Peranan Guru Pendidikan Agama Kristen dalam Pembentukan Karakter Siswa Kristen

Janwar Tambunan

Abstract


The purpose of this study was to see the effect of the Quantum Teaching learning model used by Christian Religious Education teachers in the formation of student character. The sample in this study was 50 people. This study used descriptive methods, while the data analysis carried out in the hypothesis research was Pearson's product-moment correlation with data collection tools, namely a questionnaire for Variable X (Influence of Quantum Teaching Learning Model) and Variable Y (Student Character Building) The statistical test used in this research is using the Pearson Product Moment Correlation statistical test. From the test results obtained correlation test (r) 0.96 with a determination test of 92% and to determine whether or not the correlation coefficient is significant at the real level (α) = 0.05, the "t" test is held. From the test results obtained t-count > t-table (3.19 > 1.67), then the hypothesis is accepted. Thus, it can be stated that there is an influence of the Quantum Teaching Learning model in PAK learning on the character formation of students in the era of online learning.

 

 

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh model pembelajaran Quantum Teaching yang digunakan oleh guru Pendidikan Agama Kristen dalam Pembentukan Karakter Siswa. Sampel pada penelitian ini sebanyak 50 orang Penelitian ini menggunakan metode deskriptif, sedangkan analisis data yang dilakukan dalam penelitian hipotesis adalah korelasi product moment pearson dengan alat pengumpulan data adalah angket untuk Variabel X (Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Teaching) dan Variabel Y (Pembentukan Karakter Siswa). Uji statistik yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan uji statistik Korelasi Product Moment Pearson. Dari hasil pengujian diperoleh pengujian korelasi (r) 0,96 dengan uji determinasi sebesar 92% dan untuk mengetahui signifikan tidaknya koefisien korelasi pada taraf nyata (α) = 0,05 maka diadakan uji “t”. Dari hasil pengujian diperoleh t-hitung > t-tabel ( 3,19 > 1,67 ), maka hipotesis diterima. Dengan demikian dapat dikemukakan adanya pengaruh model Pembelajaran Quantum Teaching dalam Pembelajaran PAK terhadap pembentukan karakter Siswa di Era pembelajaran Online.

 


Keywords


learning model; quantum teaching; student character; karakter siswa; model pembelajaran; quantum teaching

Full Text:

PDF

References


Minarsih, Dkk. 2016. “Studi Deskriptif Pelatihan Dan Pengembangan Sumber daya Manusia Serta Penggunaan Metode Behavioral Event Interview Dalam Merekrut Karyawan Baru Di Bank Mega cabang Cabang Kudus”. Jurnal of Management, Vol. 2. No. 2. Hal: 1.

Priansa, D., J. 2017. Perilaku Konsumen dalam Bisnis Kontemporer. Bandung: Alfabeta.

Rusman. 2012. Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Bandung: PT Rajagrafindo Persada.

Sahartian, S. 2018. ” Pemahaman Guru Pendidikan Agama Kristen Tentang II Timotius 3:10 Terhadap Peningkatan Kecerdasan Spiritual Anak Didik”. Jurnal Fidei, (http://www.stt-tawangmangu.ac.id/e-journal/index.php/fidei) . Vol. 1. N.2. Hal: 146.

Sugiyono. 2009. Metode. Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suprijono, A. 2009. Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar .

Sukmadinata, N.Sy. 2004. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Tambunan, J. 2016. Pengantar Pendidikan. Pematangsiantar: Universitas HKBP Nomensen.

Telaumbanua, A. 201). Peranan Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Membentuk Karakter Siswa, (online). (http://www.stt-tawangmangu.ac.id/e journal/index.php/fidei. Diakses December 2018).

Widiasworo, E. 2018. Cerdas Pengelolaan Kelas. Yogyakarta




DOI: https://doi.org/10.52220/sikip.v3i1.102

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



SIKIP telah terdaftar pada:


SIKIP: Jurnal Pendidikan Agama Kristen
Published: STT IKAT Jakarta
Website Institusi: https://sttikat.ac.id
Address: Jalan Rempoa Permai No. 2, Pesanggrahan, RT.4/RW.11, Bintaro, Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12330
e-ISSN:2721-1622

View My Stats

Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
Copyright © SIKIP: Jurnal Pendidikan Agama Kristen. All Rights Reserved.