Proses pembelajaran ini melibatkan kognitif siswa sedangkan perkembangan kognitif setiap siswa tidak sama tingkatannya meskipun memiliki usia yang sama. Secara umum yang terjadi dalam proses pembelajaran tersebut, model dan teknik guru dalam mengajarkan dan menyampaikan pengetahuan sama bagi semua siswa. Dalam menanggapi hal tersebut urgensi profesional guru dalam perkembangan siswa sangat penting. Melalui penelitian ini memiliki tujuan dalam menyelesaikan permasalahan bagaimana Urgensi Profesional guru dalam Perkembangan Kognitif Nara Didik. penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif melalui tinjauan pustaka. Adapun hasil dari penelitian ini, bahwa profesional guru sangat penting dalam menanggapi perkembangan kognitif nara didik yang tidak sama pada setiap nara didik, guru yang profesional harus memperhatikan dan memahami perkembangan kognitif pada setiap nara didik dan profesionalitas dari seorang guru harus terus ditingkatkan dan dikembangkan sehingga mampu memenuhi kebutuhan nara didik terutama dalam perkembangan kognitif nara didiknya. Sehingga pada saat guru menyajikan pembelajaran bagi nara didik tidak hanya terpaku pada satu metode pembelajaran saja tetapi guru bisa mengetahui dan menerapkan berbagai metode pembelajaran dalam proses belajar mengajar. Dengan demikian urgensi profesional guru dalam perkembangan kognitif nara didik mutlak untuk di lakukan dalam keberlangsungan proses belajar agar lebih efektif dan efisien dalam memenuhi kebutuhan kognitif setiap nara didik.        

 


Keywords


cognitive development; educator; professional teacher; nara didik; perkembangan kognitif; profesional guru

Full Text:

PDF

References


Abin, Syamsyudin Makmun, Psikologi Kependidikan:Perangkat Sistem Pengajaran (Bandung: Rosda, 2004)

H, Susanto, Profesi Keguruan (Banjarmasin: FKIP Universitas Lambung Mangkurat, 2020)

Hartanti, Astrid Setianig, dan Tjutju Yuniarsih, “Pengaruh Kompetensi Profesional Guru dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru di Sekolah Menengah Kejuruan,” Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 3.1 (2018), 19–27

Hasanah, A., “Kegiatan Pengembangan Profesi Guru” (Bandung: Pustaka Setia, 2012), hal. 194

Jaedun, Amat, “Evaluasi Kinerja Profesional Guru,” Pelatihan Refleksi Profesi Guru Bersertifikat Profesioal, 2009, 0–16

Khadijah, Pengembangan Kemampuan Kognitif anak Usia Dini (Medan: Perdana Publising)

LN, Syamsu Yusuf, Psikologi Perkembangan Anak & Remaja (Bandung: Remaja Roesdakarya, 2021)

Mulyasa, Manajemen PAUD (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2016)

Mulyawan, Budi, “Pengaruh Pengalaman dalam Pelatihan terhadap Peningkatan Kompetensi Profesional Guru,” Jurnal Undiksha, 11.1 (2012), 45–65

Nae, Maria Elvia, Elisabeth Tantiana Ngura, dan Marsianus Meka, “Analisis Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini Usia 5-6 Tahun di Kober ST. Rafael Waruwaja Kecamatan Golewa Barat Kabupaten Ngada,” Jurnal Citra Pendidikan (JCP), 1.3 (2021), 408–21

Nataliya, Prima, “Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Permainan Tradisional Congklak Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Pada Siswa Sekolah Dasar,” Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 03.02 (2015), 343–58

Novitasari, Yesi, “Analisis Permasalahan" Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini”,” PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2.01 (2018), 82–90

Sumantri, Mulayani, Perkembangan Peserta Didik (Jakarta: Universitas Terbuka, 2011)

Suparno, Paul, “Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget,” Al-TA’DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 6.1 (2001), 89–99

Supriadi, Oding, “Pengembangan Profesional Guru Sekolah Dasar,” Jurnal Tabularasa PPS Unimed, 6.1 (2009), 27–38

Surya, Kapita Selekta Kependidikan (Jakarta: Universitas Terbuka, 2002)

Ujang Khiyarusoleh, “Konsep dasar perkembangan kognitif pada anak menurut Jean Piaget,” Dialektika jurusan PGSD, 5.1 (2016), 1–10

Veronica, Nina, “Permainan Edukatif Dan Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini,” Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini, 4.2 (2018), 49

Wulandari, Yeni, Baiq Arnika Saaadati, dan Suyadi, “Perkembangan Kognitif Tercapai pada Anak Sekolah Dasar MIN 1 Bantul Yogyakarta,” A-Riwayah: Jurnal Kependidikan, 11.2 (2019), 231–43

Yamin, Martinis H., dan Sabri Jamiah Sanan, Panduan Pendidikan Anak Usia Dini (Jakarta: GP Press, 2010)




DOI: https://doi.org/10.52220/sikip.v3i1.141

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



SIKIP telah terdaftar pada:


SIKIP: Jurnal Pendidikan Agama Kristen
Published: STT IKAT Jakarta
Website Institusi: https://sttikat.ac.id
Address: Jalan Rempoa Permai No. 2, Pesanggrahan, RT.4/RW.11, Bintaro, Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12330
e-ISSN:2721-1622

View My Stats

Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
Copyright © SIKIP: Jurnal Pendidikan Agama Kristen. All Rights Reserved.