Penerapan Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Pendidikan Agama Kristen di Era Disrupsi

Anastasia Runesi, Christian Yohanes, Putri Maria Juliana

Abstract


The disruption era is a condition that is closely related to changes in the industrial world from the previous system. This era brings major changes in various fields of life because of the presence of technology that makes it easier and at the same time shifts the role of humans. The result is felt in all fields, including Christian religious education. Machines have replaced human tasks in a variety of actions that have caused humans to no longer be a resource that needs to be valued and employed. Responding to this problem, Christian Religious Education must be present as a means of growing faith and the character of Christ which can be a guide in facing and solving any problems in everyday life, including problems that arise in the era of disruption. This study aims to examine the relevance of problem-based learning strategies applied in Christian Religious Education learning as an answer to problems that occur in the era of disruption. The method used in revealing the relevance is descriptive qualitative. The results of the study indicate that the application of problem-based learning strategies in Christian Religious Education is relevant, effective, and efficient in responding to the challenges and needs in the era of disruption. This is because students will be equipped with soft skills so that they are able to solve problems creatively and innovatively but still adhere to the character of Christ.

 

Abstrak

Era disrupsi merupakan keadaan yang erat dengan perubahan pada dunia industri dari sistem sebelumnya. Era ini membawa perubahan besar pada berbagai bidang kehidupan karena hadirnya teknologi yang mempermudah sekaligus menggeser peranan manusia. Akibatnya sangat terasa dalam segala bidang, termasuk pendidikan Agama Kristen. Mesin telah menggantikan tugas manusia dalam berbagai macam tindakan yang menyebabkan manusia tidak lagi menjadi sumber daya yang perlu dihargai dan dipekerjakan. Menanggapi masalah itu, Pendidikan Agama Kristen harus hadir sebagai sarana menumbuhkan iman dan karakter Kristus yang dapat menjadi pedoman dalam menghadapi dan menyelesaikan masalah apapun di kehidupan sehari-hari termasuk permasalahan yang timbul di era disrupsi. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji relevansi strategi pembelajaran berbasis masalah yang diterapkan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Kristen sebagai jawaban atas masalah yang terjadi di era disrupsi. Metode yang digunakan dalam mengungkap relevansi itu adalah kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran berbasis masalah dalam Pendidikan Agama Kristen merupakan hal yang relevan, efektif, dan efisien menjawab tantangan serta kebutuhan di era disrupsi. Hal ini karena peserta didik akan diperlengkapi dengan soft skill sehingga mampu menyelesaikan masalah secara kreatif dan inovatif namun tetap berpegang dengan karakter Kristus.

 

Full Text:

PDF

References


Batubara, Anni Erlina, Hasruddin Hasruddin, and Rahmat Mulyana. “Pengaruh Strategi Pembelajaran Inkuiri Dan Discovery Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Biologi Siswa Pada Topik Bioteknologi Di MAN I Padang Sidempuan.” Jurnal Pendidikan Biologi 5, no. 2 (2016): 74–81.

Benyamin, Priskila Issak, Ucok P Sinaga, and Febie Yolla Gracia. “Penggunaan ‘Platform’ Digital Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Di Era Disrupsi.” REGULA FIDEI: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 6, no. 1 (2021): 60–68.

Benyamin, Prislika issak, Yogi Mahendra, and Donald Samuel Slamet Santosa. “Metode Pembelajaran Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen: Studi Meta Analisis.” SOTIRIA (Jurnal Teologi dan Pelayanan Kristiani) 3, no. 1 (2020): 25–35.

Betakore, Yoel. “Menggapai Pengetahuan , Memperoleh Spiritualitas: Urgensi Dwi-Konsep Pengetahuan- Spiritualitas Dalam Pendidikan Agama Kristen.” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 3, no. 6 (2021): 3975–3983.

Chandra, Donny Charles. “FUNGSI TEORI DALAM METODE PENELITIAN KUALITATIF.” Reseach Gate, 2019.

Cholily, Yus Mochamad, Windy Tunas Putri, and Putri Ayu Kusgiarohmah. “Pembelajaran Di Era Revolusi Industri 4.0.” Jurnal Universitas Muhammadiyah Tangerang (2019): 1–6.

Creswell, John W. Research Design: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, Dan Campuran. Keempat. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2016.

Djaya, Iman Dian, Johni Hardori, and Josia Pantja Paruntung. “Kontribusi Pembelajaran Pak Terhadap Kerohanian Siswa Di Smpn 122 Jakarta Utara” 11, no. 1 (2020): 54–62.

Fauzan, Rahman, and Fitria Fitria. “DIGITAL DISRUPTION INSTUDENTS BEHAVIORAL LEARNING; TOWARDS INDUSTRIAL REVOLUTION 4.0.” Phasti 04 (2018): 9–20.

Haryati, Nuria Reny. Metodologi Penelitian Karya Ilmiah. Edited by Septa Tri Farisna. Cetakan Pe. Gresik: Graniti, 2020.

Husain, Rusmin. “PAKEM, Model Pembelajaran Era Disrupsi.” Manajemen Era Disrupsi (2019).

Maryati, Iyam. “Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Materi Pola Bilangan Di Kelas VII Sekolah Menengah Pertama.” Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika 7, no. 1 (2018): 63–74.

Novalis, Dede, Yuel Sumarno, and Josia Pantja Paruntung. “Penerapan Strategi Pembelajaran Kontekstual Dalam Upaya Meningkatkan Minat Belajar Pak.” Edukasi: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 10, no. 1 (2019): 27–39.

Nudin, Burhan. “KONSEP PENDIDIKAN ISLAM PADA REMAJA DI ERA DISRUPSI DALAM MENGATASI KRISIS MORAL” XI, no. 1 (2020): 63–74.

P., Harianto G. Pendidikan Agama Kristen Dalam Alkitab Dan Dunia Pendidikan Masa Kini. Yogyakarta: Penerbit ANDI, 2012.

Pantan, Frans, and Eli Sabet Kristin Natalia. “Pengaruh Pelaksanaan Pendidikan Agama Kristen Bagi Anak Usia 7-12 Tahun Terhadap Perilaku Disiplin Anak Di Sekolah Minggu.” Edukasi: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 10, no. 1 (2012): 1–20.

Ritonga, Nova, Juliandes Leonardo Trisno Mone, Mathan Yunip, and Yunardi Kristian Zega. “Implementasi Metode Problem Solving Dalam Meningkatkan Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Di Sekolah.” Jurnal Shanan 5, no. 1 (2021): 29–42.

Rumahorbo, Benget. “Pembentukan Spiritualitas Mahasiswa Di Era Revolusi Industri 4.0.” Majalah Ilmiah Methoda 9, no. 3 (2019): 132–144.

Salman, Ibnu, Priskila Benyamin, and Wartoni Wartoni. “Monitoring Model and Evaluation of ICT Utilization in The New Normal Era in Distance Learning in Madrasah.” INCRE, no. January (2021): 1–8.

Sirait, Erita Dewi, and Sadrakh Sugiono. “Implementasi Pendidikan Karakter Terhadap Karakter Siswa Di Sekolah Menengah Kejuruan Bethel Petamburan” 11 (2020): 16–31.

Sugiono, Sadrakh, and Johni Hardori. “Domain Desain Pembelajaran Inkarnatif.” Diegesis: Jurnal Teologi 5, no. 2 (2020): 14–24.

Wahyuni, Astri, Zetriuslita, Suripah, Leo Adhar Effendi, Sindi Amelia, and Phan William. “Sosialisasi Pentingnya Mengasah Kemampuan Berpikir Kritis Bagi Guru Matematika Di Era VUCA.” Community Education Engagement Journal 1, no. 1 (2020): 58–66.

Zunidar. “Model Pembelajaran Berbasis Masalah.” ITTIHAD 3, no. 1 (2019): 64–73.




DOI: https://doi.org/10.52220/sikip.v2i2.100

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



SIKIP telah terdaftar pada:


SIKIP: Jurnal Pendidikan Agama Kristen
Published: STT IKAT Jakarta
Website Institusi: https://sttikat.ac.id
Address: Jalan Rempoa Permai No. 2, Pesanggrahan, RT.4/RW.11, Bintaro, Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12330
e-ISSN:2721-1622

View My Stats

Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
Copyright © SIKIP: Jurnal Pendidikan Agama Kristen. All Rights Reserved.