Pendidikan Kristiani melalui Mezbah Keluarga berbasis Media Digital

Christin Novalia Widasari, Sarah Andrianti

Abstract


Faith is essential in the lives of a Christian family, especially in this turbulent time. As a result, every family should provide room and time for a family altar where they may assemble to honor God and pray. However, today, it is considered typical for many parents to be busy working outside the house, resulting in little time to spend with their children and ignoring their children's spiritual needs. The researcher used a qualitative method with descriptive discussion to try to explain the importance of the family mezbah as a means of religious education for each family member and to bridge the limitations of Christian families who have become lay congregations in starting family mezbahs with the help of YouTube media. From this research, the sophistication of digital and information technology has created an opportunity for lay congregations to use it to start a family altar, specifically with the help of the YouTube application, which is available on every gadget that people of all ages can use. One family member can play a spiritual praise song on YouTube that all family members can sing together, listen to thoughts on the pastor's sermon on a particular issue, and conclude with a collective prayer. If this activity is done on a regular and consistent basis, this Christian family will eventually become accustomed to the family mezbah and will begin to have the courage to hold a family mezbah without the help of YouTube anymore.

 

 

Abstrak

Iman sangat penting dalam kehidupan keluarga Kristen, terutama di masa yang penuh gejolak ini. Oleh karena itu, setiap keluarga hendaknya menyediakan ruang dan waktu untuk mezbah keluarga di mana mereka dapat berkumpul untuk menghormati Tuhan dan berdoa. Namun, saat ini sudah menjadi hal yang lumrah jika banyak orang tua yang sibuk bekerja di luar rumah, sehingga hanya memiliki sedikit waktu bersama anak dan mengabaikan kebutuhan rohani anak. Peneliti menggunakan metode kualitatif dengan pembahasan deskriptif untuk mencoba menjelaskan pentingnya mezbah keluarga sebagai sarana pendidikan kristiani bagi setiap anggota keluarga dan menjembatani keterbatasan keluarga Kristen yang menjadi jemaah awam dalam memulai mezbah keluarga dengan bantuan media youtube. Dapat disimpulkan bahwa kecanggihan teknologi digital dan informasi membuka peluang bagi jemaat awam untuk memanfaatkannya sebagai sarana memulai mezbah keluarga, khususnya dengan bantuan aplikasi YouTube yang tersedia di setiap gadget yang ada. Salah satu anggota keluarga dapat memutar lagu pujian rohani di YouTube yang dapat dinyanyikan bersama oleh seluruh anggota keluarga, kemudian mendengarkan pemikiran tentang khotbah pendeta tentang suatu masalah tertentu, dan diakhiri dengan doa bersama. Jika kegiatan ini dilakukan secara teratur dan konsisten, maka keluarga Kristen ini pada akhirnya akan terbiasa dengan mezbah keluarga dan mulai berani untuk mengadakan mezbah keluarga tanpa bantuan youtube lagi.

 

 

 

Keywords


Christian education; family altar; digital family altar; mezbah keluarga; mezbah keluarga berbasis digital; pendidikan kristiani

Full Text:

PDF

References


Ahmad, Tafsir. Pendidikan Agama Dalam Keluarga. Bandung: Remaja rosdakarya, 2002.

Alkitab. Lembaga Alkitab Indonesia. Jakarta: LAI, 2006.

Arifianto, Yonatan Alex. “Pentingnya Pendidikan Kristen Dalam Membangun Kerohanian Keluarga Di Masa Pandemi Covid-19.” Regula Fidei Jurnal Pendidikan Agama Kristen 5, no. 2 (2020).

Bun, Hendri. Daily Fresh, 1 Menit, Satu Hari, Satu Tahun. Yogyakarta: Gradien Mediatama, 2007.

Chandra, Julius. Kreativitas Bagaimana Menanam, Membangun Dan Mengembangkan Keluarga. Yogyakarta: Kanisius, 1994.

Elia, Heman. “Peran Ayah Dalam Mendidik Anak.” Veritas : Jurnal Teologi dan Pelayanan 1, no. 1 (2018): 105–133.

Firmanto, Antonius Denny. “Umat Awam Dalam Dinamika Hidup Gereja.” Studia Philosophica et Theologica (2011).

Gunawan, Agung. “Pemuridan Dan Kedewasaan Rohani.” SOLA GRATIA: Jurnal Teologi Biblika dan Praktika 5, no. 1 (2020): 1–17.

Harmadi, Mariani, and Agung Jatmiko. “Pembelajaran Efektif Pendidikan Agama Kristen Generasi Milenial.” PASCA: Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen 16, no. 1 (2020): 62–74.

Henny, Lucyana. “Konsep Ibadah Yang Benar Dalam Alkitab.” Excelsis Deo: Jurnal Teologi, Misiologi, dan Pendidikan 4, no. 1 (2020): 73–88.

Jarot Wijarnarko. Mendidik Anak. Jakarta: Bumi Aksara, 2003.

Jonch, Christian. Membangun Mezbah Keluarga. Yogyakarta: Andi Offset, 2016.

Marbun, Stefanus M. Keluarga Di Mata Tuhan. Jakarta: Uwais Inspirasi Indonesia, 2018.

Moeliono, Anton. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka, 1998.

Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2016.

Polii, Meyva. “Peran Keluarga Terhadap Peningkatan Spiritual Remaja Pada Masa Pandemi Covid 19.” DUNAMIS: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristiani 6, no. 1 (2021): 31–45.

Rea, Albertus Magnus. “Kaum Awam Merasul Di Tengah Dunia.” Atma Reksa : Jurnal Pastoral dan Kateketik (2021).

Setiadi, Erik Fahron, Alia Azmi, and Junaidi Indrawadi. “Youtube Sebagai Sumber Belajar Generasi Milenial.” Journal of Civic Education 2, no. 4 (2019).

Setiawan, David Eko. “Signifikansi YouTube Sebagai Medium Pewartaan Injil Bagi Generasi Milenial Di Indonesia.” BIA’: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen Kontekstual (2021).

Tanikule, Yisai. “Pendidikan Anak Dalam Keluarga Kristen Di Tengah Transformasi Dan Era Globalisasi.” Veritas Lux Mea (Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen) (2021).

Tari, Ezra, and Talizaro Tafonao. “Pendidikan Anak Dalam Keluarga Berdasarkan Kolose 3:21.” Kurios 5, no. 1 (2019): 24–35.

tenney, Merrill c. Survey Perjanjian Baru. Malang: Gandum mas, 2013.

Tinambunan, Tresia Monica. “Pemanfaatan Youtube Sebagai Media Komunikasi Massa Dikalangan Pelajar.” Jurnal Mutakallimin : Jurnal Ilmu Komunikasi 5, no. 1 (2022): 14–21.

Widjaya, Ani. Setoples Permen, Seri Bunga Rampai Kenseling Keluarga. Jakarta: ARK Family Center, 2006.

Wijanarko, Jarot. Hidup Maksimal Menembus Batas, Prestasi Puncak. Jakarta: PT Happy Holy Kids, 2004.

Zaluchu, Sonny Eli. “Strategi Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif Di Dalam Penelitian Agama.” Evangelikal: Jurnal Teologi Injili dan Pembinaan Warga Jemaat (2020).




DOI: https://doi.org/10.52220/sikip.v2i2.103

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



SIKIP telah terdaftar pada:


SIKIP: Jurnal Pendidikan Agama Kristen
Published: STT IKAT Jakarta
Website Institusi: https://sttikat.ac.id
Address: Jalan Rempoa Permai No. 2, Pesanggrahan, RT.4/RW.11, Bintaro, Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12330
e-ISSN:2721-1622

View My Stats

Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
Copyright © SIKIP: Jurnal Pendidikan Agama Kristen. All Rights Reserved.